Fungsi Peran dalam Tim - Pertemuan Ke 11

29/06/2012 
 
Peran tim membantu kita melihat rentang isu-isu penting yang dihadapi oleh tim yang efektif.   Kita   semua   cenderung   kuat   sebagai   individu   di   beberapa   peran   dan   kurang mampu di beberapa peran lain. Tidak ada peran tim yang lebih baik atau lebih penting dari peran lain. Masalahnya adalah apakah tim mendapatkan input dari sejumlah besar peran     yang    ada,   dan   apakah     profil  umum     tim   sesuai   dengan     kebutuhan     untuk mengerjakan tugas tersebut, atau tidak. 

Tim terbaik tersusun dari orang-orang yang memiliki berbagai peran dalam tim. Peran tim   adalah   salah   satu   aspek   keberagaman  tim   yang   melengkapi   keberagaman   lain seperti gender, budaya dan bahasa. Ada penelitian penting yang mengkonfirmasi bahwa tim    heterogen      atau    beragam     yang     diatur   dengan     baik    dan    menerima      serta memanfaatkan keberagaman jauh lebih baik dari tim yang homogen.  

Peran tim sebagiamana definisi Dr Meredith Belbin adalah:
 “Kecenderungan   untuk   bersikap,   berkontribusi,   dan   saling   terkait   dengan   orang   lain
dengan cara tertentu.”

Nilai teori peran tim ada dalam kemampuannya untuk memungkinkan seorang individu atau sebuah tim mengambil keuntungan dari pengetahuan diri dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang dibuat oleh situasi eksternal.

Jumlah ideal untuk tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya. Meskipun, jika  kita   menyimpulkan dari  klasifikasi   peran    tim   Belbin, kita  akan mendapatkan tujuh tim.  Ketujuh peran tersebut adalah:

• Plant

Fungsi   utama   adalah   untuk   menghasilkan  proposal   baru   dan   memecahkan   masalah yang  kompleks. sering   dibutuhkan   di   tahap   awal   sebuah   proyek   atau   saat   proyek tersebut  mandeg.    Biasanya     menegaskan      bahwa      dirinya    adalah    pendiri    sebuah perusahaan  atau  sebagai    pemilik   ide  awal  sebuah     produk.    Terlalu   banyak    di  satu perusahaan   bisa   tidak   produktif,   karena  mereka   cenderung   menghabiskan   waktunya untuk memaksakan ide mereka sendiri dan melibatkan yang lainnya dalam perselisihan.

• Coordinator

Ditempatkan   dengan   tepat   jika   diminta   bertanggung   jawab   di   dalam   tim   yang   terdiri
dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal. Kinerja mereka 
lebih baik dalam menangani rekan kerja yang berkedudukan sama atau hampir sama   dibanding   
saat   menangani   bawahan.   Moto   mereka   biasanya ‘konsultasi   dengan kendali’dan  mereka  
biasanya  meyakini penanganan  masalah  dengan  tenang. Dalam situasi   yang   sama, cenderung   berselisih  dengan   penggagas   karena   gaya   manajemen mereka yang bertolak belakang.

• Monitor evaluator

Paling   cocok   ditempatkan   untuk   menganalisa   masalah   dan   mengevaluasi   ide-ide   dan saran-saran.   Mereka   sangat   ahli   dalam      mempertimbangkan   pro   dan   kontra   sebuah pilihan. Bagi banyak orang luar, mungkin tampak sebagai orang yang kering/tidak bisa diajak   bercanda,   membosankan   atau   bahkan   terlalu   kritis.   Sejumlah   orang   mungkin heran bagaimana dia bisa menjadi manajer. Namun, banyak Pengevaluasi Pengawasan yang    menempati      posisi   strategis   dan   berada    di  jajaran   tinggi  perusahaan. Dalam sejumlah pekerjaan, keberhasilan dan kegagalan kadang ditentukan oleh satu pilihan. Ini adalah teritori ideal bagi Pengevaluasi Pengawasan; bagi orang yang tidak pernah salah yang selalu menang pada akhirnya. 

• Implementer 

Berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan.       Mereka berhasil karena efisien dan memiliki pemikiran tentang apa yang bisa dicapai dan apa yang relevan. Dikatakan bahwa banyak eksekutif yang hanya melakukan apa yang ingin dia lakukan dan menolak tugas yang tidak menyenangkan mereka. Pelaksana yang baik sering melaju ke posisi manajemen tingkat tinggi dengan bantuan dari kemampuan organisasi dan kompetensi dalam melaksanakan tugas yang diperlukan. 

• Completer finisher

Biasanya tidak bisa dikalahkan jika tugas yang ada membutuhkan konsentrasi tertutup dan   tingkat  akurasi   tinggi.  Mereka   menimbulkan   perasaan   mendesak   dalam   tim   dan sangat   bagus   dalam   hal  menepati   jadwal.  Dalam   manajemen,   mereka   meyelesaikan sesuatu dengan standar tinggi yang membuat mereka dikagumi, dan dengan perhatian mereka pada ketepatan presisi, perhatian pada detail dan dengan teratur.

• Resource investigator

Pencari      Sumberdaya       pintar    mengeksplorasi       dan    melaporkan      kembali     ide-ide,
perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok. Mereka adalah orang yang secara alami   diciptakan   untuk   membangun   kontak  eksternal   dan   untuk   melakukan   negosiasi apapun. Mereka   memiliki   kemampuan   untuk   berpikir   sambil   berjalan   dan   menggali informasi dari orang lain.

• Shaper

Para     Pembentuk      umumnya        bisa   dijadikan    manajer     yang    baik    karena    mereka menghasilkan   tindakan   dibawah  tekanan.   Mereka  bisa   memunculkan  semangat   dalam tim dan sangat berguna bagi kelompok dimana komplikasi politis memperlambat segala sesuatu;   para   Pembentuk   bisa   dikatakan   besar   dari   masalah-masalah   seperti   ini   dan akan maju terus tanpa pikir panjang.           Mereka sangat cocok untuk membuat perubahan yang    penting    dan   tidak   segan   mengambil      keputusan     yang    tidak  disukai.    Seperti namanya,       mereka    mencoba      memberi     sebuah   bentuk     atau   pola   pada   diskusi   atau kegiatan   kelompok.       Mereka   mungkin   adalah   anggota   tim   yang   paling   efektif   dalam memastikan adanya kegiatan positif.
  

• Team worker

Peran Pekerja Tim adalah untuk mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga      memungkinkan   semua    anggota     tim   untuk    berkontribusi    dengan     efektif. Karena      tidak   menyukai      pergesekan,      mereka     akan    melakukan      apa    saja   untuk menghindarinya.        Sangat   umum   Pekerja   Tim   menjadi   manajer   senior,   terutama   jika garis manajemennya di dominasi oleh Pembentuk.  Ini akan menciptakan iklim dimana kecerdikan  dan  kemamuan   diplomasi    Pekerja   Tim   menjadi    aset   nyata,   khususnya dibawah   rezim   manajerial   yang   menyebabkan   konflik   mudah   mencuat   atau   ditekan diam-diam. Para   Pekerja   Tim   yang   menjadi   Manajer   dianggap   tidak   berbahaya   bagi seorang pun dan dengan demikian paling diterima dan disukai orang. Para Pekerja Tim memiliki efek lubrikasi (pelumas) pada tim. Moral tim menjadi lebih baik dan orang- orang tampaknya bekerja sama dengan lebih baik saat ada mereka. 

• Specialist

Para Spesialis memiliki bagian yang tidak bisa dihilangkan di dalam tim, karena mereka menyediakan kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa   perusahaan     tersebut.  Sebagai    manajer,   mereka    mendapatkan      dukungan    baik sukarela maupun terpaksa karena mereka mengetahui bidang mereka jauh lebih baik dibanding     siapapun     dan   biasanya     dipanggil   untuk    membuat      keputusan     yang berdasarkan pengalaman matang. 

Sebenarnya,   jika   kita   bisa   mengaturnya,  kita   bisa   membuat   tim   dengan   orang   yang lebih sedikit, karena satu orang bisa memegang dua peran (atau bahkan tiga peran). Meskipun tujuan utama adalah bahwa semua fungsi harus diisi oleh seseorang. Sebagai catatan bahwa fungsi tidak termasuk dalam ‘leader’. Tim perlu seorang  leader, tetapi tidak   berarti   (karena   dalam   praktek   sering  terjadi)   membatalkan   semua   tujuh   fungsi kepada   satu   orang.   Itu   merupakan   peniadaan  tim   kerja   yang   benar.   Sebagian   besar peran   kepemimpinan   adalah   meyakinkan   bahwa   semua   fungsi   yang   diperlukan   akan dilatih   secara   baik,   dan   mengajak   mereka   bersama-sama,   maka   tim   akan   berfungsi dengan benar karena satu unit.

Zulfikar




Comments

  1. Nama : Hendika
    NIM : 3201105032

    Peran dalam tim sangatlah penting, karena dalam sebuah tim kita harus memiliki peran tersendiri, jika tidak, kita akan merasa tidak berada dalam tim tersebut, dari itu peran tersebut haru kita miliki supaya tim kita dapat menjadi yang terbaik.
    Dalam sebuah tim ada beberapa peran penting :
    1. Plan, ini adalah bagian awal jika ingin memecahkan suatu masalah,agar bisa mendapat solusi.
    2. Coordinator, disini sangat dibutuhkan, karena harus ada yang bisa mengatur, karena pemikiran/gaya manajemen mereka yang bertolak belakang.
    3. Monitor evaluator, mereka yang ditugas disini adalah mereka yang memiliki keahlian khusus, karena mereka yang memilih ide-ide yang sesuai, dimana mereka bisa memilih yang mana pro dan kontra.
    4. Implementer, mereka memiliki kebertanggung jawab dan kapasitas mereka. Mereka bisa menentukan hasil yang dicapai dan apa yang relevan.
    5. Resource investigator, mereka yang ada diperan ini adalah mereka yang tergolong pintar, karena pemikiran mereka selalu memunculkan ide-ide.
    6. Team worker, adalah mereka yang dapat menjaga keseimbangan tim, tidak akan muncul permasalahan dalam tim sehingga tim tersebut tetap efektif dan tidak akan ada perselisihan.
    7. Specialist, mereka yang sangat-sangat dibutuhkan, karena banyak orang yang tidak memiliki apa yang dia miliki, misalkan dalam menciptakan barang-barang.

    ReplyDelete
  2. NAMA : BUNGA ARYANI
    NIM : 3201105059

    Tim merupakan bentuk khusus dari kelompok kerja yang berbeda dengan bentuk-bentuk kelompok kerja lainnya. Tim beranggotakan orang-orang professional yang dikoordinasikan untuk bekerja sama dalam menangani suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Dengan kata lain tim adalah sekelomook orang dengan latar belakang keahlian yang menjalin kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Cara kerja tim menghendaki adanya komunikasi terbuka diantara semua anggota, interaksi antar anggota tim yang efektif akan mempengaruhi dinamika kerja tim, sebagai contoh, anggota yang berpartisipasi dalam penyusunan rencana akan terikat oleh upaya pencapaian tujuan. Pemahaman tentang tim merupakan hal yang penting untuk dapat melaksanakan semua fungsi manajemen terutama kepemimpinan, sebab sebuah tim adalah refleksi dari kenyataan hidup kelompok orang yang terorganisasi.
    Tim tidak hanya penting dan bermanfaat bagi organisasinya saja, tetapi juga memberi manfaat bagi individu para anggotanya. Tim dapat menyediakan kepuasan sosial bagi para anggotanya maka perasaan pemilikasn dan dukungan terhadap tim akan berkurang, manfaat lain dari tim adalah meningkatkan komunikasi interpersonal diantara para anggotanya.
    Secara lebih rinci manfaat bekerjasama dalam tim adalah sebagai berikut :
    1. Meningkatkan produktivitas kerja
    2. Meningkatakan kualitas kerja
    3. Meningkatkan mentalitas kerja
    4. Meningkatkan kemajuan organisasi

    ReplyDelete
  3. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    Dalam suatu tim, peran dari anggota tim sangat dibutuhkan sebagai langkah utama mencapai tujuan dari tim tersebut, agar masing-masing anggota dapat memahami dan mengapresiasi peran yang ditanggungnya. Dengan adanya peran, suatu tim dapat bekerjasama dengan baik yang terbagi atas berbagai bidang dan devisi yang membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.
    adapun peran tersebut, sbb :
    1. Plant
    2. Coordinator
    3. Monitor Evaluator
    4. Implementer
    5. completer finisher
    6. shaper dan sebagainya

    ReplyDelete
  4. NAMA : OKTAVIANA MS
    NIM :3201105064
    Di dalam dunia kerja peran tim kerja sangaatlah berpengaruh tehadap kesuksesan untuk mencapai tujuan,karena kita saling berinteraksi untuk bertukar informasi, mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota berkinerja sesuai bidang tanggung jawabnya. Tim kerja adalah kelompok dimana individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah masukan individu tsb.
    adapun tim-tim dalam dunia kerja:
    1. tim pemecah masalah
    2. tim kerja dan pengelola
    3. tim lintas fungsional

    ReplyDelete
  5. NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
    NIM : 3201105078

    Tim ialah kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi
    dan berkomitmen untuk mecapai tujuan bersama secara efektif dan
    efisien.
    Jumlah ideal untuk tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya. Meskipun, jika kita menyimpulkan dari klasifikasi peran tim Belbin, kita akan mendapatkan tujuh tim. Ketujuh peran tersebut adalah
    Plant Fungsi utama adalah untuk menghasilkan proposal baru dan memecahkan masalah yang kompleks
    Coordinator Ditempatkan dengan tepat jika diminta bertanggung jawab di dalam tim yang terdiri dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal
    Monitor evaluator Paling cocok ditempatkan untuk menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan saran-saran
    Implementer Berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan
    Resource investigator Pencari Sumberdaya pintar mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide,perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok.
    Shaper Para Pembentuk umumnya bisa dijadikan manajer yang baik karena mereka menghasilkan tindakan dibawah tekanan.
    Team worker Peran Pekerja Tim adalah untuk mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi dengan efektif
    Specialist Para Spesialis memiliki bagian yang tidak bisa dihilangkan di dalam tim, karena mereka menyediakan kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa perusahaan tersebut

    ReplyDelete
  6. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Kerja tim penting dalam setiap individu yang terlibat di dalamnya untuk mengerti peran,fungsi dan juga tanggung jawab agar tim bisa mencapai tujuan bersama.
    Peran dalam tim ialah :
    1. Plant adalah mereka yang menjadi inovator dan penemu serta memiliki kreativitas tinggi. Mereka menghasilkan ide-ide sebagai perkembangan utama.
    2. Aspek yang paling menonjol dari Coordinator adalah kemampuan mereka untuk menyebabkan orang lain untuk bekerja mencapai tujuan bersama.
    3. Monitor Evaluator adalah tipe inidividu yang serius, bijaksana dan tidak mudah bersikap over antusiastik. Mereka lambat dalam mengambil keputusan karena berusaha untuk mempertimbangkannya berulang kali.
    4.Implementer mempunyai pemikiran yang praktis dan juga kontrol diri serta disiplin. Mereka memilih untuk bekerja keras dan menyelesaikan masalah dengan cara sistematis.
    5. Completer Finsiher memiliki kapasitas yang baik untuk menyelesaikan tugas dan memperhatikan detail. Mereka tidak akan memulai seseuatu yang tidak dapat mereka selesaikan.
    6. Resources Investigator adalah mereka yang memiliki antusiasme dan cepat tanggap. Mampu berkomunikasi dengan sekitarnya, baik bila ia berada dialer dan diluar lingkungan perusahaan. Mereka memiliki kemampuan untuk melakukan negoisiasi dan menyelidiki kesempatan-kesempatan yang bersifat baru serta membina hubungan.
    7. Shapers adalah orang yang memiliki motivasi tinggi dengan energi yang besar dan kebutuhan mencapai prestasi yang tinggi. Biasanya mereka adalah orang ekstrovert yang agresifa dan memiliki semangat kuat.
    8. Team workwrs adalah anggota kelompok yang paling mendukung. Mereka bersifat tenang, senang bergaul dan perduli dengan orang lain. Mereka memiliki kapasitas terbesar untuk flesibilitas dan beradaptasi dengan orang dan situasi yang berbeda.
    9. Specialist sebagai individu yang berdedikasi dan membanggakan dirinya karena memiliki ketrampilan teknis dan pengetahuan spesialis. Pusat perhatian mereka adalah untuk mempertahankan standar profesional dan untuk meningkatkan dan mempertahankan lapangan ilmu mereka.

    ReplyDelete
  7. Nama :Oka Pranayu
    Nim : 3201105087
    Tim adalah kumpulan dari beberapa orang yang mumpunyai tujuan dan kepentingan bersama untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan.Didalam tim sangat dibutuhkan kekompakan antara satu anggota tim dengan anggota tim yang lain,didalam tim juga harus ada pembagian tugas sehingga masing-masing anggota tim mempunyai tanggungjawab atas tugas yang sudah diberikan,agar dapat mencapai tujuan.Besar kecilnya suatu tim dapat berjalan dengan baik apabila antara anggota tim terjalin hubungan yang harmonis,tidak ada perselisihan,saling menghargai pendapat dari masing-masing anggota tim.Cara membuat tim yang solid adalah : Harus mempunyai visi dan misi yang jelas. Selain itu kita juga bisa memilih anggota tim yang cocok atau sesuai dengan kita. Ketujuh peran dalam sebuah tim adalah:
    -Plant
    -Coordinator
    -Monitor evaluator
    -Implementer
    -Completer finisher
    -Resource investigator
    -Resource investigator
    -Shaper
    -Team worker
    -Specialist

    ReplyDelete
  8. Nama : Mardiyani
    NIM : 3201105056


    Peran dalam tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. Hanya masih sedikit yang mengerti jika perbedaan peran dalam tim adalah sebuah syarat sukses sebuah tim.
    Ketika kita bekerja dengan orang lain dalam kelompok atau tim kita masing-masing membawa dua jenis peran untuk hubungan itu. Yang pertama, dan lebih jelas, adalah peran fungsional , yang mengandalkan keterampilan dan pengalaman yang kita bawa ke proyek atau masalah di tangan. Kontribusi kedua, dan sering dilupakan adalah tim peran kita, yang cenderung didasarkan pada kepribadian kita atau gaya pilihan tindakan. Untuk sebagian besar, peran tim kami dapat dikatakan untuk menentukan bagaimana kita menerapkan keterampilan dan pengalaman yang membentuk peran fungsional kami.
    Belbin mengidentifikasi sembilan peran tim yaitu :
    • Plant
    • Coordinator
    • Monitor evaluator
    • Implementer
    • Completer finisher
    • Resource investigator
    • Shaper
    • Team worker
    • Specialist
    Bahwa sembilan peran tim sama-sama penting untuk efektivitas tim, asalkan mereka digunakan oleh tim pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat.

    ReplyDelete
  9. Nama : Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    tim adalah suatu kekuatan dinamis dari sekelompok kerja lengkap yang para anggotanya saling bertemu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
    Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, setiap orang pastinya akan membutuhkan bantuan orang lain maka setiap orang akan membentuk tim atau kelompok. Selain dapat bantuan dalam menyelesaikan tugas, tujuan dari bekerja dalam tim adalah:
    1. Untuk memperlancar aktivitas pekerjaan.
    2. Untuk memanfaatkan potensi setiap anggota kelompok.
    3. Untuk bekerja bersama-sama.
    4. Ada pembagian tugas,wewenang yang jelas dan adil untuk setiap anggota tim.
    5. Untuk mengefisiensikan waktu dan biaya

    ReplyDelete
  10. Nama : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Menurut saya peranan yang penting itu dimana kita menentukan kelompok atau tim kerja, anggota kelompok yang terdiri dari individu-individu dalam tim pasti memiliki peran penting. Peran tersebut tidak akan lebih baik atau lebih penting dari peran yang lain karena masing-masing peran memiliki keterkaitan. Tim yang dapat bekerja dengan baik adalah tim yang masing-masing peran anggotanya dapat dijalankan dengan maksimal meskipun ada keberagaman dalam tim itu sendiri. Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. Sebuah tim basketball akan membutuhkan ketangkasaan tangan yang bagus, pemain depan yang cepat, center yang kreatif dan pemain bertahan yang kuat, tanpa melupakan manajer, pelatih, dan ahli kesehatan, yang kesemuanya mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan tim. Hanya masih sedikit yang mengerti jika perbedaan peran dalam tim adalah sebuah usaha yang maksimal seseorang tanpa memperdulikan kekalahan.

    ReplyDelete
  11. NIM : 3201105105

    TIM merupakan sekelompok orang yang membentuk suatu kesatuan yang saling berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama....
    setiap anggota tim harus saling berkerja sama dalam melakukan sesuatu, kekuatan dan kekompakan tim sangat di perlukan untuk mencapai hasil yang di inginkan..... ^_^

    ReplyDelete
  12. Nama : M. Rifqi Renanda
    NIM : 3201105058

    Tim merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh pada tujuan dari organisasi. Untuk mencapai tujuan dari organisasi maka perlu adanya tim atau kelompok yang baik. Di dalam tim harus lah terdapat peran-peran dari setiap anggota untuk mencapai tujuan dari organisasi. Maka dari pada itu, peran setiap anggota di dalam kelompok atau tim sangat penting untuk mencapai tujuan dari organisasi secara efesien. Ada pun peran-peran tersebut terbagi atas :
    -Plant
    -Coordinator
    -Monitor evaluator
    -Implementer
    -Completer finisher
    -Resource investigator
    -Resource investigator
    -Shaper
    -Team worker
    -Specialist

    ReplyDelete
  13. Nama : Siti Rohma
    NIM : 3201105043


    Sesuatu yang belum dicoba atau dikerjakan jangan pernah dibilang sulit ! Tim yang baik adalah suatu tim yang terdiri dari berbagai macam perbedaan, baik keahlian, gender, bahasa, dan budaya. Jika ingin membentuk suatu tim, alangkah lebih baik ajaklah orang yang memiliki satu tujuan, orang yang bisa diajak bekerjasama dengan beragam perbedaan. Sehingga dalam kerja dapat berjalan efektif dan efisien, dan tujuanpun dapat dicapai dengan maksimal. Dengan terbentuknya suatu tim kerja dapat membuat kita saling mengenal sifat satu sama lain dan mengetahui keahlian orang lain. Dengan memiliki perbedaan tersebut, tiap-tiap anggota dapat menjalankan perannya masing-masing.

    ReplyDelete
  14. Nama : Raden Hardiyanto
    Nim : 3201105025

    Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula. dalam suatu tim tentunya kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tidak membuang-buang waktu.Banyak individu memiliki kecenderungan terhadap peran tim atau perilaku yang seringkali dimunculkan.Terdapat pula peran yang tidak begitu menonjol dan diistilahkan sebagai managable roles. Peran ini secara natural masih tampak meskipun tidak cukup kuat dibandingkan peran-peran lain yang seringkali tampak.
    sembilan peran dalam tim :
    1.Plant adalah mereka yang menjadi inovator dan penemu serta memiliki kreativitas tinggi.
    2.Resources Investigator adalah mereka yang memiliki antusiasme dan cepat tanggap. Mampu berkomunikasi dengan sekitarnya, baik bila ia berada di dalam dan di luar lingkungan perusahaan.
    3.Coordinator adalah kemampuan mereka untuk menyebabkan orang lain untuk bekerja mencapai tujuan bersama.
    4.Shapers adalah orang yang memiliki motivasi tinggi dengan energi yang besar dan kebutuhan mencapai prestasi yang tinggi.
    5.Monitor Evaluator adalah tipe inidividu yang serius, bijaksana dan tidak mudah bersikap over antusiastik.
    6.Team workwrs adalah anggota kelompok yang paling mendukung. Mereka bersifat tenang, senang bergaul dan perduli dengan orang lain.
    7.Implementer mempunyai pemikiran yang praktis dan juga kontrol diri serta disiplin.
    8.Completer Finsiher memiliki kapasitas yang baik untuk menyelesaikan tugas dan memperhatikan detail.
    9.Specialist sebagai individu yang berdedikasi dan membanggakan dirinya karena memiliki ketrampilan teknis dan pengetahuan spesialis.

    ReplyDelete
  15. NAMA : TIYA PEBRISARI
    NIM : 3201105057

    Peran tim untuk membantu kita meringankan masalah kita. Dengan adanya tim kita dapat melakukan sharing dengan anggota lain untuk mencari cara yang paling tepat menyelesaikan masalah. Tim terbaik tersusun dari orang-orang yang memiliki peran dalam tim, tidak hanya mengandalkan satu orang saja, sehingga anggota lainnya juga merasa di anggap di dalam tim tersebut. Dan tim yang baik adalah tim yang dapat berkomunikasi dengan baik pula. Karena dengan komunikasi perbedaan yang ada di dalam tim dapat di satukan. Adapun peran tim lainnya antara lain :
    - Plant
    - Coordinator
    - Monitor evaluator
    - Implementer
    - Completer finisher
    - Resource investigator
    - Shaper
    - Team worker
    - specialist

    ReplyDelete
  16. Nama : Yurita Oktaviani
    NIM : 3201105049

    Peran tim adalah salah satu aspek keberagaman tim yang melengkapi keberagaman lain seperti gender, budaya dan bahasa. Ada penelitian penting yang mengkonfirmasi bahwa tim heterogen atau beragam yang diatur dengan baik dan menerima serta memanfaatkan keberagaman jauh lebih baik dari tim yang homogen.
    Dengan tim yang baik, dapat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan dan isu-isu yang ada.

    ReplyDelete
  17. NIM : 3201105068

    Tim merupakan sekumpulan orang yang bersatu untuk mencapai suatu tujuan. Peran yang dimiliki oleh tim sangatlah mempengaruhi kinerja tim dalam mencapai tujuannya tersebut. Tim terbaik tersusun dari berbagai latar belakang yang berbeda dari anggotanya dalam memenuhi peran yang ada, karena masalah yang dihadapi oleh tim tersebut tidak hanya satu jenis masalah, dengan adanya keberagaman hal-hal yang berbeda tersebut dapat dilengkapi.
    Adapu peran dalam tim antara lain :
    1. Plant, pendiri atau yang memiliki ide dalam pembentukan tim.
    2. Coordinator, yang mengkoordinasi anggota tim.
    3. Monitor evaluator, untuk menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan saran-saran.
    4. Implementer, berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan.
    5. Completer finisher, mereka meyelesaikan sesuatu dengan standar tinggi yang membuat mereka dikagumi, dan dengan perhatian mereka pada ketepatan presisi, perhatian pada detail dan dengan teratur.
    6. Resource investigator, pencari sumberdaya pintar mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide, perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok.
    7. Shaper, cocok untuk membuat perubahan yang penting dan tidak segan mengambil keputusan yang tidak disukai.
    8. Team worker, untuk mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi dengan efektif.
    9. Specialist, menyediakan kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  18. Nama : Muhammad Hadinaufall
    Nim : 3201105005

    Peran tim dalam hal yg nyata sangat penting. Karena, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Individu pun tidak bisa melakukan semua pekerjaan yg ada pada tim. Bayangkan saja jika dalam tim ada berbagai peran yg mungkin bisa dibilang sangat banyak, namun hanya segelintir org dalam tim tersebut. Individu tersebut pun hanya bisa menjadi koordinatornya, tidak mungkinkan ia juga berperan sebagai Implementer sekaligus Shaper? Maka dari itu pembentukan tim pun harus sesuai dengan anggota-anggota tim yg ada. Sehingga ada anggota tim yg bisa saling membantu dan memimpin di bagian yg mungkin ia condong lebih mampu menjalaninya dari pada anggota yg lain/.

    ReplyDelete
  19. NAMA:SEFY SUMANTI
    NIM :3201105029

    Peran didalam tim itu sangat penting agar tujuan yang akan dicapai efektif dan efisien,dan juga didalam sebuah tim harus mampu mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada,seperti perbedaan gender,kepentingan,budaya,dll karena tim yang baik itu adalah tim yang mampu dalam mengatasi kekurangan maupun kelebihan para anggotanya.
    Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula.dengan adanya spesiaisasi pekerjaan,pekerjaan dapat mudah terselesaikan dan juga tidak ada yang saling mengandalkan,sehingga anggota yang lainnya merasa dihargai atas hasil yang diperolehnya.
    Adapun peran tersebut sebagai berikut:
    1.plant
    2.coordinator
    3.Monivator evaluator
    4.Implementer
    5.Completer finisher
    6.Resource investigator
    7.Shaper
    8.Team worker
    9.Specialist

    ReplyDelete
  20. Nama : Tri Kasih Susanti KD
    NIM : 3201105116

    Tim merupakan sekumpulan kelompok yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan tujuan yang ingin dicapai agar tujuan tersebut tercapai secara efisien dan efektif. Peran dalam tim ada yang lebih dan ada yang kurang dibandingkan dengan yang lain, tiap perilaku penting untuk menyumbangkan kesuksesan dalam tim dari awal sampai akhir. Kunci dari semua itu adalah keseimbangan dan kerjasama.

    Adapun peran tersebut adalah :
    1.Plant
    2.Coordinator
    3.Monitor evaluator
    4.Implementer
    5.Completer finisher
    6.Resource investigator
    7.Shaper
    8.Team worker
    9.Specialist

    ReplyDelete
  21. NAMA : ABDURRAHIM
    NIM : 2301105038

    Tim adalah sebuah kelompok yang mempunyai satu tujuan dengan keahlian dan berbeda beda, saling melengkapi antara satu sama yang lain dalam mencapai satu tujuan tertentu. Keseimbangan dan kerjasama adalah kuncinya.
    peran tim tersebut adalah :
    1. Plant (Perencanaan)
    2. Coordinator
    3. Monitor Evaluator
    4. Implementer
    5. Completer Finisher
    6. Resource Investigator
    7. Shaper
    8. Team Work ( Kerjasama )
    9. Specialist

    ReplyDelete
  22. NIM : 3201105100
    tim merupakan bentuk khusus kelompok kerja yang harus diorganisasikan dan dikelola secara berbeda dengan bentuk kelompok kerja lainnya.
    setiap anggota tim juga harus mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing yang jelas. Tujuannya adalah agar mereka tahu kontribusi apa yang bisa mereka berikan untuk menunjang tercapainya tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.

    Adapun peran tim yang kita ketahui saat ini yaitu :
    - Plant
    - Coordinator
    - Monitor evaluator
    - Implementer
    - Completer finisher
    - Resource investigator
    - Shaper
    - Team worker
    - specialist

    ReplyDelete
  23. NIM: 3201105022

    Tim yang efektif akan membutuhkan keterampilan dan peran yang berbeda-beda. Hal itu sudah jelas mengingat pekerjaan yang akan dikerjakan akan meliputi tugas yang berbeda-beda pula.

    Berdasarkan riset Dr Meredith Belbin yang menunjukkan sembilan karakteristik pembentuk peran tim yang berbeda, tim apapun akan menjadi kurang lengkap tanpa mereka semua. Sering terjadi, ketika kita diminta untuk memilih sebuah tim, kita akan memilih orang-orang yang menyukai kita, mereka yang mudah berhubungan dengan kita, atau mereka yang kita rasa paling cocok untuk membentuk sebuah tim yang ideal. Sangat jarang seorang pemimpin secara alamiah menganggap penting untuk memilih anggota tim yang berbeda-beda peran dalam rangka mencapai hasil yang terbaik.

    ReplyDelete
  24. Nama : Achmad Orissaputra
    Nim : 3201105017

    Tim yang baik mewajibkan kepada anggotanya agar dapat membangun kepercayaan diri dan mental yang kuat, karena jika tidak semua akan sia - sia.

    Mental tersebut betujuan agas semu dapat bertindak secara disiplin sehingaa semua dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu, sedangkan membangun kerpercayaan diri adalah ketika saat peran yang dibutuhkan terdapat di dalam diri salah seorang anggota tim maka mereka harus saling bekerja sama agar semua berjalan lancar, si pemilik peranan tersebut maka akan lebih terpacu dan bekerja lebih keras sehingga akan meraih hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  25. nama : suci yevira
    nim : 3201105073


    Peran tim sangat di perlukan dalam suatu kelompok ataupun tim agar tujuan dari tim / kelompok tersebut dapat di capai secara efektif.peran tim sendiri Dr Meredith Belbin adalah:
    “Kecenderungan untuk bersikap, berkontribusi, dan saling terkait dengan orang lain
    dengan cara tertentu.”
    Jumlah ideal tim manajemen bervariasi sesuai situasi yang membutuhkannya.Ketujuh peran tersebut adalah:
    • Plant : menghasilkan proposal baru dan memecahkan masalah secara kompleks
    • Coordinator : tanggung jawab di dalam tim yang terdiri dari orang-orang dengan keberagaman kemampuan dan karakteristik personal.
    • Monitor evaluator : menganalisa masalah dan mengevaluasi ide-ide dan saran-saran.
    • Implementer : Berguna bagi sebuah organisasi karena kebertanggung jawaban dan kapasitas mereka untuk penerapan
    • Completer finisher : tugas yang ada membutuhkan konsentrasi tertutup dan tingkat akurasi tinggi.
    • Resource investigator : Pencari Sumberdaya mampu mengeksplorasi dan melaporkan kembali ide-ide,perkembangan, atau sumber daya di luar kelompok.
    • Shaper : Para Pembentuk umumnya dijadikan manajer yang baik karena mereka menghasilkan tindakan dibawah tekanan.
    • Team worker : mencegah masalah interpersonal muncul di dalam tim, sehingga memungkinkan semua anggota tim untuk berkontribusi dengan efektif.
    • Specialist : Para Spesialis memiliki bagian yang tidak bisa dihilangkan karena mereka kemampuan yang sulit di dapat yang menjadi dasar produksi barang atau jasa perusahaan tersebut.

    ReplyDelete
  26. Nim :

    Peranan tim di dalam setiap kegiatan dan di dalam dunia perkerjaan itu penting, karena untuk mencapai tujuan atau visi dan misi perkerjaan itu harus memerlukan orang banyak sebagai proses mempermudah untuk mencapai tujuannya, setiap orang pasti memilki keahlian yg berbeda-beda maka dari itu di perlukannya tim sebagau pemersatu untuk mencapai tujuan tertentu. Di dalam tim biasanya terdapat spesisifik-spesifik yg berbeda yg artinya setiap orang mendapat pembagaian hal ini di lakukan untuk mempercepat suatu tujuan dari tim tersebut. Berikut ialah peran-peran yg terdapat dalam tim :
    1. Plant (Perencanaan)
    2. Coordinator
    3. Monitor Evaluator
    4. Implementer
    5. Completer Finisher
    6. Resource Investigator
    7. Shaper
    8. Team Work ( Kerjasama )
    9. Specialist

    Sekian dan Terimakasih

    ReplyDelete
  27. ELdy setiawan
    3201105079
    keberhasilan sebuah tim tidak lepas dari kerjasama para anggotanya yang baik, setiap anggota harus memiliki kemampuan sendiri dan di dalam sebuah tim harus memiliki anggota yang mempunyai keahlian yang beragam, agar kekurangan dari satu anggota dapat ditutupi oleh anggota yang lain. setelah memiliki anggota yang mempunyai berbagai eahlian suatu kelompok juga sabgat perlu memiliki seorang pemimpin yang dapat menyatukan dan mengembangkan kemampuan dari anggota tersebut.

    ReplyDelete
  28. bambang tri atmojoJuly 19, 2012 at 8:00 AM

    nim : 3201105045

    disetiap tim pasti memerlukan peranan dari setiap individu yang mampu membuat kerja tim berjalan baik. anggota dari tim harus memiliki kemampuan yang berbeda agar tidak terjadi pembenturan pendapat yang bisa merusak kinerja tim. tim yang baik harus bisa menggerakkan anggotanya sesuai kemampuan dan kebutuhan. apabila anggota didalam tim mampu bekerja sama dengan baik, tim akan bekerja dengan sangat baik dan mampu menghasilkan kinerja yang baik pula.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts