Karakteristik Organisasi - Pertemuan Ke 2

Setiap orang punya kebutuhan dan   harus  terpuaskan dalam kehidupannya. Pada awalnya setiap orang menghabiskan waktunya untuk mencari makan, mencari tempat berlindung dan berpakaian.  ‘Organisasi’ yang pertama mungkin terbentuk ketika orang-orang melakukan kerjasama dan   membagi tugas diantara mereka sendiri, sehingga akan ditemukan sesuatu yang dibutuhkan mereka dengan lebih mudah.

Secara umum organisasi punya tiga karakter:

1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk   membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya. Sebagai contoh, tim sepak bola, setiap pemain punya tugas tertentu untuk dipertontonkan, pelatih punya kekuasaan untuk memutuskan   siapa   yang akan menjadi pemain dari tim dan permainan apa yang akan dipelajari dan dipraktekkan.


2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka  menghadapi tujuan-tujuan mereka. Dalam organisasi bisnis, pusat kekuasaan berada pada dewan direktur yang memutuskan bagaimana uang  akan digunakan dan produk apa yang akan dibuat, siapa yang menetapkan gaji yang memuaskan dan situasi bekerja; manager sumber daya manusia, siapa yang    memutuskan standar dan kriteria  seleksi untuk merekrut pekerja.


3. Organisasi akan menempatkan stafnya pada  posisi  yang   sesuai   dengan kompetensinya. Sebagai contoh, jika seseorang bekerja terlalu lambat dan  tidak sesuai dengan standard, karyawan itu mungkin akan dipindahkan ke departemen lain sesuai dengan kompetensi dimana kecepatan bekerja tidak  diperlukan. Orang lain yang bekerja cukup cepat akan ditempatkan ditempat tersebut.


originally posted by Zulfikar
edited by Admin

http://www.jemskalosberlian.co.cc/

Comments

  1. Nama : M.Rifqi Renanda
    NIM : 3201105058

    Organisasi merupakan salah satu cara yang di lakukan oleh manusia untuk mencapai tujuan mereka dengan cara membagi tugas masing-masing dan saling bekerja sama.
    Organisasi memiliki tiga karakter dimana dari ketiga karakter tersebut saling berhubungan. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab dibagi diantara para anggota untuk mencapai tujuan dari organisasi.
    Pusat kekuasaan merupakan pimpinan yang mengatur atau mengarahkan dari organisasi untuk mencapai tujuan dari organisasi.
    Organisasi juga akan menempatkan para anggota sesuai dengan keahlian. Sehingga untuk mencapai tujuan dari organisasi dapat tercapai dengan mudah.

    ReplyDelete
  2. NAMA : HENDIKA
    NIM : 3201105032

    Organisasi pada dasarnya adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang membentuk suatu kelompok dan dijalinnya kerjasama, organisasi juga membutuhkan adanya orang yang memimpin dalam kelompok tersebut.Dan tempat bekerjasama secara sistematis dan rasional, terencana, terpimpin, terorganisasi dan terkendali.
    Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan struktur dan dengan bagian-bagian yang ada di organisasi tersebut dan jika ingin berinteraksi dengan baik, setiap individu dapat berhubungan langsung dengan yang bersangkutan.

    ReplyDelete
  3. NAMA : ACHMAD ORISSAPUTRA
    NIM : 3201105017

    Organisasi merupakan suatu wadah dimana didalamnya terdapat orang - orang yang memiliki perbedaan tujuan dan ide namun ingin mencapai sesuatu yang disebut tujuan organisasi dengan usaha bersama, didalam organisasi terdapat satu pemimpin yang memiliki tujauan dan kekuasaan untuk memrintah dan mengembangkan organisasi dengan melaksanakan visi dan misi yang dimilikinya. Yang membantu dalam proses pemenuhan dan pencapaian tujuan adalah elemen di dalamnya, Intinya organisasi merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan secara efisien dan tepat sasaran melalui proses kerjasama.

    ReplyDelete
  4. Nama : Bambang Tri Atmojo
    NIM : 3201105045

    hidup adalah sebuah pengorganisasian karena kita hidup bersama keluarga dan orang lain. keluarga adalah organisasi karen keluarga merupakan tempat berkumpulnya manusia dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. dikeluarga juga memiliki kepala keluarga sebagai pemimpin dan yang lain sebagai anggota keluarga ayng harus meembantu kepala keluarga dalam mebentuk keluarga yang baik. organisasi itu akan terjadi dimana pun ketika sekelompok manusia berkumpul dan membuat suatu tujuan serta dipimpin oelh salah satu mereka. organisasi biasanya cendrung dikenal sebagai bahasa yang berkaitan dengan perusahaan dan semacamnya. sehingga orang-orang tidak tahu bahwa dikehidupannya pasti diselimuti oleh organisasi. apabila mereka tahu akan hal ini, bisa disimpulkan bahwa setiap manusia juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin dan dapat membuat suatu tujuan yang baik agar bisa dipergunakan untuk kebaikan bersama.

    ReplyDelete
  5. NAMA : FORMAN WAHYUDI SILALAHI
    NIM : 3201105068

    Organisasi,suatu kegiatan atau sistem kerja yang memiliki tujuan, dimana tujuan ini ditetapkan untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu. Organisasi dibentuk karena ketidakmampuan seseorang dalam mencapai suatu tujuan tertentu secara individu, kemudian mengajak orang-orang untuk ikut bergabung dalam mencapai tujuan tersebut. Pusat kekuasaan timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan mereka.
    Dalam organisasi, manajemen yang baik wajib dibentuk agar kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan yang diinginkan, seperti perencanaan, perngorganisasian, perngkoordinasian, pengarahan, serta pengawasan.
    Tiga karakter organisasi :
    1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya.
    2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan-tujuan mereka.
    3. Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya (right man in the right place).

    ReplyDelete
  6. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Organisasi identik dengan sekelompok orang individu yang terstuktur dan sistematis yang berada dalam sebuah sistem.
    Pengertian Organisasi adalah tempat untuk sekelompok individu berinteraksi dalam wewenang tertentu dan memiliki kepentingan yang sama untuk mewujudkan tujuan bersama.
    Syarat - syarat Organisasi :
    1. adanya struktur, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas seperti pimpinan,staf pimpinan dan karyawan.
    2. dalam organisasi ada pembagian kerja artinya setiap individu dalam institusi baik yang sifatnya komersil maupun sosial memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.
    Karakter Organisasi :
    1. Kelompok orang -> pusat kekuasaan
    2. Sistem kekuasaan
    3. Dapat tergantikan (contohnya : Visi dan Misi atau Program Kerja). :)

    ReplyDelete
  7. Nama : Muhammad Hadinaufal
    Nim : 3201105005

    Manusia adalah makhluk paling sosial yang ada di bumi ini. Salah satu cara untuk menyampaikan bagaimana sosialnya manusia, mereka mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dari manusia. Dalam organisasi, manusia diharapkan bisa berkembang dalam kehidupan.
    Organisasi ada yang bersifat tertutup dan terbuka. Secara umum organisasi dapat dikatakan sebagai organisasi yang baik jika memiliki 3 karakteristik :
    1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya.
    2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan-tujuan mereka.
    3. Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya.

    ReplyDelete
  8. Nama : Abdurrahim
    NIM : 3201105038

    Organisasi terkadang tanpa kita sadari telah kita pakai dalam kehidupan kita sehari-hari.Kita mengatur diri kita, orang lain dengan perbedaan pendapat tetapi untuk satu tujuan tertentu.

    Dalam Organisasi kita dapat mengatur segala sesuatu dengan terstruktur dengan pemimpin yang bisa mengendalikan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.

    jadi dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah suatu wadah yang mempunyai tujuan tertentu yang sama dengan cara-cara yang sistematis dan memenuhi karakteristik yang ada.

    ReplyDelete
  9. Nama : Jems Kalos Berlian
    NIM : 3201105022

    Organisasi dapat didefinisikan sebagai wadah bagi sekelompok orang untuk saling bekerja sama dalam suatu proses yang efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

    Contoh sederhana organisasi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat pada instansi sekolah, pemerintah, universitas, bank, dan lain-lain.

    Terdapat empat karakteristik utama dari sebuah organisasi, yaitu:

    1. Tujuan
    Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Tiga bidang utama dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan), growth (pertumbuhan), dan survive (bertahan hidup). Ketiganya harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi

    2. Kumpulan Orang
    Jelas, tidak mungkin jika organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua, yang memiliki tujuan bersama.

    3. Struktur
    Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.

    4. Sistem dan Prosedur
    Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya.

    ReplyDelete
  10. NAMA : SUCI YEVIRA
    NIM : 3201105073

    Organisasi merupakan suatu tempat/ wadah perkumpulan yang mana terdapat beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama.di dalam suatu organisasi juga terdapat seorang pemimpin sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan tersebut. Di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya dapat dilakukan secara bekerja sama dan membagi tugas diantara mereka sendiri, sehingga tujuan yang diinginkan cepat tersampai.
    Secara umum organisasi punya tiga karakter,antara lain :
    1. Pekerjaan dan kekuatan serta tanggung jawab komunikasi untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya.
    2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi yang mengarahkan dalam menghadapi tujuan.
    3. Di dalam suatu Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensi (kemampuan) yang dimiliki staf tersebut.

    ReplyDelete
  11. Nama: MUHAMMAD IKHSAN
    NIM: 3201105033

    Organisasi ialah tempat dimana orang melakukan kegiatan yang terstruktur yang sudah di atur pembagian-pembagian tugasnya masing-masing, karena organisasi pasti memiliki tujuan yang sama dan tidak mungkin organisasi di lakukan 1 orang saja oleh karena itu syarat utama dalam organisasi ialah terdiri dari 2 orang atau lebih, sebagaimana yang telah kita ketahui, kita adalah mahluk sosial yang tidak mungkin bisa melakukan segala hal dengan sendirinya.

    3 karakter dalam organisasi

    1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya.

    2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan-tujuan mereka.

    3. Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya.

    Sekian dan Terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Nama : TIYA PEBRISARI
    NIM : 3201105057

    Organisasi merupakan kesatuan social yang dikoordinasikan secara sadar oleh dua orang atau lebih yang berfungsi secara terus menerus untuk mencapai tujuan bersama. Suatu organisasi tidak akan ada apabila tidak ada manusia dan keinginan
    Karakterstik utama organisasi mencakup
     Tujuan
    Setiap organisasi harus memiliki tujuan. Tujuan dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
     Kumpulan Orang
    Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, minimal dua atau lebih yang memiliki tujuan bersama.
     Struktur
    Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.
     Sistem dan Prosedur
    sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut, dan birokrasi

    Organisasi memiliki 3 tujuan utama,antara lain :
     profitability (keuntungan)
     growth (pertumbuhan)
     survive (bertahan hidup)
    ketiga tujuan diatas harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi

    ReplyDelete
  13. oka pranayu
    nim : 3201105087

    Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan bersama dengan kesepakatan bersama. organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi.Dimana didalam organisasi juga harus memiliki struktur dengan tujua agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya.struktur dibentuk agar organisasi berjalan rapi,karena terdapat struktur komando,siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang.
    Secara umum organisasi punya tiga karakter:
    1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya. Sebagai contoh, tim sepak bola, setiap pemain punya tugas tertentu untuk dipertontonkan, pelatih punya kekuasaan untuk memutuskan siapa yang akan menjadi pemain dari tim dan permainan apa yang akan dipelajari dan dipraktekkan.


    2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan-tujuan mereka. Dalam organisasi bisnis, pusat kekuasaan berada pada dewan direktur yang memutuskan bagaimana uang akan digunakan dan produk apa yang akan dibuat, siapa yang menetapkan gaji yang memuaskan dan situasi bekerja; manager sumber daya manusia, siapa yang memutuskan standar dan kriteria seleksi untuk merekrut pekerja.

    3. Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya. Sebagai contoh, jika seseorang bekerja terlalu lambat dan tidak sesuai dengan standard, karyawan itu mungkin akan dipindahkan ke departemen lain sesuai dengan kompetensi dimana kecepatan bekerja tidak diperlukan. Orang lain yang bekerja cukup cepat akan ditempatkan ditempat tersebut.

    ReplyDelete
  14. Nama : MARDIYANI
    NIM : 3201105056

    Organisasi sebagai satu unit sosial yang terdiri daripada manusia yang bekerjasama dan saling bergantung antara satu dengan lain bagi mencapai matlamat individu, kumpulan, dan organisasi.

    Definisi di atas menjelaskan unsur-unsur yang perlu ada di dalam sesebuah organisasi: organisasi sebagai satu unit sosial, penyatuan usaha, dan hubungan antara seorang individu dengan individu yang lain.
    Apabila organisasi itu dianggap sebagai unit sosial, ini bermakna ia mempunyai beberapa orang pekerja yang telah diberi peranan tertentu untuk menjalankan sesuatu tugas. Mereka perlu bekerjasama dan berhubung antara satu dengan lain bagi menyiapkan sesuatu tugas itu
    CIRI-CIRI ORGANISASI
    1. Sesebuah organisasi yang telah dibentuk akan melambangkan identitinya yang tersendiri. Misalnya, sebuah universiti seharusnya melambangkan tempat untuk menimba ilmu, sebagai sebuah pusat penyelidikan, dan juga sebagai sebuah institusi yang memberi perkhidmatan dan sumbangan kepada masyarakat sama ada dalam bentuk bimbingan atau khidmat nasihat, dan pengajaran dan pembelajaran lain. Untuk mencerminkan identiti atau nilai-nilai tinggi sebagai sebuah menara gading,
    2. Di dalam sesebuah organisasi, sama ada organisasi kecil atau besar, ia mempunyai hierarki atau tingkat autoriti. Jika dibandingkan antara kedua-dua organisasi kecil dan besar, sudah tentu ia berbeza dari segi bilangan hierarki (tingkat) aktiviti dan bilangan kakitangan pengurusan pada setiap tingkat.
    3. Di dalam sesebuah organisasi, terdapat pembagian kerja berdasarkan jenis pekerjaan atau bagian yang diwujudkan.
    4. Bagi menentukan aktiviti organisasi supaya berjalan dengan lebih teratur seperti yang dirancangkan, ia memerlukan sistem pengawasan, penyelarasan dan pengawalan ke atas perjalanan aktiviti.
    Keempat-empat ciri yang disebutkan di atas hendaklah wujud di dalam sesebuah organisasi. Penentuan sama ada organisasi itu berkesan, efisien atau tidak, bergantung kepada sejauh mana keempat-empat ciri itu diseleng-garakan, disusun, dan diamalkan.

    ReplyDelete
  15. NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
    NIM : 3201105078

    Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
    Secara umum organisasi punya tiga karakter:
    1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya.
    2. Pusat kekuasaan timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan-tujuan mereka. Dalam organisasi bisnis, pusat kekuasaan berada pada dewan direktur yang memutuskan bagaimana uang akan digunakan dan produk apa yang akan dibuat, siapa yang menetapkan gaji yang memuaskan dan situasi bekerja manager sumber daya manusia, siapa yang memutuskan standar dan kriteria seleksi untuk merekrut pekerja.
    3. Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya. Sebagai contoh, jika seseorang bekerja terlalu lambat dan tidak sesuai dengan standard, karyawan itu mungkin akan dipindahkan ke departemen lain sesuai dengan kompetensi dimana kecepatan bekerja tidak diperlukan. Orang lain yang bekerja cukup cepat akan ditempatkan ditempat tersebut.

    ReplyDelete
  16. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    Organisasi yang baik dapat dikatakan adanya pengarahan, koordinasi, pengawasan, motivasi yang baik dari atasan kepada bawahan agar terciptanya suasana yang kondusif serta dapat meningkatkan kinerja untuk mencapai tujuan dari organisasi itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. NAMA : TRI KASIH SUSANTI KD
    NIM : 3201105116

    Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
    Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti visi dan misi serta tujuan.
    Secara umum terdapat tiga karakteristik organisasi,yaitu:
    1.Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi dibagi diantara para anggota untuk membantu organisasi mencapai visi, misi dan tujuannya.
    2. “Pusat kekuasaan” timbul di suatu organisasi untuk mengarahkan mereka menghadapi tujuan-tujuan mereka.
    3.Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya.
    Selain itu juga terdapat karakteristik yang lain yaitu Organisasi akan menempatkan stafnya pada posisi yang sesuai dengan kompetensinya.

    ReplyDelete
  18. Nama:Raden Hardiyanto
    Nim :3201105025

    organisasi adalah suatu kelompok orang (dua atau lebih)yang secara formaal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    pengaruh organisasi dalam kehidupan :
    mendapat banyak teman, mendapatkan ilmu yang bermanfaat, lebih banyak pengalaman,menambah keterampilan dan mengasah keterampilan.

    ReplyDelete
  19. Nama : Siti Rohma
    Nim : 3201105043


    Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lain, setiap kebutuhan tersebut harus dipenuhi agar terpuaskan. Makhluk hidup yang ada di dunia saling membutuhkan satu sama lainnya (simbiosis mutualisme). Organisasi adalah sekumpulan beberapa orang yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan. Organisasi pada umumnya mempunyai 3 karakteristik, diantaranya :
    1. Pekerjaan, kekuatan, dan tanggung jawab komunikasi; dilakukan oleh para anggota yang telah diperoleh dari atasan dalam pencapaian tujuan organisasi.
    2. Pusat kekuasaan; berada di tangan atasan untuk mengambil keputusan dalam hal pemberian pengarahan kepada karyawan dalam pencapaian tujuan organisasi.
    3. Organisasi akan menempatkan anggotanya pada posisi yang sesuai dengan keahliannya masing-masing, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  20. NAMA:SEFY SUMANTI
    NIM :3201105029

    Organisasi merupakan suatu kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dalam peraturan yang ada.Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.organisasi yang baik bisa di katakan organisasi yang terorganisir,organisasi yang mempunyai visi dan misi atau tujuan yang jelas,organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang,organisasi yang mempunyai kreatifitas dan inofatif dalam membuat perencanaan,organisasi yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi kesepakatan.

    ReplyDelete
  21. Nama: Eldy Setiawan
    Nim: 3201105079
    Organisasi terbentuk dari sekelompok atau segerombolan dari divisi-divisi setiap bagian dan bergabung menjadi satu.organisasi ada karena adanya suatu rancangan dan tujuan dari suatu tempat yaitu perusahaan ataupun suatu tempat sekolah dan kelompok perkumpulan kegiatan. Dalam organisasi tersebut d bagi setiap bagian dan tiap bagian pasti memiliki ketua dalam bagian tersebut,untuk mengontrol suatu kegiatan yang akan di adakan.
    Organisasi bisa dilakukan dimana saja,tidak harus di dalam dunia perkantoran.
    Setiap orang bisa masuk dalam suatu organisasi apabila seseorang itu memiliki kreatifitas dan ide-ide yang dapat bermanfaat dalam organisasi tersebut.
    Tujuan dibentuknya organisasi yaitu agar suatu kegiatan bisa berjalan sesuai dengan rencana awal yang dibuat.
    Fungsi organisasi pada seseorang yaitu dapat melatih tingkat percaya diri dalam menuangkan ide-ide yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  22. Nama : Bunga Aryani
    NIM : 3201105059
    Secara sosial filosofis; Organisasi ada karena diadakan oleh manusia (individu dan kelompok). Dan mengapa diadakan dikarenakan
    1.Sifat dan kodrat manusia sebagai mahluk sosial
    2.Karena banyak hal (tujuan) yang hanya dapat dilakukan secara bersama-sama melalui sebuah wadah atau organisasi.
    Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
    (Organisasi tidak aka ada jika tidak ada manusia dan keinginan)
    Terdapat beberapa karakteristik dari organisasi diantaranya adalah : Sebuah entitas sosial;Bertujuan atau diarahkan oleh tujuan (goal directed);Memiliki sistem kegiatan terstruktur yang disengaja dan;dengan batas-batas yang jelas. Serta terdapat tujuan, orang,rencana.
    Sedangkan beberapa pendapat lain mengenai karakteristik organisasi adalah:
    1.Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
    2.Dikembangkan untuk mencapai tujuan
    3.Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
    4.Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

    ReplyDelete
  23. Nama : Oktaviana M.S
    NIM : 3201105064
    organisasi merupakan pengaturan yang disengaja terhadap sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu.
    tujuan pengorganisasian:
    1.membagi pekerjaan yang harus dilakukan ke sejumlah departemen dan pekerjaan tertentu.
    2.membagi-bagi tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan masing-masing pekerjaan.
    3.mengelompokkan sejumlah pekerjaan kesejumlah unit.
    4.membangun hubungan dengan sekelompok orang.

    ReplyDelete
  24. Nama : Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    Organisasi biasanya diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang memiliki pembagian kerja secara sistematis, dalam rangka mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan dari sejak awal.

    ReplyDelete
  25. Nama : Yurita Oktaviani
    NIM : 3201105049

    Di dalam kelompok/organisasi itu selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari pemimpin dan bawahan/karyawan.
    Dalam organisasi diperlukan adanya kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi, maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Kerja sama tersebut terdiri dari berbagai maksud yang meliputi hubungan sosial/kebudayaan. Hubungan yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing-masing individu, untuk memperoleh suatu hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan dan dalam suatu organisasi sasaran yang dituju akan beraneka ragam, tapi tujuan utamanya tentulah untuk mempersatukan individu-individu yang tergabung dalam organisasi tersebut.

    ReplyDelete
  26. NAMA : MUNAWAR
    NIM : 3201105105

    Organisasi merupakan sarana untuk mempermudah kelompok dalam melakukan suatu pekerjaan, dengan berorganisasi kita lebih terkontrol dan lebih terarah. hubungan kerja sama antar individu dan kelompok sangat perlu dijaga, agar organisasi berjalan dengan baik dan benar, sehingga apa yang ingin di cita-citakan bisa tercapat sesuai dengan kerja keras setiap anggota. Bentuk dan cara kerja organisasi perlu sekali ditanamkan kepada semua orang terutama kalangan pelajar, agar kedepannya bisa lebih mengerti tentang organisasi.

    ReplyDelete
  27. Nama : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Untuk merespon secara efektif kondisi organisasi, maka komunitas atau organisasi harus mampu mencermati lingkungan eksternal dan internalnya. Pakar manajemen sering mengungkapkan bahwa seorang organizer tidak cukup mengamati (watch) tetapi juga harus menafsirkan apa yang dilihat.

    Untuk menafsirkan dengan cara membaca dan melakukan pemetaan kondisi organisasi. Agar organisasi tetap berjalan sinergis dengan visi dan misinya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membangun karakter seseorang :

    1. Dalam organisasi wajib memiliki pemimpin yang mau bertindak sebagai pendukung proses (process sponsors) untuk menyokong upaya organisasi menjalankan, memperbaiki, mengevaluasi segala tindak-tanduk organisasi.

    2. Dalam organisasi memiliki semangat pejuang proses (process champions) yang bertanggung jawab agar segala proses dalam organisasi berjalan.

    3. Para organizer dapat memulai dengan kesepakatan yang benar-benar tegas di antara mereka tentang perencanaan strategis organisasi dan apa yang mereka harapkan dari proses itu.

    4. Organisasi harus berhasil mengidentifikasikan masalah kritis yang memerlukan tindakan efektif agar organisasi tidak menjadi korban ancaman serius, kehilangan peluang penting, atau kedua-duanya.

    5. Tiap orang dalam organisasi harus bekerja keras mengembangkan strategi yang dapat diterima secara logika, dapat bekerja secara teknis dan dapat dipertanggungjawabkan secara etis.

    6. Inklusif, artinya organisasi terbuka bagi orang lain atau stakehoder (pihak-pihak yang berkepentingan) terhadap bantuan, dukungan, dll.

    7. Dalam organisasi bertekad agar proses terus berlangsung sehingga organisasi tidak kehilangan penglihatan mengenai apa yang benar-benar penting: yaitu pemikiran dan tindakan strategis !!
    (disajikan dalam komunitas diskusi lingkar wacana)

    ReplyDelete
  28. NAMA : SURIATI WIWIN
    NIM : 3201105100

    Organisasi adalah suatu sistem yang terdiri dari pola aktifitas kerjasama yang dilakukan secara
    teratur dan berulang-ulang oleh sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan.
    Dari pengertian di atas disimpulkan bahwa organisasi memiliki 4 unsur, yaitu :
    sistem, pola aktifitas, sekelompok orang/individu dan tujuan.
    1. Organisasi merupakan suatu sistem,terdiri dari sub sistem atau bagian-bagian yang dalam melaksanakan aktifitasnya saling berkaitan satu sama lain. Demi
    keberhasilan misinya, suatu organisasi harus selalu peka dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan eksternal, seperti : selera konsumen, teknologi, sosial politik, penduduk, sosial budaya, dan lain sebagainya. Ada
    kecenderungan semakin besar dan kuat suatu organisasi akan semakin mampu untuk beradaptasi dengan faktor lingkungan.
    2. Pola aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di dalam organisasi pada umumnya mengikuti pola tertentu dengan urutan pola kegiatan relatif teratur dan berulang-ulang. Sedangkan aktivitas yang dilakukan secara temporer/ sementara tidak dapat dikatakan organisasi, seperti kegiatan demo dll.
    3. Sekelompok orang, organisasi pada dasarnya merupakan kumpulan orang-orang, setiap manusia mempunyai keterbatasan baik kemampuan fisik, daya pikir maupun waktu. Oleh karena itu mereka berorganisasi, agar dapat saling
    bekerja sama dan melengkapi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    4. Tujuan organisasi. Organisasi didirikan untuk mencapai suatu tujuan.
    Tujuan organisasi terbagi dua, yaitu :
    a. Tujuan jangka panjang bersifat abstrak – Misi.
    b. Tujuan jangka pendek = Tujuan operasional (Obyektif).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts