Langkah-Langkah Dasar Pemecahan Masalah - Pertemuan Ke 12

6/07/2012

Ada berbagai pola pemecahan masalah yang bisa digunakan. Salah satu dari yang paling sering   digunakan    terdiri dari  serangkaian langkah, yang mencakup pengenalan masalah, mencari pilihan dan    melaksanakan    kemungkinan solusi. Adalah   bermanfaat   melihat   pemecahan   masalah   sebagai   sebuah   siklus   karena, kadang-kadang, sebuah  masalah membutuhkan beberapa usaha untuk memecahkannya, atau masalahnya berubah.

Seperti yang disampaikan diatas , proses pemecahan masalah  terdiri dari empat langkah utama:
     1.    Pencarian fakta
     2.    Pencarian ide/Pemunculan alternatif solusi 
     3.    Pencarian solusi/Evaluasi
     4.    Penerapan dan tindak lanjut solusi

Pencarian fakta

Pencarian fakta melibatkan pengumpulan semua fakta dan informasi yang terkait dengan  masalah  yang    diteliti  dan dijelaskannya sejelas  mungkin. Tahap ini merupakan komponen yang sangat penting dalam siklus pemecahan masalah yang memiliki serangkaian masalah sendiri serta peluang  untuk meningkatkan  kekonstruktifan proses pemecahan masalah.

Fakta adalah potongan informasi tentang dunia yang bisa secara bebas diverifikasi oleh   metode   penelitian   yang   diterima   secara   umum   sebagai   informasi   yang   bisa dipercaya dan bisa dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan.

Dalam  beberapa kasus, pertanyaan-pertanyaan  faktual   bisa   dijawab     dengan kepastian   mutlak.   Meskipun beberapa ketidakpastian   ini   bisa   dikurangi   melalui usaha pencarian fakta mutu tinggi, seringkali ada sejumlah ketidakpastian lain yang tidak   bisa   dihilangkan   oleh   analisis   sebanyak   apapun.   Jika   demikian,   keputusan harus diambil dan masalah dipecahkan berdasarkan informasi yang tidak lengkap.

Ini berarti bahwa pihak-pihak pengambil keputusan tidak akan tahu pasti apa yang akan terjadi jika mereka mengambil keputusan tertentu. Tujuan     usaha    pencarian    fakta   adalah    untuk    memasukkan       sebanyak      mungkin informasi yang bisa dipertanggung jawabkan ke dalam proses pemecahan masalah. Jika langkah ini ditinggalkan, masalah itu akan jadi semakin sulit dipecahkan.

Pencarian ide

Di    tahap     ini,  intinya   adalah     memunculkan        sebanyak      mungkin      ide.   Cara melakukannya bervariasi mulai dari menanyakan pendapat orang lain, melalui alat kreatifitas terprogram seperti teknik berpikir lateral (teknik berpikir menyimpang) dan curah gagasan.


Tiap anggota kelompok harus mengungkapkan semua idenya untuk memecahkan masalah.   Setelah   curah   gagasan,   kelompok   tersebut   bisa   menggabungkan   atau menindak   lanjuti   ide   manapun.   Kemudian,   anggota   kelompok   bisa   memilih   ide terbaik   untuk   pemecahan   masalah   untuk   diteliti   lebih   lanjut.   Sisi   baik   dan   buruk tiap ide harus di teliti.

 ...Curah gagasan berarti memunculkan sebanyak mungkin ide yang radikal dan berguna.

Curah   gagasan   adalah   perangkat   yang   terkenal   dan berguna       yang     bisa   digunakan      untuk     menciptakan solusi      yang     sangat      kreatif     untuk     memecahkan masalah.


Jangan     mengevaluasi/menilai        ide   di  tahap   ini,  berkonsentrasilah      hanya    pada memunculkan sebanyak mungkin ide. Ide yang buruk biasanya memacu munculnya ide yang bagus.

Pencarian solusi/Evaluasi

Pencarian solusi memiliki dua bagian; Memutuskan sebuah solusi dan Mengerjakan solusi tersebut.

Memutuskan sebuah solusi yang tampak bisa memecahkan masalah dengan cara terbaik melibatkan pemikiran atau pertimbangan tentang semua kemungkinan hasil solusi   tersebut.   
Mengerjakan   solusi   berarti   menemukan   dengan   jelas   bagaimana cara melakukan solusi tersebut.

Hasil dari solusi juga sangat penting. Jika solusi itu memecahkan masalah dan tidak menciptakan masalah baru, proses pemecahan masalah selesai. Jika solusi itu tidak memecahkan         masalah     atau    malah    menyebabkan        masalah     baru,    kita  harus memutuskan   apakah   solusi   itu   perlu   diubah  atau   tidak.   Jika   solusi   yang   dipakai tidak berhasil, kita harus mencari tahu kenapa, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut :
          1. Apakah masalahnya didefinisikan dengan tepat?
          2. Adakah ide yang lebih baik yang terlewatkan?
          3. Apakah   solusi   itu   menyebabkan   sejumlah   hasil   yang   tidak   diduga   atau diinginkan?
          4. Apakah solusi itu dijalankan dengan benar?

Jika solusi tidak berhasil, pemecah masalah harus mengulangi proses itu dari awal lagi. Memang tampak melelahkan karena ada banyak masalah. Namun, orang yang memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik akan memandang masalah dengan percaya diri. Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah memerlukan latihan.

Kadang   kadang   bahkan   keputusan   yang   baik   untuk   memecahkan   masalah   tidak berjalan. Inilah sebabnya evaluasi merupakan langkah penting dalam memecahkan masalah.
Di tahap ini, kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
            a.   Apakah keputusan itu memecahkan masalah? Jika tidak, kenapa?
            b.  Apakah keputusan itu menimbulkan masalah baru?  Jika ya, apa saja?
            c.   Langkah apa saja yang harus diambil sekarang untuk memecahkan masalah yang baru ini?

Sangat     penting    untuk   merencanakan       tindakan    yang    akan   diambil.   Orang    bisa menghindari menciptakan masalah dengan merencanakan tindakan mereka untuk memecahkan masalah dengan hati-hati.

Penerapan dan tindak lanjut solusi

Setelah   kita   memilih   kemungkinan   solusi,   kita   sudah   siap   untuk   menerapkannya kedalam tindakan. Kita akan memerlukan energi dan motivasi untuk melakukan ini karena penerapan solusi membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. (Jika solusi   tersebut   mudah   ditemukan   dan   dilakukan,   pasti   sudah   kita   lakukan   tanpa berlama-lama   membahasnya.)   Kita   bisa  mempersiapkan   diri   untuk   menerapkan solusi   dengan     merencanakan       kapan    dan   bagaimana      kita  akan   melakukannya, apakah kita membicarakannya dengan orang lain atau tidak, dan hadiah apa yang kita berikan pada diri sendiri setelah melakukannya.

Bagian proses ini adalah saat kita menuliskan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Sekarang   setelah   kita   memiliki   solusi   (atau   beberapa   solusi)   yang   potensial   kita harus   memutuskan   bagaimana   kita   akan  mewujudkan   solusi   tersebut.   Ini   akan melibatkan orang-orang yang melakukan berbagai hal dalam berbagai waktu dan kesempatan  di   masa   depan  dan   kemudian  mengkonfirmasi  bahwa   mereka   sudah melakukannya sesuai rencana.


Zulfikar





Comments

  1. Nama : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Menurut pengalaman pribadi saya ketika saya menemukan masalah, maka kita harus bisa menemukan ide-ide brilian untuk bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kemampuan kreativitas sangat penting dalam hal ini, karena kebanyakan orang yang putus asa ialah mereka yang tidak punya ide lagi untuk menyelesaikan masalahnya. Ide-ide yang terus mengalir dan semangat yang membara untuk mencobanya, lambat laun akan mengantarkan kita ke sebuah solusi. Jadi, untuk jangka panjang, tingkatkan kemampuan kreativitas Anda sangat diperlukan, agar Anda selalu siap menyelesaikan masalah yang selalu datang
    menghampiri kita. Yang kedua, tetaplah semangat untuk mencoba berbagai ide-ide sampai menemukan ide yang solutif.

    ReplyDelete
  2. NAMA : BUNGA ARYANI
    NIM : 3201105059

    Setiap manusia pasti memiliki permasalahan, baik di dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. namun seluruh permasalahan tersebut dapat dicegah dan ditanggulangi dengan berbagai cara. tergantung dengan bagaimana jalan pemikiran seseorang dalam mendeskripsian permasalahan tersebut. semakin tinggi tingkat kedewasaan seseorang, maka semakin baik pula manusia menghadapi permasalahan.

    ReplyDelete
  3. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    Permasalahan selalu menghampiri setiap orang disadari maupun tidak. Kadang tergantung orang bagaimana menghadapi permasalahannya. Permasalahan diselesaikan dengan proses, yaitu yang pertama harus mencari kebenaran dari permasalahan tersebut, kemudian memikirkan ide solusi nya, kemudian apresiasi dari ide tersebut, dan yang terakhir adalah perwujudan dari ide tersebut. Maka dari itu masalah yang terjadi dapat terselesaikan.

    ReplyDelete
  4. NAMA : OKTAVIANA MS
    NIM : 3201105064
    Menurut saya setiap maanusia pasti mempunyai masalah baik masalah pribadi ataupun masalah dengan orang lain, untuk itu kita harus selalu bersikap positif thinking untuk menghadpi masalah tersebut, berusaha mencari tau sebab adanya masalah tersebut kemudian mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus merugikan orang lain dan diri kita sendiri, berusaha selalu bersikap dewasa untuk memecahkan masalah itu. tidak menghadapinya dengan perasaan emosi.

    ReplyDelete
  5. NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
    NIM : 3201105078

    Setiap orang pasti mempunyai masalah sebesar apa pun masalah itu pasti dapat terselesaikan dengan baik apabila setiap orang saling mengerti terhadap masalah yang dihadapi untuk itu kita harus mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut selain selalu bersikap terbuka dengan orang lain sharing dengan masalah yang kita hadapi dan selalu bersikap dewasa dengan apa pun yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  6. Nama :Oka Pranayu
    Nim :3201105087
    Menurut saya semua manusia pasti mempunyai masalah baik itu datang dari dirinya sendiri maupun datang dari orang lain,masing-masing orang mempunyai caranya sendiri untuk menyelesaikan masalahnya.cara untuk memyelesaikan masalah yang pertama kita harus mencari tahu apa masalahnya, kedua setelah mengetahui masalahnya maka akan timbul ide atau solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.kita juga harus menyikapi semua masalah yang sedang menimpah kita adalah sebagai ujian agar kita menjadi lebih dewasa.

    ReplyDelete
  7. Nama : Mardiyani
    NIM : 3201105056


    Dalam menjalani hidup pasti pernah mempunyai masalah. Tidak ada hidup tanpa masalah dan masalah terjadi pada setiap bidang kehidupan. Masalah merupakan peluang untuk perbaikan dan pelajaran sebagai kesadaan jiwa untuk melihat kelemahan yang ada sehingga menjadi lebih baik dalam menjalani dan mengerti arti sebuah kehidupan.
    Untuk menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi, ada beberapa langkah masalah yang akan membantu dalam menyelesaikan suatu masalah tersebut yakni :
    1. Mencari informasi tentang masalah tersebut.
    2. Melihat berbagai hal yang mungkin menjadi penyebab.
    3. Temukan berbagai solusi yang bisa dilakukan.
    4. Memilih solusi terbaik.
    Dan jika kita berusaha menyelesaikan masalah dgn sabar dan bijak dan terselesainya masalah maka, hal itu juga termasuk bagian dari solusi.

    ReplyDelete
  8. Nama : Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    Menurut Dwight E Watkins dalam buku Efektif Thinking, cara memecahkan masalah terdiri 5 langkah sebagai berikut:

    1. Mempelajari masalah, dengan mengidentifikasi kesulitan-kesulitannya.
    Seperti kita ketahui setiap kesulitan dapat menimbulkan masalah. Karena itu perlu diidentifikasi kesulitan-kesulitan tersebut.

    1. Merumuskan masalah secara baik dan benar.
    Pada taraf ini hendaknya dicari dan ditentukan secara jelas apakah sebenarnya kesulitan yang menimbulkan masalah ini.

    2. Mencari cara pemecahannya.
    Dalam hal ini ia harus mampu mencari cara-cara pemecahannya, dengan menggunakan pikirannya untuk menemukan berbagai kemungkinan yang dapat menyelesaikan kesulitan ini.

    3. Memilih salah satu cara yang terbaik diantara berbagi kemungkinan.
    Dalam memilih hendaknya dipertimbangkan hal-hal yang berhubungan dengan kesanggupan untuk melaksanakan cara pemecahan yang di pilih.

    4. Melaksanakan cara pemecahan masalah yang telah ditentukan.
    Jangan bertindak salah dalam pelaksanaannya dan pilih altenatif terbaik pemecahannya Bila hal ini terjadi maka sia-sialah anda karena bekerja tidak efisien. Bila cara pemecahan ini tidak memberikan hasil, cari alternatif lain.

    ReplyDelete
  9. NIM : 3201105105
    Masalah merupakan hal yang sering dan pasti di alami oleh setiap orang, baik masalah pribadi atau masalah kelompok. setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, hanya saja bagaimana cara kita mengambil solusi/mecahkan masalah tersebut. untuk itu, setiap masalah haruslah di hadapi dengan kepala dingin, jangan menggunakan kekuatan dan emosi, karena itu bukanlah jalan keluarnya....
    jangan pernah lari dari masalah....
    karena masalah merupakan suatu pelajaran dan pengalaman yang paling berharga.

    ReplyDelete
  10. Nama : M.Rifqi Renanda
    NIM ; 3201105058

    Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Setiap permasalah harus lah kita selesaikan dengan sebaik mungkin agar kedepannya tidak akan mengganggu kita atau menghambat kita untuk maju kedepan. Pemikiran atau cara pandang setiap orang dalam mengatasi atau menyelesaikan masalah pasti lah berbeda-beda tergantung dari orang nya. Setiap masalah harus lah kita selesaikan dengan kedewasaan agar masalah yang kita hadapi tidak semakin memburuk atau malah akan mendatangkan masalah yang baru. Kita harus tahu apa yang perlu kita ketahui untuk menyelesaikan setiap masalah.

    ReplyDelete
  11. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Setiap kehidupan pasti akan bertemu dengan masalah baik masalah pribadi maupun masalah dengan orang lain,di lingkungan keluarga,masyarakat,tempat kerja dan dimanapun, tinggal bagaimana cara kita menyelesaikan atau menangani masalah itu agar tidak mengganggu aktivitas yang lain. Menurut saya menyelesaikan masalah haruslah dengan hati dan pikiran yang jernih dan juga tenang,berfikir dewasa,berfikir positif,cari inti permasalahannya,saling komunikasi agar dapat pemecahannya karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan juga berfikir kedepan.

    ReplyDelete
  12. Nama : Siti Rohma
    NIM : 3201105043


    Masalah adalah sesuatu yang tidak berkesinmbungan (keadaan yang tidak diinginkan) yang menghasilkan situasi yang membingungkan, sehingga diharuskan untuk diselesaikan agar tidak berkelanjutan dan ditakutkan untuk timbulnya masalah baru. Setiap orang pasti pernah menghadapi suatu masalah didalam kehidupannya. Masalah terjadi terkadang karena adanya salah paham, ketidakcocokan dalam berkomunikasi. Langlah-langkah pemecahan masalah :
    • Pencarian masalah yang sedang terjadi
    • Intropeksi, apa yang menjadi penyebabnya
    • Mencari solusi pemecahan untuk evaluasi
    • Tindak lanjut
    Masalah yang dihadapi tidak dapat diselesaikan dengan keinstanan, melainkan harus dipikirkan matang-matang apa saja efeknya. Apakah tindakan yang dilakukan memeberikan manfaat atau merugikan bagi orang lain atau bahkan akan membuat semakin keruh permasalahan tersebut.
    Dalam menghadapi masalah, hadapilah masalah tersebut dengan POSITIVE THINKING, jangan dengan embel-embel lain. Sehingga dengan demikian akan membentuk diri kita menjadi lebih baik dan dewasa.

    ReplyDelete
  13. Nama : Raden Hardiyanto
    Nim : 3201105025

    hidup ini tidaklah terlepas dari yang namanya masalah,masalah terjadi tentu ada penyebabnya mungkin salah satunya karena komunikasi yang kurang tepat sehingga menimbulkan kata-kata yang kurang enak didengar sehingga yang lain merasa tersinggung dan juga banyak jenis masalah yang lainnya.
    maka dari itu kita harus bisa mengatasi masalah tersebut, mungkin dengan cara :
    1.pengumpulan semua fakta dan informasi yang terkait dengan masalah yang diteliti dan dijelaskannya sejelas mungkin.
    2.mencari ide terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.
    3.Memutuskan sebuah solusi yang tampak bisa memecahkan masalah dengan cara terbaik melibatkan pemikiran atau pertimbangan tentang semua kemungkinan hasil solusi tersebut.
    Mengerjakan solusi berarti menemukan dengan jelas bagaimana cara melakukan solusi tersebut.
    4.penerapan dan tindak lanjut dari solusi yang telah di buat.

    ReplyDelete
  14. NAMA : TIYA PEBRISARI
    NIM : 3201105057

    Untuk memecahkan suatu masalah, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebeb terjadinya masalah tersebut. Setelah kita mengetahui penyebabnya baru lah kita dapat mencari ide-ide atau solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pencarian ide ini dapat kita dapati dari pemikiran kita sendiri atau dengan bertanya tentang pendapat seseorang mengenai masalah tersebut.

    ReplyDelete
  15. Nama :Yurita Oktaviani
    NIM : 3201105049

    Setiap orang pasti mempunyai masalah. Itu sudah pasti karena masalah memang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Tidak semua yang kita inginkan bisa kita dapatkan pada waktunya. Terkadang keinginan itu terlambat jadi kenyataan bahkan tidak pernah terealisasi sama sekali.
    Terkadang ada resiko yang harus kita terima ketika ingin menyelesaikan masalah. Siapkan diri menerima resiko tersebut jika mau masalah kita selesai dengan tuntas. Resiko tak bisa dihindari tapi harus dihadapi. Oleh karena itu, kita harus mencari terlebih dahuku apa inti dari permasalahan itu dan mencari solusinya.

    ReplyDelete
  16. NIM : 3201105068

    Masalah, hal yang selalu dihindari oleh orang. Tapi bagaimana jika masalah itu sudah menghampiri kita ??
    Masalah dapat diselesaikan dengan sistem berikut ini :
    1. Mengenali masalah itu sendiri, mencari fakta-fakta atau informasi yang berhubungan dengan masalah tersebut bisa muncul.
    2. Menetapkan beberapa solusi, cari ide sebanyak mungkin untuk mengatasi masalah tersebut. ide-ide tersebut bisa dari diri sendiri maupun pendapat orang lain.
    3. Memilih solusi yang tepat, dari beberapa ide yang ada pilihlah satu solusi yang benar-benar tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.
    4. Penerapan dan tindak lanjut solusi, lakukanlah atau kerjakan solusi yang telah dipilih tadi, dalam tahap ini biasanya dibutuhkan energi dan motivasi untuk melakukannya. Setelah dapat menyelesaikan masalah, jadikanlah masalah tersebut sebagai pengalaman yang dapat kita informasikan kepada orang lain, agar orang lain dapat mempelajarinya.

    Masalah memang sesuatu yang selalu kita hindari, tapi cepat atau lambat masalah pasti akan menghampiri kita. Tapi jika kita sadar, sebenarnya masalah adalah suatu proses dalam hidup kita dalam meningkatkan kualitas pribadi kita. Jadi hadapi masalah dengan pemikiran positif.

    ReplyDelete
  17. Nama : Muhammad Hadinaufall
    Nim : 3201105005

    Seseorang melakukan pemecahan masalah tidak bisa sembarangan, jika itu terjadi masalah yg ingin ia pecahkan bukan malah selesai, mungkin masalah itu bisa menjadi lebih rumit dari yg ia bayangkan. Orang tersebut harus mencari informasi yg real dari mana sumber masalah ini. Bagaimana masalah ini bisa terjadi dengan sedemikian sulit.
    Ketahuilah masalah apa yg akan anda pecahkan, kenali masalah tersebut, evaluasi hal-hal yg mungkin bisa menjadi hambatan-hambatan dalam memecahkan masalah. Setelah semuanya berjalan dengan lancar, carilah solusi yg terbaik yg bisa membuat masalah tersebut selesai.

    ReplyDelete
  18. Nama : Hendika
    NIM : 3201105032

    Di dalam kehidupan, semua orang yang berada di bumi tidak pernah lepas dari yang namanya masalah, karena masalah selalu datang dengan tib-tiba tanpa kita minta, tapi masalah tersebut bisa diselesaikan jika orang tersebut mau dan berusaha agar masalahnya bisa terselesaikan.
    Dalam materi ini ada beberapa hal yang dilakukan agar masalah bisa terstasi :
    1.Pencarian Fakta
    2.Pencarian Ide
    3.Pencarian solusi
    4.Penerapan terhadap semua yang telah dilakukan dari cara-cara diatas.
    Dengan begitu kita bisa lepas dari maslah yang kita hadapi.

    ReplyDelete
  19. Nama:Sefy Sumanti
    Nim :3201105029

    Didalam setiap individu pasti memiliki sesuatu masalah dikehidupannya,tetapi masalah tersebut kembali lagi ke diri kita.solusi apa yang harus diambil untuk memecahkan masalah tersebut,pastinya kita harus dewasa dalam berpikir agar langkah yang diambil tidak gegagabah atau ceroboh dan malah mungkin menimbulkan masalah baru untuk kita.dan kita seharusnya berpikir awal munculnya masalah,masalah tersebut,mungkin berawal dari kita sendiri karena kita tidak memikirkan dengan matang langkah yang diambil,masalah menurut saya dapat dijadikan sebagai alat intropeksi diri.dengan mempertimbangkan dan melihat kemungkinan efek yang terjadi,kita pastinya harus berpikir yang matang sebelum melangkah. sehingga masalah yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik.

    ReplyDelete
  20. Nama : Tri Kasih Susanti KD
    NIM : 3201105116

    Setiap manusia pasti mempunyai masalah baik masalah kecil maupun besar, seperti masalah keluarga, pekerjaan, dan lain sebagainya. Masalah itu akan terus berlarut jika tidak diatasi dan tidak dipecahkan dengan baik, oleh karena itu kita membutuhkan langkah-langkah dasar untuk pemecahan masalah agar tidak berkepanjangan.

    Ada empat dasar pemecahan masalah :
    1.Pencarian fakta atau informasi tentang masalah yang terjadi.
    2.Mencari ide atau penyebab dan solusi untuk pemecahannya.
    3.Mengevaluasi solusi yang telah ditemukan.
    4.Melakukan atau menindaklanjuti solusi yang telah ada.
    Jika keempat langkah diatas dilakukan dengan baik dan benar maka pemecahan masalah akan berjalan dengan lancar.

    ReplyDelete
  21. NIM : 3201105100


    Masalah adalah suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Jadi sebuah masalah tidak harus berkaitan dengan sesuatu yang merugikan. dan untuk memecahkan suatu masalah harus ada yang namanya pengambilan keputusan,solusi,dll.

    ReplyDelete
  22. Nama : Abdurrahim
    Nim : 3201105038

    manusia tidak lepas dari masalah, baik masalah kecil maupun masalah besar, dan setiap permasalahan tersebut memiliki pemecahan masalahnya sendiri.
    berikut adalah pemecahan masalah :
    1. mencari penyebab terjadinya masalah.
    2. Mencari solusi dari masalah tersebut.
    3. menguji solusi dari masalah tersebut.
    4. melanjut kan tindakan dari solusi tersebut.
    jika semua berjalan maka pemecahan masalah akan berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  23. NIM: 3201105022

    Setiap individu manusia memiliki cara2 tersendiri dalam memecahkan masalah, namun belum tentu cara2 yang mereka punya sudah efektif dan efisien. Biasa kita temukan manusia yang tidak sabar, maka jalan pintas dianggap pantas. Mereka akan mengambil jalan tercepat dalam memecahkan masalah tanpa memikirkan pengaruh jangka panjangnya.

    Masalah apapun bentuknya, besar atau kecil, berat atau ringan bisa dipecahkan. Cara memecahkan masalah atau bahasa kerennya problem solving memiliki beberapa tahapan diantaranya yaitu:

    1. Identifikasi Masalah
    2. Cari Akar Masalah
    3. Buat Alternatif Pemecahan Masalah
    4. Laksanakan pilihan terbaik dari alternatif pemecahan masalah

    Terkadang ada resiko yang harus kita terima ketika ingin menyelesaikan masalah. Siapkan diri menerima resiko tersebut jika mau masalah kita selesai dengan tuntas. Resiko tak bisa dihindari tapi harus dihadapi.

    Masalah? Siapa takut?!!

    ReplyDelete
  24. Nama : Achmad Orissaputra
    Nim : 3201105017

    Masalah
    Masalah adalah hal yg tidak dapat kita hindari, setiap hal yang kita lakukan dengan harapan baik dan dilakukan dengna cara sempuran pasti tetap memiliki kelemahan, dan kelemahan tersebut dapat menjadi sebuah masalah, baik itu besar maupun kecil, kita sebagai individu hanya dapat mencegah dan memperkecil terjadinya malsalah, dengan cara mengatasi sebelum terjadinya masalah tersebut, yaitu dengan 4 cara :

    1.Pencarian Fakta
    2.Pencarian Ide
    3.Pencarian solusi
    4.Penerapan terhadap semua yang telah dilakukan dari cara-cara diatas.

    hal diatas merupakan hal yang kita anggap dasar, namun jika kita tidak melakukannya dengan baik dan sungguh - sungguh maka tidak heran masalah sekecil apapun akan mudah terjadi, namun jika sebaliknya kita dapat menekan dan mencegah terjadinya masalah yang mungkin akan mempersuli pekerjaan kita dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  25. Nim : 3201105033

    Setiap orang pasti akan mendapati masalah karena masalah ialah suatu ujian menuju kebaikan. Ketika kita tau bahwa kita pasti menghadapi sebuh masalah maka kita harus membentengi diri kita dari masalah tersebut, belajar dari masalah yg sebelumnya yg telah kita lewati dan bagaimana cara menghadapi sebuah masalah secara arif dan bijak. Ada beberapa hak menurut saya cara mengahadapi masalah, yaitu :
    - Kenali lah masalah tersebut
    - Tentukan apa yg di permasalahkan
    - hadapilah dengan tenang
    - Selalu berfikir postif
    - carilah solusi dari masalah tersebut
    - Selesaikan lah masalah tanpa masalah yg baru,
    Sekian dari saya, terimakasih

    ReplyDelete
  26. eldy setiawan
    3201105079

    dimanapun dan kapanpun, kita akan selalu dihadapin denga berbagai jenis permasalahan yang memiliki penyebab dan cara penyelesaian yang berbeda beda, untuk dapat memecah kan setiap masalah yang kita hadapi kita harus mengidentifikasa terlebih dahulu apa dan mengapa masalah itu dapat muncul dan hambatan apa saja yang di hadapi untuk menyelesaikan masalah tersebut. setelah mengetahui semua penyebab dan hambatannya barulah kuta berusaha untuk mengumpulkan infor masi sebanyak mungkin yang berkaitan untuk memecahkan pokok permasalahannya. agar dapat menyelesaikan masalah dengan baik.kita sangat perlu mendengarkan masukan dari pengalaman orang lain.

    ReplyDelete
  27. bambang tri atmojoJuly 19, 2012 at 7:46 AM

    nim : 3201105045

    masalah adalah hal yang sangat lazim terjadi. sampai kapan pun masalah akan selalu mengikuti jejak langkah kita untuk mencapai masa depan yang sangat baik. masalah harus dapat kita atasi dan selesaikan dengan cara yang benar agar tidak terjadi penambahan masalah lagi. setiap pemecahan masalah akan berbeda dari setiap indivudu. setiap individu akan bisa memikirkan hal yang baik untuk memecahkan masalahnya sendiri. maka dari itu, setiap masalah yang datang menghampiri harus kita selesaikan dengan baik dan benar

    ReplyDelete
  28. Nama: Suci Yevira
    Nim: 3201105073

    pola pemecahan masalah terdiri dari pengenalan masalah, mencari pilihan dan melaksanakan kemungkinan solusi. manfaat melihat pemecahan masalah merupakan sebuah siklus karena, kadang-kadang, sebuah masalah membutuhkan beberapa usaha untuk memecahkannya, atau masalahnya berubah. proses pemecahan masalah terdiri dari empat langkah utama:
    1. Pencarian fakta atas masalah tsb
    2. Pencarian ide/Pemunculan alternatif solusi
    3. Pencariansolusi/Evaluasi
    4. Penerapan dan tindak lanjut solusi untuk menangani masalah tsb.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts