Fungsi Peran dalam Tim - Pertemuan Ke 11
29/06/2012
Peran tim membantu kita melihat rentang isu-isu penting yang dihadapi
oleh tim yang efektif. Kita semua cenderung kuat sebagai
individu di beberapa peran dan kurang mampu di beberapa peran
lain. Tidak ada peran tim yang lebih baik atau lebih penting dari peran
lain. Masalahnya adalah apakah tim mendapatkan input dari sejumlah besar
peran yang ada, dan apakah profil umum tim
sesuai dengan kebutuhan untuk mengerjakan tugas tersebut, atau
tidak.
Tim
terbaik tersusun dari orang-orang yang memiliki berbagai peran dalam
tim. Peran tim adalah salah satu aspek keberagaman tim
yang melengkapi keberagaman lain seperti gender, budaya dan
bahasa. Ada penelitian penting yang mengkonfirmasi bahwa tim
heterogen atau beragam yang diatur dengan baik
dan menerima serta memanfaatkan keberagaman jauh lebih baik dari
tim yang homogen.
“Kecenderungan untuk bersikap, berkontribusi, dan saling terkait dengan orang lain
dengan cara tertentu.”
Nilai teori peran tim ada dalam kemampuannya untuk memungkinkan seorang individu atau sebuah tim mengambil keuntungan dari pengetahuan diri dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang dibuat oleh situasi eksternal.
Jumlah ideal untuk tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya. Meskipun, jika kita menyimpulkan dari klasifikasi peran tim Belbin, kita akan mendapatkan tujuh tim. Ketujuh peran tersebut adalah:
• Plant
Fungsi utama adalah untuk menghasilkan proposal baru dan memecahkan masalah yang kompleks. sering dibutuhkan di tahap awal sebuah proyek atau saat proyek tersebut mandeg. Biasanya menegaskan bahwa dirinya adalah pendiri sebuah perusahaan atau sebagai pemilik ide awal sebuah produk. Terlalu banyak di satu perusahaan bisa tidak produktif, karena mereka cenderung menghabiskan waktunya untuk memaksakan ide mereka sendiri dan melibatkan yang lainnya dalam perselisihan.
• Coordinator
Ditempatkan dengan tepat jika diminta bertanggung jawab di dalam tim yang terdiri
dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal. Kinerja mereka
dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal. Kinerja mereka
lebih baik dalam menangani rekan kerja yang berkedudukan sama atau hampir sama dibanding
saat menangani bawahan. Moto mereka biasanya ‘konsultasi dengan kendali’dan mereka
biasanya meyakini penanganan
masalah dengan tenang. Dalam situasi yang sama, cenderung
berselisih dengan penggagas karena gaya manajemen mereka yang
bertolak belakang.
• Monitor evaluator
Paling cocok ditempatkan untuk
menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan
saran-saran. Mereka sangat ahli dalam mempertimbangkan
pro dan kontra sebuah pilihan. Bagi banyak orang luar, mungkin
tampak sebagai orang yang kering/tidak bisa diajak bercanda,
membosankan atau bahkan terlalu kritis. Sejumlah orang
mungkin heran bagaimana dia bisa menjadi manajer. Namun, banyak
Pengevaluasi Pengawasan yang menempati posisi strategis
dan berada di jajaran tinggi perusahaan. Dalam sejumlah
pekerjaan, keberhasilan dan kegagalan kadang ditentukan oleh satu
pilihan. Ini adalah teritori ideal bagi Pengevaluasi Pengawasan; bagi
orang yang tidak pernah salah yang selalu menang pada akhirnya.
• Implementer
Berguna bagi sebuah organisasi karena
kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan. Mereka
berhasil karena efisien dan memiliki pemikiran tentang apa yang bisa
dicapai dan apa yang relevan. Dikatakan bahwa banyak eksekutif yang
hanya melakukan apa yang ingin dia lakukan dan menolak tugas yang tidak
menyenangkan mereka. Pelaksana yang baik sering melaju ke posisi
manajemen tingkat tinggi dengan bantuan dari kemampuan organisasi dan
kompetensi dalam melaksanakan tugas yang diperlukan.
• Completer finisher
Biasanya tidak bisa dikalahkan jika
tugas yang ada membutuhkan konsentrasi tertutup dan tingkat akurasi
tinggi. Mereka menimbulkan perasaan mendesak dalam tim dan
sangat bagus dalam hal menepati jadwal. Dalam manajemen,
mereka meyelesaikan sesuatu dengan standar tinggi yang membuat mereka
dikagumi, dan dengan perhatian mereka pada ketepatan presisi, perhatian
pada detail dan dengan teratur.
• Resource investigator
Pencari Sumberdaya pintar mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide,
perkembangan, atau sumber daya di luar
kelompok. Mereka adalah orang yang secara alami diciptakan untuk
membangun kontak eksternal dan untuk melakukan negosiasi
apapun. Mereka memiliki kemampuan untuk berpikir sambil
berjalan dan menggali informasi dari orang lain.
• Shaper
Para Pembentuk umumnya
bisa dijadikan manajer yang baik karena mereka
menghasilkan tindakan dibawah tekanan. Mereka bisa
memunculkan semangat dalam tim dan sangat berguna bagi kelompok
dimana komplikasi politis memperlambat segala sesuatu; para
Pembentuk bisa dikatakan besar dari masalah-masalah
seperti ini dan akan maju terus tanpa pikir panjang.
Mereka sangat cocok untuk membuat perubahan yang penting dan
tidak segan mengambil keputusan yang tidak disukai.
Seperti namanya, mereka mencoba memberi sebuah
bentuk atau pola pada diskusi atau kegiatan
kelompok. Mereka mungkin adalah anggota tim yang
paling efektif dalam memastikan adanya kegiatan positif.
• Team worker
Peran Pekerja Tim adalah untuk
mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga
memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi
dengan efektif. Karena tidak menyukai pergesekan,
mereka akan melakukan apa saja untuk
menghindarinya. Sangat umum Pekerja Tim menjadi
manajer senior, terutama jika garis manajemennya di dominasi oleh
Pembentuk. Ini akan menciptakan iklim dimana kecerdikan dan
kemamuan diplomasi Pekerja Tim menjadi aset nyata,
khususnya dibawah rezim manajerial yang menyebabkan konflik
mudah mencuat atau ditekan diam-diam. Para Pekerja Tim
yang menjadi Manajer dianggap tidak berbahaya bagi seorang
pun dan dengan demikian paling diterima dan disukai orang. Para Pekerja
Tim memiliki efek lubrikasi (pelumas) pada tim. Moral tim menjadi lebih
baik dan orang- orang tampaknya bekerja sama dengan lebih baik saat ada
mereka.
• Specialist
Para Spesialis memiliki bagian yang
tidak bisa dihilangkan di dalam tim, karena mereka menyediakan kemampuan
yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa
perusahaan tersebut. Sebagai manajer, mereka
mendapatkan dukungan baik sukarela maupun terpaksa karena mereka
mengetahui bidang mereka jauh lebih baik dibanding siapapun
dan biasanya dipanggil untuk membuat keputusan yang
berdasarkan pengalaman matang.
Sebenarnya, jika kita bisa
mengaturnya, kita bisa membuat tim dengan orang yang lebih
sedikit, karena satu orang bisa memegang dua peran (atau bahkan tiga
peran). Meskipun tujuan utama adalah bahwa semua fungsi harus diisi oleh
seseorang. Sebagai catatan bahwa fungsi tidak termasuk dalam ‘leader’.
Tim perlu seorang leader, tetapi tidak berarti (karena dalam
praktek sering terjadi) membatalkan semua tujuh fungsi
kepada satu orang. Itu merupakan peniadaan tim kerja
yang benar. Sebagian besar peran kepemimpinan adalah
meyakinkan bahwa semua fungsi yang diperlukan akan dilatih
secara baik, dan mengajak mereka bersama-sama, maka tim
akan berfungsi dengan benar karena satu unit.
Zulfikar
Nama : Hendika
ReplyDeleteNIM : 3201105032
Peran dalam tim sangatlah penting, karena dalam sebuah tim kita harus memiliki peran tersendiri, jika tidak, kita akan merasa tidak berada dalam tim tersebut, dari itu peran tersebut haru kita miliki supaya tim kita dapat menjadi yang terbaik.
Dalam sebuah tim ada beberapa peran penting :
1. Plan, ini adalah bagian awal jika ingin memecahkan suatu masalah,agar bisa mendapat solusi.
2. Coordinator, disini sangat dibutuhkan, karena harus ada yang bisa mengatur, karena pemikiran/gaya manajemen mereka yang bertolak belakang.
3. Monitor evaluator, mereka yang ditugas disini adalah mereka yang memiliki keahlian khusus, karena mereka yang memilih ide-ide yang sesuai, dimana mereka bisa memilih yang mana pro dan kontra.
4. Implementer, mereka memiliki kebertanggung jawab dan kapasitas mereka. Mereka bisa menentukan hasil yang dicapai dan apa yang relevan.
5. Resource investigator, mereka yang ada diperan ini adalah mereka yang tergolong pintar, karena pemikiran mereka selalu memunculkan ide-ide.
6. Team worker, adalah mereka yang dapat menjaga keseimbangan tim, tidak akan muncul permasalahan dalam tim sehingga tim tersebut tetap efektif dan tidak akan ada perselisihan.
7. Specialist, mereka yang sangat-sangat dibutuhkan, karena banyak orang yang tidak memiliki apa yang dia miliki, misalkan dalam menciptakan barang-barang.
NAMA : BUNGA ARYANI
ReplyDeleteNIM : 3201105059
Tim merupakan bentuk khusus dari kelompok kerja yang berbeda dengan bentuk-bentuk kelompok kerja lainnya. Tim beranggotakan orang-orang professional yang dikoordinasikan untuk bekerja sama dalam menangani suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Dengan kata lain tim adalah sekelomook orang dengan latar belakang keahlian yang menjalin kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Cara kerja tim menghendaki adanya komunikasi terbuka diantara semua anggota, interaksi antar anggota tim yang efektif akan mempengaruhi dinamika kerja tim, sebagai contoh, anggota yang berpartisipasi dalam penyusunan rencana akan terikat oleh upaya pencapaian tujuan. Pemahaman tentang tim merupakan hal yang penting untuk dapat melaksanakan semua fungsi manajemen terutama kepemimpinan, sebab sebuah tim adalah refleksi dari kenyataan hidup kelompok orang yang terorganisasi.
Tim tidak hanya penting dan bermanfaat bagi organisasinya saja, tetapi juga memberi manfaat bagi individu para anggotanya. Tim dapat menyediakan kepuasan sosial bagi para anggotanya maka perasaan pemilikasn dan dukungan terhadap tim akan berkurang, manfaat lain dari tim adalah meningkatkan komunikasi interpersonal diantara para anggotanya.
Secara lebih rinci manfaat bekerjasama dalam tim adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan produktivitas kerja
2. Meningkatakan kualitas kerja
3. Meningkatkan mentalitas kerja
4. Meningkatkan kemajuan organisasi
Nama : Anis Khairunnisa
ReplyDeleteNIM : 3201105039
Dalam suatu tim, peran dari anggota tim sangat dibutuhkan sebagai langkah utama mencapai tujuan dari tim tersebut, agar masing-masing anggota dapat memahami dan mengapresiasi peran yang ditanggungnya. Dengan adanya peran, suatu tim dapat bekerjasama dengan baik yang terbagi atas berbagai bidang dan devisi yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.
adapun peran tersebut, sbb :
1. Plant
2. Coordinator
3. Monitor Evaluator
4. Implementer
5. completer finisher
6. shaper dan sebagainya
NAMA : OKTAVIANA MS
ReplyDeleteNIM :3201105064
Di dalam dunia kerja peran tim kerja sangaatlah berpengaruh tehadap kesuksesan untuk mencapai tujuan,karena kita saling berinteraksi untuk bertukar informasi, mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota berkinerja sesuai bidang tanggung jawabnya. Tim kerja adalah kelompok dimana individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah masukan individu tsb.
adapun tim-tim dalam dunia kerja:
1. tim pemecah masalah
2. tim kerja dan pengelola
3. tim lintas fungsional
NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
ReplyDeleteNIM : 3201105078
Tim ialah kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi
dan berkomitmen untuk mecapai tujuan bersama secara efektif dan
efisien.
Jumlah ideal untuk tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya. Meskipun, jika kita menyimpulkan dari klasifikasi peran tim Belbin, kita akan mendapatkan tujuh tim. Ketujuh peran tersebut adalah
Plant Fungsi utama adalah untuk menghasilkan proposal baru dan memecahkan masalah yang kompleks
Coordinator Ditempatkan dengan tepat jika diminta bertanggung jawab di dalam tim yang terdiri dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal
Monitor evaluator Paling cocok ditempatkan untuk menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan saran-saran
Implementer Berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan
Resource investigator Pencari Sumberdaya pintar mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide,perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok.
Shaper Para Pembentuk umumnya bisa dijadikan manajer yang baik karena mereka menghasilkan tindakan dibawah tekanan.
Team worker Peran Pekerja Tim adalah untuk mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi dengan efektif
Specialist Para Spesialis memiliki bagian yang tidak bisa dihilangkan di dalam tim, karena mereka menyediakan kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa perusahaan tersebut
Nama : Rafitri Andayani
ReplyDeleteNIM : 3201105035
Kerja tim penting dalam setiap individu yang terlibat di dalamnya untuk mengerti peran,fungsi dan juga tanggung jawab agar tim bisa mencapai tujuan bersama.
Peran dalam tim ialah :
1. Plant adalah mereka yang menjadi inovator dan penemu serta memiliki kreativitas tinggi. Mereka menghasilkan ide-ide sebagai perkembangan utama.
2. Aspek yang paling menonjol dari Coordinator adalah kemampuan mereka untuk menyebabkan orang lain untuk bekerja mencapai tujuan bersama.
3. Monitor Evaluator adalah tipe inidividu yang serius, bijaksana dan tidak mudah bersikap over antusiastik. Mereka lambat dalam mengambil keputusan karena berusaha untuk mempertimbangkannya berulang kali.
4.Implementer mempunyai pemikiran yang praktis dan juga kontrol diri serta disiplin. Mereka memilih untuk bekerja keras dan menyelesaikan masalah dengan cara sistematis.
5. Completer Finsiher memiliki kapasitas yang baik untuk menyelesaikan tugas dan memperhatikan detail. Mereka tidak akan memulai seseuatu yang tidak dapat mereka selesaikan.
6. Resources Investigator adalah mereka yang memiliki antusiasme dan cepat tanggap. Mampu berkomunikasi dengan sekitarnya, baik bila ia berada dialer dan diluar lingkungan perusahaan. Mereka memiliki kemampuan untuk melakukan negoisiasi dan menyelidiki kesempatan-kesempatan yang bersifat baru serta membina hubungan.
7. Shapers adalah orang yang memiliki motivasi tinggi dengan energi yang besar dan kebutuhan mencapai prestasi yang tinggi. Biasanya mereka adalah orang ekstrovert yang agresifa dan memiliki semangat kuat.
8. Team workwrs adalah anggota kelompok yang paling mendukung. Mereka bersifat tenang, senang bergaul dan perduli dengan orang lain. Mereka memiliki kapasitas terbesar untuk flesibilitas dan beradaptasi dengan orang dan situasi yang berbeda.
9. Specialist sebagai individu yang berdedikasi dan membanggakan dirinya karena memiliki ketrampilan teknis dan pengetahuan spesialis. Pusat perhatian mereka adalah untuk mempertahankan standar profesional dan untuk meningkatkan dan mempertahankan lapangan ilmu mereka.
Nama :Oka Pranayu
ReplyDeleteNim : 3201105087
Tim adalah kumpulan dari beberapa orang yang mumpunyai tujuan dan kepentingan bersama untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan.Didalam tim sangat dibutuhkan kekompakan antara satu anggota tim dengan anggota tim yang lain,didalam tim juga harus ada pembagian tugas sehingga masing-masing anggota tim mempunyai tanggungjawab atas tugas yang sudah diberikan,agar dapat mencapai tujuan.Besar kecilnya suatu tim dapat berjalan dengan baik apabila antara anggota tim terjalin hubungan yang harmonis,tidak ada perselisihan,saling menghargai pendapat dari masing-masing anggota tim.Cara membuat tim yang solid adalah : Harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Selain itu kita juga bisa memilih anggota tim yang cocok atau sesuai dengan kita. Ketujuh peran dalam sebuah tim adalah:
-Plant
-Coordinator
-Monitor evaluator
-Implementer
-Completer finisher
-Resource investigator
-Resource investigator
-Shaper
-Team worker
-Specialist
Nama : Mardiyani
ReplyDeleteNIM : 3201105056
Peran dalam tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. Hanya masih sedikit yang mengerti jika perbedaan peran dalam tim adalah sebuah syarat sukses sebuah tim.
Ketika kita bekerja dengan orang lain dalam kelompok atau tim kita masing-masing membawa dua jenis peran untuk hubungan itu. Yang pertama, dan lebih jelas, adalah peran fungsional , yang mengandalkan keterampilan dan pengalaman yang kita bawa ke proyek atau masalah di tangan. Kontribusi kedua, dan sering dilupakan adalah tim peran kita, yang cenderung didasarkan pada kepribadian kita atau gaya pilihan tindakan. Untuk sebagian besar, peran tim kami dapat dikatakan untuk menentukan bagaimana kita menerapkan keterampilan dan pengalaman yang membentuk peran fungsional kami.
Belbin mengidentifikasi sembilan peran tim yaitu :
• Plant
• Coordinator
• Monitor evaluator
• Implementer
• Completer finisher
• Resource investigator
• Shaper
• Team worker
• Specialist
Bahwa sembilan peran tim sama-sama penting untuk efektivitas tim, asalkan mereka digunakan oleh tim pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat.
Nama : Firdha Amalia
ReplyDeleteNIM : 3201105054
tim adalah suatu kekuatan dinamis dari sekelompok kerja lengkap yang para anggotanya saling bertemu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, setiap orang pastinya akan membutuhkan bantuan orang lain maka setiap orang akan membentuk tim atau kelompok. Selain dapat bantuan dalam menyelesaikan tugas, tujuan dari bekerja dalam tim adalah:
1. Untuk memperlancar aktivitas pekerjaan.
2. Untuk memanfaatkan potensi setiap anggota kelompok.
3. Untuk bekerja bersama-sama.
4. Ada pembagian tugas,wewenang yang jelas dan adil untuk setiap anggota tim.
5. Untuk mengefisiensikan waktu dan biaya
Nama : SRI REJEKI
ReplyDeleteNIM : 3201105086
Menurut saya peranan yang penting itu dimana kita menentukan kelompok atau tim kerja, anggota kelompok yang terdiri dari individu-individu dalam tim pasti memiliki peran penting. Peran tersebut tidak akan lebih baik atau lebih penting dari peran yang lain karena masing-masing peran memiliki keterkaitan. Tim yang dapat bekerja dengan baik adalah tim yang masing-masing peran anggotanya dapat dijalankan dengan maksimal meskipun ada keberagaman dalam tim itu sendiri. Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. Sebuah tim basketball akan membutuhkan ketangkasaan tangan yang bagus, pemain depan yang cepat, center yang kreatif dan pemain bertahan yang kuat, tanpa melupakan manajer, pelatih, dan ahli kesehatan, yang kesemuanya mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan tim. Hanya masih sedikit yang mengerti jika perbedaan peran dalam tim adalah sebuah usaha yang maksimal seseorang tanpa memperdulikan kekalahan.
NIM : 3201105105
ReplyDeleteTIM merupakan sekelompok orang yang membentuk suatu kesatuan yang saling berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama....
setiap anggota tim harus saling berkerja sama dalam melakukan sesuatu, kekuatan dan kekompakan tim sangat di perlukan untuk mencapai hasil yang di inginkan..... ^_^
Nama : M. Rifqi Renanda
ReplyDeleteNIM : 3201105058
Tim merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh pada tujuan dari organisasi. Untuk mencapai tujuan dari organisasi maka perlu adanya tim atau kelompok yang baik. Di dalam tim harus lah terdapat peran-peran dari setiap anggota untuk mencapai tujuan dari organisasi. Maka dari pada itu, peran setiap anggota di dalam kelompok atau tim sangat penting untuk mencapai tujuan dari organisasi secara efesien. Ada pun peran-peran tersebut terbagi atas :
-Plant
-Coordinator
-Monitor evaluator
-Implementer
-Completer finisher
-Resource investigator
-Resource investigator
-Shaper
-Team worker
-Specialist
Nama : Siti Rohma
ReplyDeleteNIM : 3201105043
Sesuatu yang belum dicoba atau dikerjakan jangan pernah dibilang sulit ! Tim yang baik adalah suatu tim yang terdiri dari berbagai macam perbedaan, baik keahlian, gender, bahasa, dan budaya. Jika ingin membentuk suatu tim, alangkah lebih baik ajaklah orang yang memiliki satu tujuan, orang yang bisa diajak bekerjasama dengan beragam perbedaan. Sehingga dalam kerja dapat berjalan efektif dan efisien, dan tujuanpun dapat dicapai dengan maksimal. Dengan terbentuknya suatu tim kerja dapat membuat kita saling mengenal sifat satu sama lain dan mengetahui keahlian orang lain. Dengan memiliki perbedaan tersebut, tiap-tiap anggota dapat menjalankan perannya masing-masing.
Nama : Raden Hardiyanto
ReplyDeleteNim : 3201105025
Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. dalam suatu tim tentunya kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tidak membuang-buang waktu.Banyak individu memiliki kecenderungan terhadap peran tim atau perilaku yang seringkali dimunculkan.Terdapat pula peran yang tidak begitu menonjol dan diistilahkan sebagai managable roles. Peran ini secara natural masih tampak meskipun tidak cukup kuat dibandingkan peran-peran lain yang seringkali tampak.
sembilan peran dalam tim :
1.Plant adalah mereka yang menjadi inovator dan penemu serta memiliki kreativitas tinggi.
2.Resources Investigator adalah mereka yang memiliki antusiasme dan cepat tanggap. Mampu berkomunikasi dengan sekitarnya, baik bila ia berada di dalam dan di luar lingkungan perusahaan.
3.Coordinator adalah kemampuan mereka untuk menyebabkan orang lain untuk bekerja mencapai tujuan bersama.
4.Shapers adalah orang yang memiliki motivasi tinggi dengan energi yang besar dan kebutuhan mencapai prestasi yang tinggi.
5.Monitor Evaluator adalah tipe inidividu yang serius, bijaksana dan tidak mudah bersikap over antusiastik.
6.Team workwrs adalah anggota kelompok yang paling mendukung. Mereka bersifat tenang, senang bergaul dan perduli dengan orang lain.
7.Implementer mempunyai pemikiran yang praktis dan juga kontrol diri serta disiplin.
8.Completer Finsiher memiliki kapasitas yang baik untuk menyelesaikan tugas dan memperhatikan detail.
9.Specialist sebagai individu yang berdedikasi dan membanggakan dirinya karena memiliki ketrampilan teknis dan pengetahuan spesialis.
NAMA : TIYA PEBRISARI
ReplyDeleteNIM : 3201105057
Peran tim untuk membantu kita meringankan masalah kita. Dengan adanya tim kita dapat melakukan sharing dengan anggota lain untuk mencari cara yang paling tepat menyelesaikan masalah. Tim terbaik tersusun dari orang-orang yang memiliki peran dalam tim, tidak hanya mengandalkan satu orang saja, sehingga anggota lainnya juga merasa di anggap di dalam tim tersebut. Dan tim yang baik adalah tim yang dapat berkomunikasi dengan baik pula. Karena dengan komunikasi perbedaan yang ada di dalam tim dapat di satukan. Adapun peran tim lainnya antara lain :
- Plant
- Coordinator
- Monitor evaluator
- Implementer
- Completer finisher
- Resource investigator
- Shaper
- Team worker
- specialist
Nama : Yurita Oktaviani
ReplyDeleteNIM : 3201105049
Peran tim adalah salah satu aspek keberagaman tim yang melengkapi keberagaman lain seperti gender, budaya dan bahasa. Ada penelitian penting yang mengkonfirmasi bahwa tim heterogen atau beragam yang diatur dengan baik dan menerima serta memanfaatkan keberagaman jauh lebih baik dari tim yang homogen.
Dengan tim yang baik, dapat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan dan isu-isu yang ada.
NIM : 3201105068
ReplyDeleteTim merupakan sekumpulan orang yang bersatu untuk mencapai suatu tujuan. Peran yang dimiliki oleh tim sangatlah mempengaruhi kinerja tim dalam mencapai tujuannya tersebut. Tim terbaik tersusun dari berbagai latar belakang yang berbeda dari anggotanya dalam memenuhi peran yang ada, karena masalah yang dihadapi oleh tim tersebut tidak hanya satu jenis masalah, dengan adanya keberagaman hal-hal yang berbeda tersebut dapat dilengkapi.
Adapu peran dalam tim antara lain :
1. Plant, pendiri atau yang memiliki ide dalam pembentukan tim.
2. Coordinator, yang mengkoordinasi anggota tim.
3. Monitor evaluator, untuk menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan saran-saran.
4. Implementer, berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan.
5. Completer finisher, mereka meyelesaikan sesuatu dengan standar tinggi yang membuat mereka dikagumi, dan dengan perhatian mereka pada ketepatan presisi, perhatian pada detail dan dengan teratur.
6. Resource investigator, pencari sumberdaya pintar mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide, perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok.
7. Shaper, cocok untuk membuat perubahan yang penting dan tidak segan mengambil keputusan yang tidak disukai.
8. Team worker, untuk mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi dengan efektif.
9. Specialist, menyediakan kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa perusahaan tersebut.
Nama : Muhammad Hadinaufall
ReplyDeleteNim : 3201105005
Peran tim dalam hal yg nyata sangat penting. Karena, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Individu pun tidak bisa melakukan semua pekerjaan yg ada pada tim. Bayangkan saja jika dalam tim ada berbagai peran yg mungkin bisa dibilang sangat banyak, namun hanya segelintir org dalam tim tersebut. Individu tersebut pun hanya bisa menjadi koordinatornya, tidak mungkinkan ia juga berperan sebagai Implementer sekaligus Shaper? Maka dari itu pembentukan tim pun harus sesuai dengan anggota-anggota tim yg ada. Sehingga ada anggota tim yg bisa saling membantu dan memimpin di bagian yg mungkin ia condong lebih mampu menjalaninya dari pada anggota yg lain/.
NAMA:SEFY SUMANTI
ReplyDeleteNIM :3201105029
Peran didalam tim itu sangat penting agar tujuan yang akan dicapai efektif dan efisien,dan juga didalam sebuah tim harus mampu mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada,seperti perbedaan gender,kepentingan,budaya,dll karena tim yang baik itu adalah tim yang mampu dalam mengatasi kekurangan maupun kelebihan para anggotanya.
Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula.dengan adanya spesiaisasi pekerjaan,pekerjaan dapat mudah terselesaikan dan juga tidak ada yang saling mengandalkan,sehingga anggota yang lainnya merasa dihargai atas hasil yang diperolehnya.
Adapun peran tersebut sebagai berikut:
1.plant
2.coordinator
3.Monivator evaluator
4.Implementer
5.Completer finisher
6.Resource investigator
7.Shaper
8.Team worker
9.Specialist
Nama : Tri Kasih Susanti KD
ReplyDeleteNIM : 3201105116
Tim merupakan sekumpulan kelompok yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan tujuan yang ingin dicapai agar tujuan tersebut tercapai secara efisien dan efektif. Peran dalam tim ada yang lebih dan ada yang kurang dibandingkan dengan yang lain, tiap perilaku penting untuk menyumbangkan kesuksesan dalam tim dari awal sampai akhir. Kunci dari semua itu adalah keseimbangan dan kerjasama.
Adapun peran tersebut adalah :
1.Plant
2.Coordinator
3.Monitor evaluator
4.Implementer
5.Completer finisher
6.Resource investigator
7.Shaper
8.Team worker
9.Specialist
NAMA : ABDURRAHIM
ReplyDeleteNIM : 2301105038
Tim adalah sebuah kelompok yang mempunyai satu tujuan dengan keahlian dan berbeda beda, saling melengkapi antara satu sama yang lain dalam mencapai satu tujuan tertentu. Keseimbangan dan kerjasama adalah kuncinya.
peran tim tersebut adalah :
1. Plant (Perencanaan)
2. Coordinator
3. Monitor Evaluator
4. Implementer
5. Completer Finisher
6. Resource Investigator
7. Shaper
8. Team Work ( Kerjasama )
9. Specialist
NIM : 3201105100
ReplyDeletetim merupakan bentuk khusus kelompok kerja yang harus diorganisasikan dan dikelola secara berbeda dengan bentuk kelompok kerja lainnya.
setiap anggota tim juga harus mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing yang jelas. Tujuannya adalah agar mereka tahu kontribusi apa yang bisa mereka berikan untuk menunjang tercapainya tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.
Adapun peran tim yang kita ketahui saat ini yaitu :
- Plant
- Coordinator
- Monitor evaluator
- Implementer
- Completer finisher
- Resource investigator
- Shaper
- Team worker
- specialist
NIM: 3201105022
ReplyDeleteTim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula.
Berdasarkan riset Dr Meredith Belbin yang menunjukkan sembilan karakteristik pembentuk peran tim yang berbeda, tim apapun akan menjadi kurang lengkap tanpa mereka semua. Sering terjadi, ketika kita diminta untuk memilih sebuah tim, kita akan memilih orang-orang yang menyukai kita, mereka yang mudah berhubungan dengan kita, atau mereka yang kita rasa paling cocok untuk membentuk sebuah tim yang ideal. Sangat jarang seorang pemimpin secara alamiah menganggap penting untuk memilih anggota tim yang berbeda-beda peran dalam rangka mencapai hasil yang terbaik.
Nama : Achmad Orissaputra
ReplyDeleteNim : 3201105017
Tim yang baik mewajibkan kepada anggotanya agar dapat membangun kepercayaan diri dan mental yang kuat, karena jika tidak semua akan sia - sia.
Mental tersebut betujuan agas semu dapat bertindak secara disiplin sehingaa semua dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu, sedangkan membangun kerpercayaan diri adalah ketika saat peran yang dibutuhkan terdapat di dalam diri salah seorang anggota tim maka mereka harus saling bekerja sama agar semua berjalan lancar, si pemilik peranan tersebut maka akan lebih terpacu dan bekerja lebih keras sehingga akan meraih hasil yang maksimal.
nama : suci yevira
ReplyDeletenim : 3201105073
Peran tim sangat di perlukan dalam suatu kelompok ataupun tim agar tujuan dari tim / kelompok tersebut dapat di capai secara efektif.peran tim sendiri Dr Meredith Belbin adalah:
“Kecenderungan untuk bersikap, berkontribusi, dan saling terkait dengan orang lain
dengan cara tertentu.”
Jumlah ideal tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya.Ketujuh peran tersebut adalah:
• Plant : menghasilkan proposal baru dan memecahkan masalah secara kompleks
• Coordinator : tanggung jawab di dalam tim yang terdiri dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal.
• Monitor evaluator : menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan saran-saran.
• Implementer : Berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan
• Completer finisher : tugas yang ada membutuhkan konsentrasi tertutup dan tingkat akurasi tinggi.
• Resource investigator : Pencari Sumberdaya mampu mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide,perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok.
• Shaper : Para Pembentuk umumnya dijadikan manajer yang baik karena mereka menghasilkan tindakan dibawah tekanan.
• Team worker : mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi dengan efektif.
• Specialist : Para Spesialis memiliki bagian yang tidak bisa dihilangkan karena mereka kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa perusahaan tersebut.
Nim :
ReplyDeletePeranan tim di dalam setiap kegiatan dan di dalam dunia perkerjaan itu penting, karena untuk mencapai tujuan atau visi dan misi perkerjaan itu harus memerlukan orang banyak sebagai proses mempermudah untuk mencapai tujuannya, setiap orang pasti memilki keahlian yg berbeda-beda maka dari itu di perlukannya tim sebagau pemersatu untuk mencapai tujuan tertentu. Di dalam tim biasanya terdapat spesisifik-spesifik yg berbeda yg artinya setiap orang mendapat pembagaian hal ini di lakukan untuk mempercepat suatu tujuan dari tim tersebut. Berikut ialah peran-peran yg terdapat dalam tim :
1. Plant (Perencanaan)
2. Coordinator
3. Monitor Evaluator
4. Implementer
5. Completer Finisher
6. Resource Investigator
7. Shaper
8. Team Work ( Kerjasama )
9. Specialist
Sekian dan Terimakasih
ELdy setiawan
ReplyDelete3201105079
keberhasilan sebuah tim tidak lepas dari kerjasama para anggotanya yang baik, setiap anggota harus memiliki kemampuan sendiri dan di dalam sebuah tim harus memiliki anggota yang mempunyai keahlian yang beragam, agar kekurangan dari satu anggota dapat ditutupi oleh anggota yang lain. setelah memiliki anggota yang mempunyai berbagai eahlian suatu kelompok juga sabgat perlu memiliki seorang pemimpin yang dapat menyatukan dan mengembangkan kemampuan dari anggota tersebut.
nim : 3201105045
ReplyDeletedisetiap tim pasti memerlukan peranan dari setiap individu yang mampu membuat kerja tim berjalan baik. anggota dari tim harus memiliki kemampuan yang berbeda agar tidak terjadi pembenturan pendapat yang bisa merusak kinerja tim. tim yang baik harus bisa menggerakkan anggotanya sesuai kemampuan dan kebutuhan. apabila anggota didalam tim mampu bekerja sama dengan baik, tim akan bekerja dengan sangat baik dan mampu menghasilkan kinerja yang baik pula.