Inovasi dan Kreatifitas - Pertemuan Ke 4

Definisi Inovasi 

Inovasi dapat  didefinisikasikan sebagai   mampu melakukan  pembaharuan;  Mengubah atau   mengganti  sesuatu  dengan memperkenalkan sesuatu yang baru;  dengan pemikiran selalu melihat   metode   baru  untuk   memperbaiki pekerjaan   menjadi lebih praktis dan/atau memperbaiki kualitas produk. 

inovasi   membutuhkan   inisiatif  dan  kreatifitas artinya suatu inovasi sering kali merupakan hasil dari suatu kreatifitas inisiatif. Kreativitas sebagai suatu proses membuat suatu produk   menjadi   ada   yang   asli   dan   berdaya   cipta.


inisiatif --- spontanitas --- ekpresif --- kreativitas --- Inovasi --- Perubahan



Manfaat dari kreatifitas:
 
 • Memanfaatkan imaginasi mereka;
 • Membangun rasa individulitas mereka
 • Mememikirkan ide-ide yang berbeda dan cara-cara baru melakukan sesuatu yang sama
 • Memanfaatkan ide-ide mereka dan imaginasi dengan cara mereka membuat sesuatu
 • Merasa baik dengan diri mereka sendiri
 • Menghargai  yang baik dan yang indah


originally posted by Zulfikar
edited by Admin

Comments

  1. Nama : Bambang Tri Atmojo
    NIM : 3201105045

    kita sebagai seseorang yang memiliki kemampuan harus bisa berinovasi dan kreatif terhadap segala hal yang berpotensi baik. setiap keadaan yang terjadi tidk selalu baik, terkadang kita akan dilanda permasalahan yang sangat berat. apabila kita mampu mengoptimalkan kemampuan kita untuk berinovasi dan berfikir kreatif, kita pasti bisa melewatin bermacam-macam masalah yang melanda diri kita. mulailah dari hal kecil untuk berinovasi. mulailah sejak dini dan belajar dengan baik bagaimana cara yang tepat untuk menimbulkan kreatifitas kita. agar di kemudian hari kita terbiasa berinovasi dan membuat sesuatu yang baik dan dapat bermanfaat bagi orang banyak

    ReplyDelete
  2. Nama : M.Rifqi Renanda
    NIM : 3201105058

    Inovasi terbentuk karena adanya kreativitas yang di ciptakan dari ide-ide yang belum pernah dipikirkan sebelumnya. Sesuatu dapat dikatakan kreativitas ketika apa yang dilakukan itu dapat di ulang-ulang dan hasilnya sama seperti sebelumnya.
    Inisiatif, spontanitas, ekspresi dimiliki semua orang. Dari anak kecil hingga orang yang sudah dewasa. Kreativitas tidak di miliki semua orang, hanya orang-orang yang memiliki pemirikan dan ide-ide yang dapat merubah hal yang lama menjadi halnya baru. Dengan adanya kreativitas maka adanya inovasi sehingga terjadilah perubahan-perubahan, dari pemikiran yang lama menjadi hal yang baru yang lebih baik sehingga terjadilah perubahan.

    ReplyDelete
  3. NAMA : HENDIKA
    NIM : 3201105032

    Inovasi tercipta karena adanya kreativitas yang tinggi, karena tanpa adanya kreativitas orang tidak bisa memunculkan hal-hal yang baru,,karena jika seseorang dapat berpikir dengan cerdas dan kreatif maka dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan jika pikirannya tidak menentu dan selalu memikirkan hal-hal yang tidak berguna maka hasilnyapun mengecewakan..
    Jadi kesimpulannya inovasi dan kreativitas mempunyai hubungan yang erat.

    ReplyDelete
  4. Nama : Achmad Orissaputra
    NIM : 3201105017

    Inovasi merupakan sebuah proses dimana telah tercapainya proses penemuan ide atau keinginan(inisiatif) yang kemudian dlanjutkan dengan tindakan atau realisasi spontanitas dan tindakan tersebut diubah menjadi tindakan nyata(ekpresif)yang kemudian menghasilkan kreatifitas yang akan menjadi sebuah gabungan dan tindakan untuk mengubah suatu hal menjadi lebih baik(Inovatif)disitulah proses perubahan kemudian dihasilkan dan akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

    ReplyDelete
  5. Nama : Muhammad Hadinaufal
    Nim : 3201105005

    Manusia adalah makhluk yang tak pernah berhenti untuk berinovasi dan berkreatifitas dalam hidupnya. Setiap manusia tidak akan pernah puas akan sesuatu yang telah ia lakukan, mereka akan terus berusaha utk berinovasi dan berkreatifitas agar mereka dipandang di lingkungannya. Tidak hanya itu, jika mereka gagal mengembangkan suatu inovasi itu adalah salah satu cara membangkitkan kreatifitas mereka utk menjadi sempurna.

    ReplyDelete
  6. Nama : jems Kalos Berlian
    NIM : 3201105022

    >>>Inovatif adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersil dari kreativitas. Inovasi membuat kreativitas tidak cukup untuk meraih sukses. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersil.

    >>>Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa stand out of the crowd, tampil diantara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka.

    Tanpa kedua hal diatas, kehidupan manusia tidak akan pernah berkembang seperti saat ini, waktu berganti waktu ada saja buah pemikiran yang baru yang menjadi penentu arah kehidupan generasi berikutnya.

    Ciri-Ciri manusia inovatif :
    1. Giat belajar dan bekerja
    2. Selalu berorientasi kedepan
    3. Kaya ide-ide yg cemerlang
    4. Berfikir rasional dan berprasangka baik
    5. menghargai waktu dan menggunakannya dgn sebaik-baiknya
    6. Suka melakukan eksperimen-eksperimen dan penelitian

    Ciri-Ciri orang yg kreatif :
    1. Memiliki banyak ide dan kemauan
    2. Memiliki jiwa yg suka dng tatangan
    3. Selalu mencoba dgn sesuatu yg baru
    4. memiliki jiwa yg professional

    ReplyDelete
  7. NAMA : SUCI YEVIRA
    NIM : 3201105073

    Inovasi yakni mampu menyesuaikan, Mengubah atau mengganti sesuatu yang lama menjadi sesuatu yang baru dengan pemikiran selalu melihat metode baru untuk memperbaiki kualitas produk.
    inovasi juga membutuhkan inisiatif serta kreatifitas.Kreativitas merupakan suatu proses membuat suatu produk menjadi ada yang asli dan berdaya cipta.
    Inisiatif dapat terjadi secara spontanitas kemudian dapat di ekpresif sehingga menciptakan kreativitas dan membuat suatu Inovasi sehingga terjadinya suatu Perubahan.
    Manfaat dari kreatifitas,antara lain :
    • Memanfaatkan imaginasi
    • Membangun rasa individulitas
    • Mememikirkan ide yang berbeda dan cara yang baru untuk melakukan sesuatu yang sama
    • Memanfaatkan ide dan imaginasi
    • Merasa baik dengan diri sendiri
    • Menghargai yang baik dan yang indah

    ReplyDelete
  8. Nama : Abdurrahim
    NIM : 3201105038

    kita sebenarnya mempunyai kemempuan berkreatifitas pada sesuatu hanya saja sebagian orang belum mampu menyalurkan kreatifitas mereka dengan benar. Dan bagi orang yang bisa menyalurkan kreatifitas, maka inovasi adalah cara mereka mengembangkan kreatifitas.
    banyak cara yang bisa membuat kita meningkatkan kreatifitas, salah satunya adalah dengan selalu berfikir maju dan kritis dalam setiap kemungkinan yang terjadi

    ReplyDelete
  9. NAMA : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada era globalisasi ini persaingan dalam segala bidang semakin ketat. Apalagi dalam dunia ekonomi dan bisnis, semakin hari persaingan menjadi semakin ketat. Tidak ada cara lain untuk bertahan dan memenangkan persaingan kecuali dengan mengembangkan sikap kreatif dan inovatif. Dengan bersikap kreatif dan inovatif, kita akan menjadi “beda” dengan yang lain, menjadi unik dan akan berpotensi menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis dan usaha yang semakin ketat. Sikap kreatif dan inovatif pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang, namun tidak semua orang mampu mengembangkannya. Untuk bisa mengembangkan sikap kreatif dan inovatif diperlukan suatu kesungguhan dan ketekunan. Namun kesungguhan dan ketekunan saja tidaklah cukup, diperlukan juga tips, trik dan tutorial bagaimana mengembangkan sikap kreatif dan inovatif dari orang – orang yang memang ahli di bidang pengembangan diri.

    ReplyDelete
  10. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Inovasi merupakan suatu perubahan yang baru menuju kearah perbaikan, yang lain atau berbeda dari yang sudah ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana atau tidak secara kebetulan.
    Wujud inovasi yaitu :
    1. pengetahuan baru
    2. objek baru
    3. cara baru
    4. teknologi baru
    5. penemu baru
    Atribut Inovasi :
    1. keuntungan relatif
    2. kesesuaian
    3. kerumitan
    4. kemungkinan dicoba
    5. kemudahan diamati
    Kereatifitas adalah kemampuan untuk berimajinasi atau menemukan sesuatu yang baru.
    Manfaatnya adalah :

    - Memanfaatkan imaginasi mereka;
    - Membangun rasa individulitas mereka
    - Mememikirkan ide-ide yang berbeda dan cara-cara baru melakukan sesuatu yang sama
    - Memanfaatkan ide-ide mereka dan imaginasi dengan cara mereka membuat sesuatu
    - Merasa baik dengan diri mereka sendiri
    - Menghargai yang baik dan yang indah

    ReplyDelete
  11. NAMA : TIYA PEBRISARI
    NIM : 3201105057

    Kreativitas merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan mencari tahu cara-cara baru dalam melihat suatu permasalahan serta peluang-peluang.
    Sedangkan Inovasi merupakan perubahan yang terjadi terhadap suatu produk yang baru atau yang telah ada sehingga menjadi lebih baik.Untuk melakukan inovasi diperlukan suatu inisiatif dan kreativitas.

    Karakteristik orang yang kreatif antara lain:
    _Terbuka dengan pengalaman.
    _ Observasi – melihat sesuatu hal dengan sudut pandang lain.
    _ Memiliki rasa penasaran tinggi.
    _ Mau menerima dan mempertimbangkan pendapat berbeda.
    _ Indepen dalam mengambil keputusan, pikiran dan tindakan.
    _ Percaya diri.
    _ Mau mengambil resiko terhitung.
    _ Sensitif terhadap masalah.
    _ Fleksibel
    _ Responsif pada pemikiran.
    _ Motivasi tinggi.
    _ Kemampuan untuk konsentrasi.
    _ Selektif
    _ Bebas dari rasa takut dan gagal.
    _ Memiliki daya pikir imajinasi yang baik.


    Dasar sebuah inovasi adalah:
    _ Berorientasi kepada tindakan
    _ Membuat produk, proses, dan jasa secara sederhana dan
    dapat dipahami
    _ Memulai dengan yang kecil
    _ Bertujuan besar
    _ Menjalankan konsep uji ciba
    _ Belajar dari kegagalan
    _ Mengikuti jadwal utama
    _ Menghargai aktivitas yang memiliki nilai khusus
    _ Kerja, kerja, dan kerja!

    • kreativitas lebih merujuk kepada pembentukan ide-ide
    baru, dan inovasi untuk menghasilkan uang dari ide-ide
    tersebut.
    • Kreativitas adalah titik awal bagi inovasi. Dan Inovasi
    merupakan kerja keras yang mengikuti pembentukan ide.
    • Inovasi dapat lahir dari gagasan cemerlang dan rumit atau
    juga melalui ide-ide selintas dan sepele.

    ReplyDelete
  12. NAMA : OKA PRANAYU
    NIM : 3201105087
    Pengertian Inovasi:
    Usaha seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri ataupun lingkungannya.Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru (inovatif). Proses berpikir yang menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif. (berpikir inovatif)
    Syarat-syarat inovasi
    – Menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.
    – Menghasilkan produk yang relatif baru.
    – Menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan individu ataupun kelompok.
    Syarat-syarat berpikir inovatif
    – Elastisitas yang tinggi
    – Produktivitas yang tinggi
    – Orisinalitas yang tinggi
    – Sensitivitas yang tinggi
    Pengertian Kreativitas:
    Memunculkan sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya.Suatu proses yang menghasilkan karya baru yang bisa diterima oleh komunitas tertentu atau bisa diakui oleh mereka sebagai sesuatu yang bermanfaat.Kemampuan berpikir untuk menghasilkan karya yang variatif, baru dan bisa diaplikasikan (berpikir kreatif).Pemikiran yang menghasilkan cara baru, konsep baru, pemahaman baru, penemuan baru, atapun karya seni yang baru. (berpikir kreatif)
    Syarat-syarat berpikir kreatif
    Melibatkan respons atau gagasan yang baru.
    Memecahkan persoalan secara realistis.
    Mempertahankan dan mengembangkan orisinalitas.
    Berpikir secara divergen: fluency, flexibility, originality
    Berpikir analogis: berpikir tidak konvensional, mampu melihat berbagai hubungan yang tidak terlihat.

    Proses berpikir kreatif
    • Orientasi: merumuskan masalah, mendefinisikan aspek-aspeknya.
    • Preparasi: mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang relevan.
    • Inkubasi: pikiran beristirahat, proses berjalan di bawah sadar.
    • Iluminasi: munculnya ilham, aha erlebnis
    • Verifikasi: mengui dan menilai secara kritis hasil dari iluminasi.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif
    – Kemampuan kognitif: kecerdasan di atas rata-rata, mampu melahirkan gagasan baru, berlainan, dan fleksibilitas kognitif.
    – Sikap yang terbuka: mudah menerima stimuli internal dan eksternal, memiliki minat beragam dan luas.
    – Sikap yang bebas, otonom, percaya diri.

    ReplyDelete
  13. Nama : MARDIYANI
    NIM : 3201105056

    dengan bersikap kreatif dan inovatif, kita akan menjadi “beda” dengan yang lain, menjadi unik dan akan berpotensi menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis dan usaha yang semakin ketat. Sikap kreatif dan inovatif pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang, namun tidak semua orang mampu mengembangkannya. Untuk bisa mengembangkan sikap kreatif dan inovatif diperlukan suatu kesungguhan dan ketekunan. Namun kesungguhan dan ketekunan saja tidaklah cukup, diperlukan juga tips, trik dan tutorial bagaimana mengembangkan sikap kreatif dan inovatif dari orang – orang yang memang ahli di bidang pengembangan diri.

    ReplyDelete
  14. NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
    NIM : 3201105078

    Inovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang meruapakan lama bagi orang lain dalam konteks lain).
    Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah
    atau menciptakan nilai-nilai manfaat(social/ekonomik) . Untuk menghasilkan perilaku inofatif seseorang harus melihat inovasi secara mendasar sebagai proses yang dapat dikelola.
    Krativitas dan inovasi
    Inovasi dan kerativitas berbeda wilayah domain yang sama,tetapi memiliki batasan yang tegas. Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju inovasi yang terdiri atas berbagai tahap. Kreatifitas berkaitan dengan produksi kebaruan dan ide yang bermanfaat sedangkan inovasi berkaitan dengan produksi atau adopsi ide yang bermanfaat dan implementasinya.

    ReplyDelete
  15. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    INNOVATION is a great way to get new positive of change for our life.
    but a great innovation influence all of side in human life can be better.

    ReplyDelete
  16. Nama : Forman Wahyudi Silalahi
    NIM : 3201105068

    Di jaman globalisasi seperti sekarang ini perubahan-perubahan telah banyak terjadi pada semua bidang kehidupan, tujuan dari perubahan ini adalah untuk memperbaiki pekerjaan/ cara agar jadi lebih mudah dan praktis, dan/ atau memperbaiki kualitas sesuatu yang akan dihasilkan. Perubahan dalam hal ini sering disebut dengan inovasi.
    Inovasi sebenarnya bertujuan baik, tapi perlu diketahui juga tidak semua orang, dengan alasannya, dapat menerima perubahan. Oleh karena itu, sebelum memberikan atau memunculkan suatu inovasi sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini. Pertama adalah mencari tahu dulu ketakutan-ketakutan apa yang akan muncul dengan perubahan tersebut. Setelah itu mencari solusi atas ketakutan-ketakutan tersebut, semakin baik dalam mendefinisikan ketakutan-ketakutan itu semakin besar peluang untuk melakukan inovasi.
    Contoh:
    Ketakutan-ketakutan dari perubahan:
    1. Harus memiliki skill baru
    2. Perubahan posisi atau peran
    3. Hasil tidak memuaskan bagi perusahaan
    Solusi dari ketakutan-ketakutan diatas :
    1. Diberikan kesempatan pelatihan
    2. Beri posisi yang lebih baik
    3. Membuat sampel atau percontohan,dan melakukan referensi dari organisasi atau perusahaan lain.
    Kemudian dalam menjelaskan inovasi ada baiknya didahului dengan hasil akhir/ tujuan dari inovasi, setelah itu beritahu apa-apa yang akan didapat orang lain dengan inovasi tersebut, kemudian yang terakhir baru memberitahu inovasi apa yang akan dilakukan.
    Tahapan-tahapan inovasi :
    1. Inisiatif, adanya kemauan untuk merubah sesuatu.
    2. Spontanitas, memikirkan ide-ide yang berbeda.
    3. Ekpresif, menuangkan atau menggambarkan ide-ide yang didapat.
    4. Kreativitas, memunculkan sesuatu yang baru dari apa yang sudah dilakukan berulang-ulang dari tahapan sebelumnya.
    5. Inovasi, pengaplikasian perubahan.
    6. Perubahan, setelah inovasi dijalankan dan diterima orang lain, inovasi tersebut akan merubah kebiasaan orang tersebut.

    ReplyDelete
  17. Nama:Raden Hardiyanto
    Nim:3201105025

    cara untuk meningkatkan kreatiifitas.

    1.Ubahlah cara berpikir Anda dari negatif ke positif
    2.Tulislah secara detail mengenai situasi kesulitan yang Anda hadapi
    3.Selalu bertanya
    4.Definisikan Batasan, Buat Alternatif Solusi
    5.Lakukan keputusan yang terbaik dari beberapa alternatif solusi yang Anda buat
    6.Buatlah Planning bila keputusan terbaik Anda tidak berjalan sesuai harapan Anda.
    7.mempelajari kemampuan fundamental yang Anda perlukan.
    8.Menerima semua tanggung jawab dari keputusan yang telah dibuat.
    9.Tentukan deadline
    10.Anda harus Take Action (Bertindak)

    ReplyDelete
  18. NAMA :SEFY SUMANTI
    NIM :3201105029

    Setiap orang memiliki potensi untuk berkreatifitas dan berinovasi.hanya saja mereka merasa tidak percaya diri akan potensi yang dimilikinya.
    Manusia dalam hidupnya selalu berusaha memenuhi kebutuhannya yang beragam melalui usaha dan tentunya bantuan orang lain. Namun dalam usahanya memenuhi kebutuhan, selalu muncul berbagai permasalahan, yang salah satu di antaranya adalah semakin menipisnya persediaan sumber daya alam yang ada. Hal ini telah mendorong setiap orang untuk melakukan tindakan kreatif dan berinovasi dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.Seseorang dianggap kreatif jika dapat membuat, menciptakan, atau melahirkan sesuatu yang baru yang belum ada sebelumnya.

    1. Berguna bermakna mempunyai kegunaan dan dapat dimanfaatkan manusia, lebih praktis, lebih mudah dari sebelumnya, memecahkan masalah, mengurangi ham- batan, mengatasi kesulitan, dan mendatangkan hasil lebih banyak.

    2. Dapat dimengerti bermakna bahwa kreativitas itu hasil yang sama dapat dimengerti dan dapat dibuat di lain waktu. Jika ditemukan sesuatu yang baru, namun tidak dimengerti maka itu belum termasuk kreativitas.

    3. Kombinasi bermakna bahwa kreativitas dapat dilahir- kan dengan kombinasi atau perpaduan beberapa cara atau metode sehingga melahirkan cara atau metode baru yang lebih mudah dimengerti.

    4 Menghubungkan dan mengaitkan bermakna bahwa sesuatu digolongkan sebagai kreativitas jika dapat dihubungkan dan dikaitkan dengan hal-hal sebelumnya.
    secara umum kreativitas adalah kemampuan melakukan kombinasi sumber daya yang menghasilkan barang atau jasa yang sifatnya baru, bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.Kreativitas yang didukung inovasi, akan mampu memecahkan berbagai persoalan, termasuk persoalan ekonomi. Karena dengan keunggulan dalam berpikir kreatif dan inovatif, akan membukakan jalan keluar dari segala permasalahan yang dihadapi.

    ReplyDelete
  19. NAMA : TRI KASIH SUSANTI KD
    NIM : 3201105116

    Kreativitas = perubahan ide
    Orang kreatif itu...
    •Pintar tetapi tak harus brilian
    •Berkemampuan baik dalam menjalankan ide-ide berbeda dalam waktu singkat
    •Berpandangan positif pada diri sendiri
    •Peka terhadap lingkungan dan perasaan orang-orang disekitarnya
    •Termotivasi oleh masalah-masalah yang menantang
    •Dapat memendam keputusan sampai fakta cukup terkumpul
    •Menghargai kebebasan dan tidak hanya memerlukan persetujuan rekan lainnya
    •Cenderung kaya hidup fantasi

    Inovasi meliputi pengembangan dan implementasi sesuatu yang baru.
    Dasar sebuah inovasi adalah:
    •Berorientasi kepada tindakan
    •Membuat produk, proses, dan jasa secara sederhana dan dapat dipahami
    •Memulai dengan yang kecil
    •Bertujuan besar
    •Menjalankan konsep coba, uji, dan revisi
    •Belajar dari kegagalan
    •Mengikuti jadwal utama
    •Menghargai aktivitas yang memiliki nilai khusus
    •Kerja, kerja, dan kerja!

    Kreativitas vs Inovasi
    -Kreativitas lebih merujuk kepada pembentukan ide-ide baru, dan inovasi untuk menghasilkan ide-ide tersebut.
    -Kreativitas adalah titik awal bagi inovasi dan Inovasi merupakan kerja keras yang mengikuti pembentukan ide.

    ReplyDelete
  20. Nama : Siti Rohma
    NIM : 3201105043


    Inovsai di era globlisasi sangt dibutuhkan, agar mengikuti perkembangan. Inovasi merupakan suatu kegiatan yang mampu melakukan perubahan terhadap sesuatu yang baru, dengan ide dan metode yang baru untuk diperbaiki menjadi lebih berkualitas. Inovasi tercipta dari ide (inisiatif). dari ide tersebut agar terrealisasi, maka diwujudkan dengan tindakan yang spontanitas, hal tersebut menjadi hal yang konkrit / ekspresif. Sehingga muncullah kreatifitas, yang selanjutnya inovasi.
    Inovasi merupakan hasil dari kreatifitas dan inisiatif.

    Proses Inovasi :

    -Inisiatif adalah ide baru yang dimiliki oleh seseorang untuk
    menghasilkan sesuatu yang baru yang bermanfaat.

    -Spontanitas adalah tindakan yang langsung terjadi tanpa ada
    pengaruh atau paksaan dari pihak manapun.

    -Ekspresif adalah sesuatu yang tepat (mampu) memberikan atau
    mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, dan perasaan pada
    saat itu dengan tepat, cepat.

    -Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan
    sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata,
    baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal
    yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya dengan
    menekankan kemampuan.
    Manfaat Kreatifitas :
    • Memanfaatkan imaginasi mereka;
    • Membangun rasa individulitas mereka
    • Mememikirkan ide-ide yang berbeda dan cara-cara baru
    melakukan sesuatu yang sama
    • Memanfaatkan ide-ide mereka dan imaginasi dengan cara mereka
    membuat sesuatu
    • Merasa baik dengan diri mereka sendiri
    • Menghargai yang baik dan yang indah

    -Inovasi adalah suatu kegiatan yang mampu melakukan perubahan
    terhadap sesuatu yang baru, dengan ide dan metode yang baru
    untuk diperbaiki menjadi lebih berkualitas.

    -Perubahan adalah suatu perubahan yang terjadi di lingkungan
    sekitar.

    ReplyDelete
  21. Nama: Eldy Setiawan
    Nim: 3201105079
    Inovasi itu sendiri merupakan sesuatu ide yang diciptakan baru.inovasi sangat berguna dalam kepribadian seseorang itu sendiri karena dari inovasi yang bagus dan lebih menarik dapat meningkatkan kreatifitas rinya. Inovasi tersebut dapat terlihat dari cara pandang orang melakukan ide yang bisa membuat teman ataupun orang lain menerima hasil karya kita. Contoh inovasi seperti seseorang membuat model-model baju terbaru dan yang dapat menarik perhatian komsumen dalam mengkonsumsi maupun memakai model baru tersebut.zaman sekarang ini sangat dibutuhkan seseorang yang pandai menciptakan kreatifitas dan ide-ide yang cemerlang,dan bisa menarik perhatian orang lain.ciri-ciri orang yang memiliki inovasi cemerlang yaitu orang tersebut selalu berpendapat dan memberikan ide-ide bagus,dan kreatifitasnya digunakan untuk kemajuan suatu kegiatan tersebut.inovasi berguna untuk menciptakan hal yang baru di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  22. NAMA: SURIATI WIWIN
    NIM : 3201105100

    Inovasi merupakan suatu perubahan yang baru menuju kearah perbaikan, yang lain atau berbeda dari yang sudah ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana atau tidak secara kebetulan.
    Inovasi adalah gagasan, perbuatan, atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.

    kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru yang mencerminkan kelancaran,
    keluwesan dan orisinalitas dalam berpikir serta kemampuan untuk mengkombinasikan suatu gagasan.

    Adapun ciri-ciri orang yang kreatif adalah sebagai berikut:
    -Berani menghadapi tantangan baru dan bersedia menghadapi
    resiko kegagalan, karena kegagalan
    merupakan kunci darikeberhasilan.
    -Kemampuan menyeimbangkan kreasi gagasan dengan pengujian
    dan penilaian.

    ReplyDelete
  23. Nama : Bunga Aryani
    NIM : 3201105059
    Inovasi dan Kreatifitas adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Inovasi diartikan sebagai “proses” atau “hasil” pengembangan dan pemanfaatan mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses,sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti.
    Sedangkan kreativitas adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda.

    ReplyDelete
  24. Nama : Oktaviana M.S
    NIM : 3201105064
    kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau berkreasi, dari kreatifitas tersebut maka akan timbul suatu inovasi yang dianggap suatu kemampuan untuk menghasilkan gagasan baru atau wawasan yang baru, inovasi juga bisa dikatakan sebagai pengembangan atau pemaksimalan fungsi akal, timbulnya inovasi juga disebabkan karena seseorang tersebut tidak mudah puas diri dan berfikir untuk mencoba menciptakan sesuatu yang baru.
    Biasanya kreatifitas dihambat oleh: keterbatasan waktu dan energi, kebiasaan, ketidakmampuan mengenali masalah, takut gagal, puas diri.

    ReplyDelete
  25. Nama : Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif. seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada. Inovasi juga di hasilkan dari suatu kreativitas yang dimiliki seseorang.

    ReplyDelete
  26. Nama : Yurita Oktaviani
    Nim : 3201105049

    Inovasi dan kreatifitas merupakan sesuatu hal yang saling berkaitan. Dimana hasil dari kreatifitas itu menghasilkan suatu inovasi. Seseorang yang kreatif selalu berusaha untuk melakukan suatu inovasi-inovasi baru, membuat hal-hal baru.
    Inovasi merupakan upaya dasar untuk memperbaiki aspek-aspek agar lebih efektif dan efesien. Timbulnya inovasi disebabkan oleh adanya persoalan dan tantangan yang perlu dipecahkan dengan pemikiran baru yang mendalam.

    ReplyDelete
  27. NAMA : MUNAWAR
    NIM : 3201105105
    Kreativitas merupakan salah satu ajang untuk menuju kesuksesan, jangan pernah putus asa dalam membat sesuatu hal yang baru.... lakukanlah berulang-ulang kali sampai memperoleh hasil yang maksimal sesuai apa yang diharapkan.... manfaatkanlah barang-barang yang dimiliki untuk membuat sesuatu yang bernilai dan bermanfaat, serta memiliki nilai ekonomis...

    ReplyDelete
  28. Nama : Muhammad Ikhsan
    Nim : 3201105033

    Inovasi dapat di artikan Mengubah atau mengganti sesuatu dengan memperkenalkan sesuatu yang baru, hal ini biasa di lakukan dengan tujuan mengefesiensi biaya, tenaga kerja dll. inovasi biasanya ada berdampak positif maupun negatif,misalnya dampak [ositif dari inovasi ialah menemukan mesin pembuatan kue hal ini sangat baik untuk proses produksi pembuatan kue tetapi ada hal yang harus di perhatikan ketika kita menggantinya dengan maka ada SDM yang kita akan kurangi dan ini berdampak kepada pengangguran.
    Kerativitas merupakan suatu ide yang muncul dari diri kita biasanya ide itu muncul atas rangsangan dengan apa yang kita lihat dan apa yang kita bayangkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts