Komunikasi - Pertemuan Ke 7

Komunikasi   baik   verbal   maupun    non   verbal   memainkan   peran   dalam   kehidupan manusia.      Komunikasi      merupakan       langkah    penting    dalam    proses    pembelajaran karena   keberhasilan   dari   kegiatan   belajar   bergantung   pada   kualitas   komunikasi antara   pengajar   dan peserta   didik.  Ketika  kita       memasuki  dunia kerja, kita   akan menemukan          komunikasi      yang     efektif   dan    efisien   serta    akan    memperkuat kemungkinan   untuk   berhasil   dengan   baik   serta   dapat   meningkatkan   hubungan interpersonal dengan pelanggan dan kolega kerja.
Inti dari sarana komunikasi manusia adalah mampu menampilkan realitas dengan berbahasa. Maka bahasa adalah sistem simbolik yang kita transfomasikan menjadi obyek yang benar seperti apel, atau imajinasi segi-tiga, draf, pola dan kemudian konsep.     Selanjutnya     manusia    merupakan      seni,   ilmu  pengetahuan,      budaya     dan sejarah; kita tidak hanya hidup untuk saat ini tetapi kita semua sudah menetukan komitmen        untuk    masa     depan     dalam    perjanjian kolektif;   kita   mempunyai masyarakat, peraturan dan     perundang-undangan, sekolah dan organisasi pembelajaran.Semua   fakta   ini  memerlukan   bahasa   sebagai   kunci   dari   realitas sosial dimana kita tinggal.

Defenisi Komunikasi

Kata     “komunikasi”       berasal    dari   kata    latin   “communis”       berarti    membagi pengalaman, memiliki sesuatu yang khusus yang memfasilitasi proses komunikasi (sebagai     contoh,    memiliki    budaya    yang    sama,    memiliki    pengalaman       khusus, berbagi   dengan   teman   yang   sama   dsb),  bagaimanapun   komunikasi   tidak   dapat diartikan   melalui   suatu   defenisi   tunggal.   

Orang-orang   yang   berbeda   merasakan cara   berbeda   dalam   konteks   yang   berbeda   pula.   Sebagai   contoh   kamus   oxford menjelaskan   komunikasi   sebagai   “memindahkan   dari maksud/arti”, peneliti   lain mendefinisikan  sebagai     “Perpindahan      dari   stimulus    (Colin    Cherry),    “pikiran
seseorang  mempengaruhi yang lain (Claude Shannon),“Mekanisme      melalui hubungan manusia timbul dan berkembang, atau  membagi pengalaman berdasarkan umum (Wilburn Schramm)

Tipe-tipe komunikasi


Komunikasi terdiri dari empat tipe, yaitu : 
Komunikasi Intrapersonal:        mengacu      pada    komunikasi     dengan   seseorang. Seperti   berbicara   pada   diri   sendiri, mendengarkan   diri   sendiri   dan   berhubungan dengan  diri  sendiri . Komunikasi      intrapersonal    penting     dalam    perenungan, mengkonsep,   memformulasi   pikiran  atau  ide-ide   kita   sebelum  kita   benar-benar tiba pada suatu keputusan atau menginisiasi komunikasi dengan yang lain. 

Komunikasi   Interpersonal   :   Bentuk   komunikasi   ini   berlangsung   diantara   dua orang. Bisa formal atau tidak formal dan dapat berlangsung dimana saja dengan berkata-kata,      bersuara,   ekspresi    wajah  dan    isyarat  dan   bahasa    tubuh.   Dalam komunikasi       interpersonal,    interaksi   berhadapan  muka     diantara    dua    orang melibatkan pengirim dan penerima pesan. 
Hal ini dianggap sebagai situasi komunikasi yang ideal dan efektif karena sesorang akan   segera memperoleh   timbal   balik  dan   mungkin   kesimpulan-kesimpulan   yang dapat diklarisifikasi dan ditekankan melalui ekspresi bahasa isyarat dan suara. Hal ini   lebih   mudah     mempengaruhi seseorang dan   membujuk menerima suatu pandangan-pandangan.Kedekatan       diantara    pengirim    dan penerima     dalam    komunikasi     interpersonal memiliki      ikatan    emosi     juga.    Ini   dapat     memotivasi,      meningkatkan       dan mengkoordinasi        pekerjaan      lebih   efektif   daripada bentuk     komunikasi      lain. 
Bagaimanapun tipe komunikasi sekarang juga dapat berlangsung dalam jarak jauh melalui    video   konferensi    dan   internet   :  pertukaran    e-mail,   chating,    komputer ,telekonfererensi dsbnya.

Komunikasi dalam Grup:    adalah    suatu    perluasan    komunikasi     interpersonal dimana      lebih  dua    individu   terlibat  dalam     pertukaran     ide,  keterampilan     dan keinginan.     Kelompok kelompok         menyediakan      suatu    kesempatan      kepada    orang untuk datang bersama mendiskusikan dan bertukar pandangan seperti yang anda lakukan dalam kerja kelompok. Kelompok      komunikasi     dianggap     efektif  karena   menyediakan      suatu    kesempatan  untuk berinteraksi langsung dengan antar anggota-anggota dari kelompok; hal ini akan membawa perubahan dalam sikap dan keyakinan. Kelompok organisasi punya hambatan       juga,   karena    waktu    dan   kurang     efektif terutama     dalam    keadaan mendesak.

Komunikasi masa    :   memerlukan   komunikasi   dengan   penonton   dalam   jumlah besar. Peralatan komunikasi masa dimanfatkan untuk menggandakan pesan yang disampaikan       dan   untuk diperhatikan oleh  sejumlah    besar    orang   secara    terus menerus.   Saluran   melalui   semacam   komunikasi   ini   lebih   disukai   sebagai   media masa. Media melalui pesan disampaikan termasuk radio, TV. Koran, majalah dan multi media. (Video, suara dan teks).

originally posted by Zulfikar
edited by Admin

Comments

  1. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi kepada orang lain.
    Pentingnya komunikasi :
    1. sebagai makhluk sosial
    2. tidak berkomunikasi akan terisolasi dari masyarakat.
    Proses Komunikasi :
    1. pengirim mempunyai ide
    2. pengirim mengubah ide menjadi pesan
    3. pengirim mengirim pesan
    4. penerima menerima pesan
    5. penerima memberikan feedback
    Komponen-Komponen Komunikasi:
    1. komunikator
    2. pesan
    3. media
    4. komunikan
    5. efek
    Jenis - Jenis Komunikasi :
    1. Komunikasi verbal dengan kata-kata
    2. Komunikasi non verbal disebut dengan bahasa tubuh
    Hambatan dalam Komunikasi :
    1. Masalah dalam mengembangkan Pesan
    2. Masalah dalam penyampaian pesan
    3. Masalah dalam menerima pesan
    4. Masalah dalam menafsirkan pesan
    (berhubungan dengan perbedaan latar belakang, perbedaan penafsiran kata, dan perbedaan reaksi emosional)

    ReplyDelete
  2. Nama : Achmad Orissaputra
    Nim : 3201105017

    Komunikasi
    Komunikasi merupakan kegiatan yang digunakan manusia sebagai sarana bertukar informasi mengenai segala hal baik hal yang bersekala keicil atau besar di dalam kehidupan sebagai makluk sosial. Ada 2 bentuk komunikasi yaitu , komunikasi secara verbal atau nonverbal.
    komunikasi verbal adalah komunikasi yang kita gunakan sehari - hari, misal nya berbicara dengan orang lain dan saling bertukar informasi.Sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi menggunakan bahasa isyarat atau bahsa tubuh, seperti melambaikan tangan.

    Terdapat tipe - tipe komunikasi yaitu ;
    1. komunikasi interpersonal , dimana komunikasi terjadi di dalam diri individu itu sendiri, komunikasi tersebut serinkali terjadi apa bila kita sedang berfikir mengenai pendapat diri sendiri, seakan - akan individu melakukan percakapan dan pertukaran informasi di dalamnya dan kadang kala menemukan pemecahan dari suatu masalah yang dihadapi.
    2. komunikasi dalam grup, komunikasi seperti ini terjadi di dalam suatu kelompok orang yang didalamnya terdapat dua orang atau lebih yang saling bertukar pikiran dan informasi, seperti mencari ide - ide didalam sebuah forum diskusi yang biasa disebut dengan brainstroming dan akan menemukan kesepakatan yang terbaik.
    3. komunikasi masa , komunikasi ini terjadi di hadapan audiance atau orang banyak ,salah satu contoh komunikasi masa adalah ketika kita menyampaikan pidato, sumber informasi berasal dari satu individu saja namun yang mendengarnya adalah audiance atau para hadirin.

    komunikasi sangat penting sekali di dalam kehidupan sehari - hari, apabila komunikasi mulai kurang terjadi akan banyak masalah timbul dikarenakan kesalahpahaman dan hal semacamnya di dalam masyarakat yang beragam suku bangsa dan budaya.

    ReplyDelete
  3. Pertemuan 7
    Nama : M.Rifqi Renanda
    NIM : 3201105058
    Komunikasi merupakan suatu kegiatan penyampaian informasi secara langsung maupun tidak dan ada nya tanggapan atau adanya hubungan timbal balik dari penerima informasi.
    Ada dua bentuk komunikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari, antara lain komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari, yaitu berbicara untuk saling bertukar informasi. Komunikasi nonverbal merupakan komunikasi yang menggunakan isyarat atau bahasa tubuh, seperti bersalaman, sehingga orang-orang tau makna dari informasi tersebut.

    Terdapat empat tipe komunikasi :
    1. Komunikasi Intrapersonal
    Komunikasi ini merupakan komunikasi yang terjadi atau mengacu pada seseorang, seperti berbicara kepada diri sendiri. Komunikasi ini dapat membantu kita untuk memikirkan dan bertanya kepada diri kita sendiri apakan keputusan yang kita ambil sudah baik
    2. Komunikasi Interpersonal
    Komunikasi ini terjadi diantara dua orang, baik itu formal ataupun non formal. Dalam tipe komunikasi ini seseorang akan langsung menerima timbal balik dan kesimpulan-kesimpulan dari komunikasi. Sehingga tipe komunikasi ini merupakan tipe komunikasi yang ideal dalam saling bertukar informasi.
    3. Komunikasi dalam group
    Komunikasi ini terjadi di dalam suatu kelompok komunikasi yang didalamnya terdapat dua orang atau pun lebih. Komunikasi ini bertujuan untuk saling bertukar informasi antar anggota di kelompok mau pun mendiskusikan yang nantinya di harapkan adanya pemikiran baru dan perubahan.
    4. Komunikasi masa
    Komunikasi ini terjadi pada saat adanya penonton dalam skala yang banyak atau audience. Komunikasi ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak, seperti penyampaian informasi atau pun berita di televisi, radio, koran, majalah, dan lain-lain.

    Komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari dengan komunikasi yang baik kita dapat mengetahui apa yang sebelumnya kita tidak ketahui. Sehingga komunikasi dapat membawa kita pada perkembangan zaman yang ada.

    ReplyDelete
  4. NAMA : SUCI YEVIRA
    NIM : 3201105073

    Komunikasi adalah suatu penyampaian informasi yang disampaikan kepada orang lain melalui saluran melalui saluran /sarana agar orang tersebut dapat mengerti dan memberikan timbal balik (feed back)
    Komunikasi penting untuk berhubungan dengan manusia lain,apabila tidak berkomunikasi maka akan terisolasi dari masyarakat,selain itu sebagau kebutuhan yang sangat fundamental dalam bermasyarakat.
    Tipe-tipe komunikasi
    Komunikasi terdiri dari empat tipe, yaitu :
    Komunikasi Intrapersonal:
    mengacu pada komunikasi dengan seseorang. Seperti berbicara pada diri sendiri, mendengarkan diri sendiri dan berhubungan dengan diri sendiri
    Komunikasi Interpersonal :
    Bentuk komunikasi ini berlangsung diantara dua orang. Baik berupa formal atau tidak formal dan dapat berlangsung dimana saja dengan berkata-kata, bersuara, ekspresi wajah dan isyarat dan bahasa tubuh. Dalam komunikasi interpersonal, interaksi berhadapan muka diantara dua orang melibatkan pengirim dan penerima pesan.
    Komunikasi dalam Grup:
    suatu perluasan komunikasi interpersonal dimana lebih dua individu terlibat dalam pertukaran ide, keterampilan dan keinginan.
    Komunikasi masa :
    memerlukan komunikasi dengan penonton dalam jumlah besar.dimanfatkan untuk menggandakan pesan yang disampaikan dan untuk diperhatikan oleh sejumlah besar orang secara terus menerus.

    ReplyDelete
  5. NAMA : TIYA PEBRISARI
    NIM : 3201105057

    Komunikasi yaitu suatu proses penyampaian atau pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih melalui lisan,tulisan,maupun dengan simbol-simbol. Komunikasi dapat terjadi jika ada seseorang yang menyampaikan pesan kepada orang lain dengan tujuan tertentu dan harus melalui proses.
    Komponen dalam komunikasi terdiri dari:
    1. Komunikator (pengirim pesan)
    2. Pesan
    3. Media / saluran
    4. Komunikan (penerima pesan)
    5. Adanya umpan balik dari penerima ke pengirim pesan

    Tipe Komunikasi
    1. Komunikasi Dengan Diri Sendiri (INTRA PERSONAL COMMUNICATION)
    Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu, atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.

    2. Komunikasi Antar Pribadi (INTER PERSONAL COMMUNITION)
    Komunikasi antar pribadi ialah komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka.
    Komunikasi antar pribadi dapat dibedakan atas 2 macam :
    • Komunikasi diadik : proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka
    • Komunikasi Kelompok Kecil : proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih secara tatap muka.

    3. Komunikasi Publik (PUBLIK COMMUNICATION)
    Komunikasi publik menunjukkan suatu proses dimana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khlayak yang lebih besar.

    4. Komunikasi Massa (MASSA COMMUNICATION)
    Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti radio, televisi, surat kabar dan film.

    ReplyDelete
  6. Forman Wahyudi Silalahi
    3201105068

    Komunikasi adalah suatu kegiatan memberikan pengalaman/ informasi atau meminta pengalaman/ informasi kepada orang lain, atau kepada diri sendiri.

    Tipe-tipe komunikasi antara lain:
    1. Komunikasi intrapersonal,
    pertukaran pengalaman seseorang dengan dirinya sendiri. Hal ini biasanya dilakukan apabila sedang terjadi konflik pribadi, dan jalan keluarnya didapat dari pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan (direkam).
    2. Komunikasi group,
    komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, yang biasanya dilakukan dalam mencari suatu keputusan atau kesepakatan. Komunikasi ini dilakukan dengan cara mendapatkan atau memberikan pengalaman-pengalaman atau informasi antar anggota.
    3. Komunikasi massal,
    komunikasi ini biasanya terjadi secara sepihak. Komunikator membutuhkan banyak komunikan dalam memberikan informaasi atau pengalamannya, dan diharapkan dapat bermanfaat bagi audien. Contoh kunikasi ini adalah pidato atau memberikan pengumuman.

    Dalam melakukan suatu perubahan pun, komunikasi diperlukan didalam setiap fase-fasenya,baik itu komunikasi intrapersonal, omunikasi group, maupun komunikasi massal.

    ReplyDelete
  7. Mardiyani
    3201105056

    Komunikasi adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain. Ada dua jenis komunikasi, yaitu verbal dan non verbal, komunikasi verbal meliputi kata-kata yang diucapkan atau tertulis, sedangkan komunikasi non verbal meliputi bahasa tubuh.
    Tipe – tipe komunikasi yaitu :
    1. Komunikasi Dengan Diri Sendiri
    Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu, atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.
    2. Komunikasi Antar Pribadi
    Komunikasi antar pribadi ialah komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka.
    3. Komunikasi Publik
    Komunikasi publik menunjukkan suatu proses dimana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khlayak yang lebih besar.
    4. Komunikasi Massa
    Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti radio, televisi, surat kabar dan film.

    ReplyDelete
  8. NAMA:SEFY SUMANTI
    NIM :3201105029

    Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi kepada orang lain,melalui media perantara dengan maksud penerima pesan dapat memberikan timbal balik akan informasi yang telah di informasikan oleh pengirim pesan.komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari terbagi dua jenis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.dimana komunikasi verbal merupakan komunikasi yang biasa digunakan di dalam kehidupan sehari-hari.misalnya saling berkomunikasi bertukar pikiran.sedangkan komunukasi non verbal merupakan komunikasi yang dimana pesan disampaikan tidak menggunakan dengan kata-kata, melainkan dengan menggunakan bahasa isyarat, bahasa tubuh, dan kontak mata,dll.

    setiap manusia yang hidup dalam masyarakat, akan terlibat dengan yang namanya komunikasi. Hal tersebut terjadi karena manusia pasti berhubungan secara social.dapat dikatakan komunikasi apabila ada dua oramg atau lebih saling berbicara atau menyampaikan informasi.makhluk sosial sangat membutuhkan orang lain di dalam kehidupannya,untuk saling tolong-menolong.sehingga batapa pentingnya proses komunikasi di dalam kehidupan bermasyarakat.
    Adapun tipe-tipe komunikasi yaitu:
    1.Komunikasi Intrapersonal dimana komunikasi yang dilakukan diri sendiri pada diri sendiri.Setiap orang pasti sering ngobrol sama dirinya sendiri.Komunikasi ini digunakan untuk berfikir, memikirkan kemungkinan akibat dari perbuatannya, memecahkan masalah, dan memutuskan sesuatu.
    2.Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang dilakukan diri sendiri kepada seorang lain. seperti ngobrol biasa,menghindari ketidakjelasan sesuatu serta berbagi pengetahuan dan pengalaman terhadap sesama.
    3.Komunikasi group sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih, dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat.
    4.Komunikasi massa merupakan komunikasi melalui media massa, atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media.yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak dalam jumlah besar.seperti menyampaikan pidato,ceramah kepada audience.

    ReplyDelete
  9. Nama : Hendika
    NIM : 3201105032

    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian berita dimana didalamnya terdapat beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.Namun Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.Komunikasi juga biasa diartikan suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.
    Tipe komunikasi:
    1.Komunikasi Intrapersonal, dimana kita berkomunikasi dengan diri sendiri.
    2.Komunikasi Grup, dimana komunikasi itu terjadi diantara dua orang atau lebih,sehingga dapat menghasilkan suatu kesepakatan.
    3.Komunikasi Massal, dimana komunikator membutuhkan banyak komunikan untuk menyampaikan informasi.

    ReplyDelete
  10. NIM : 3201105105
    Dunia usaha memerlukan informasi tentang : harga, kompetisi, teknologi dan keuangan serta daur usaha dan aktivitas pemerintah.
    Informasi diatas merupakan dasar bagi keputusan yang mempengaruhi lini produk, rasio produk, kualitas, strategi pemasaran, gabungan factor-faktor produk dan arus informasi.
    Secara khusus komunikasi diperlukan untuk tujuan :
    1. Menetapkan dan menyebarluaskan tujuan perusahaan
    2. Menyusun rencana untuk mencapai tujuan
    3. Mengorganisasi SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisisen.
    4. Menyeleksi, mengembangkan dan menilai anggota organisasi.
    5. Memimpin, mengarahkan, memotivasi dan menciptakan iklim yang menimbulkan keinginan untuk memberikan kontribusi.
    6. Mengendalikan prestasi.

    ReplyDelete
  11. Nama : Muhammad Hadinaufall
    Nim : 3201105005

    Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam diri setiap manusia. Karena manusia adalah makhluk sosial yg dapat berkomunikasi dgn baik terhadap lainnya. Dimana komunikasi dapat membangun kerja sama yg baik terhadap sesama, tanpa adanya komunikasi manusia tidak akan bisa berhubungan dengan baik.

    Di sisi lain, komunikasi pun perlu memiliki kejelasan dari penerima dan pengirim. Komunikasi yg buruk akan menimbulkan dampak negatif kepada pengirim ataupun penerima, karena terjadi kesalah pahaman yg ada. Dalam setiap komunikasi yg ada, informan harus pandai menyesuaikan situasi yg ada agar para penerima informasi dapat memahami info yg ada.

    ReplyDelete
  12. Nama : Raden Hardiyanto
    Nim : 3201105025

    Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain dilingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan orang lain dilingkungannya adalah komunikasi baik secara verbal maupun non verbal ( bahasa tubuh dan isyarat yang digunakan). tanpa komunikasi manusia pasti tidak bisa menilai diri sendiri maupun orang lain.

    Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
    1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
    2. Mempengaruhi perilaku seseorang
    3. Mengungkapkan perasaan
    4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
    5. Berhubungan dengan orang lain
    6. Menyelesaian sebuah masalah
    7. Mencapai sebuah tujuan
    8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
    9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain

    ReplyDelete
  13. Nama : Tri Kasih Susanti KD
    Nim : 3201105116

    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi melibatkan seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

    Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal sedangkan Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata.

    Proses komunikasi :
    1.Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/materi
    2.Symbol/isyarat
    3.Media/penghubung
    4.Mengartikan kode/isyarat
    5.Penerima pesan
    6.Balikan (feedback)

    Ada empat tipe komunikasi yaitu :
    1.Komunikasi intrapersonal
    adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Seperti berbicara pada diri sendiri, mendengarkan diri sendiri dan berhubungan dengan diri sendiri .
    2.Komunikasi interpersonal
    adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang atau lebih.
    3.Komunikasi dalam group
    adalah suatu perluasan komunikasi interpersonal dimana lebih dua individu terlibat dalam pertukaran ide, keterampilan dan keinginan.
    4.Komunikasi masa
    memerlukan komunikasi dengan penonton dalam jumlah besar.

    ReplyDelete
  14. NAMA : SURIATI WIWIN
    NIM : 3201105100

    Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan non verbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral, dan visual)

    komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan itu,yaitu:
    1. Komunikator (siapa yang mengatakan?)
    2. Pesan (mengatakan apa?)
    3. Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
    4. Komunikan (kepada siapa?)
    5. Efek (dengan dampak/efek apa?).

    Adapun proses komunikasi yaitu :
    1. Proses komunikasi secara primer
    2. Proses komunikasi sekunder

    Tipe-tipe komunikasi antaralain :
    1. Komunikasi Intrapribadi
    2. Komunikasi Interpribadi
    3. Komunikasi Publik
    4. Komunikasi Massa

    ReplyDelete
  15. NAMA :OKA PRANAYU
    NIM :3201105087

    Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam dengan proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku ataupun tindakan. komunikasi dan masyarakat adalah dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi.
    Pentingnya Komunikasi :
    -Sebagai Makhluk Sosial.
    -Berhubungan dengan manusia lain.
    -Tidak bekomunikasi akan terisolasi dari masyarakat.
    -Banyak pakar menilai bahwa komunikasi adalah suatu kebutuhan yang sangat fundamental
    -bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat.
    Proses Komunikasi
    -Pemindahan pesan/mengirimkan pesan
    -Penerima menerima pesan .
    -Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
    -Mengubah ide menjadi suatu pesan.
    -Pemindahan pesan/mengirimkan pesan .
    -Penerima menerima pesan.
    -Penerima memberi tanggapan dan umpan balik ke pengirim.

    Jadi komunikasi sangatlah penting di dalam hidup kita jika kita ingin memnyampaikan suatu infomasi kepada orang lain baik itu mengenai ilmu pengetahuan maupun pengalaman kita sendiri ataupun mendengar pengalaman dari orang lain.

    ReplyDelete
  16. NAMA : SEPTI AGUSTIWATI
    NIM : 3201105078

    Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh satu orang atau lebih ada dua bentuk komunikasi verbal dan non verbal.
    Komunikasi terdiri dari 4 tipe :
    1. Komunikasi Intrapersonal : mengacu pada komunikasi dengan seseorang. Seperti berbicara pada diri sendiri, mendengarkan diri sendiri dan berhubungan dengan diri sendiri.
    2. Komunikasi Interpersonal : Bentuk komunikasi ini berlangsung diantara dua orang. Bisa formal atau tidak formal dan dapat berlangsung dimana saja dengan berkata-kata.
    bersuara, ekspresi wajah dan isyarat dan bahasa tubuh.
    3. Komunikasi dalam Grup : adalah suatu perluasan komunikasi interpersonal dimana lebih dua individu terlibat dalam pertukaran ide, keterampilan dan keinginan.
    4. Komunikasi masa : memerlukan komunikasi dengan penonton dalam jumlah besar. Peralatan komunikasi masa dimanfatkan untuk menggandakan pesan yang disampaikan dan untuk diperhatikan oleh sejumlah besar orang secara terus menerus.
    Komunikasi sangat diperlukan diperlukan di kehidupan sehari –hari dengan komunikasi kita dapat mengetahui informasi yang sedang terjadi.

    ReplyDelete
  17. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    Berawal dari kodrat manusia sebagai makhluk sosial (human sociality), manusia tidak pernah terlepas untuk berhubungan dengan orang lain dan termasuk proses komunikasi. Komunikasi berperan penting dalan kehidupan manusia untuk segala hal, baik untuk melakukan aktivitas maupun penyelesaian dalan suatu masalah. Namun, komunikasi tidak bisa berjalan efektif jika terdapat hambatan dalam komunikasi tersebut.
    Komunikasi terdapat 4 tipe, yaitu :
    1. Komunikasi Intrapersonal : komunikasi dengan diri sendiri
    2. Komunikasi Interpersonal : komunikasi antar dua orang, dalam formal maupun tidak
    3. Komunikasi dalam grup : komunikasi yang berlangsung antar 2 org atau lebih
    4. Komunikasi massa : memerlukan banyak orang

    ReplyDelete
  18. nama : Abdurrahim
    NIM : 3201105038

    Komunikasi itu adalah cara kita menyampaikan sesuatu yang kita dapat atau yang ingin kita bagi kepada orang lain atau diri sendiri. terdapat dua cara komunikasi, yaitu verbal dan non verbal.
    didalam komunikasi itu sendiri terdapat 4(empat) tipe komunikasi, yaitu :

    a. Komunikasi dengan diri sendiri atau biasa disebut dengan Komunikasi Intrapersonal.
    b. Komunikasi antara dua orang baik secara formal atau secara tidak formal atau biasa disebut (komunikasi Interpersonal).
    c. Komunikasi yang melibatkan dua orang atau lebih baik secara formal ataupun tidak, biasa disebut Komunikasi dalam grup.
    d. Komunikasi yang memerlukan banyak orang dalam berkomunikasi atau disebut Komunikasi massa

    berkomunikasi lah setiap hari, kapan pun dan dimana pun agar kita bisa menjadi orang yang berkualitas.

    ReplyDelete
  19. Nama : Siti Rohma
    NIM : 3201105043


    Komunikasi dalam kehidupan sangat penting, karena dengan komunikasi kita dapat saling berinteraksi antara satu dengan makhluk hidup yang lain. Sehingga dengan komunikasi kita dapat menjalin hubungan, dapat saling mengenal satu sama lain. Suatu komunikasi dapat berjalan efektif dan efisien apabila keduabelah puhak dapat menerima dan menyerap informasi tersebut dengan baik dan benar serta memperoleh feedback. Komunikasi dapat dilakukan secara verbal maupun nonverbal.
    Komunikasi adalah pembagian pengalaman atau informasi kepada orang lain. Komunikasi memiliki berbagai tipe, diantaranya :
    1. Komunikasi Intrapersonal atau Komunikasi dengan Seseorang; komunikasi ini penting dalam perenungan, mengkonsep, mengintropeksi diri, dan memformulasi pikiran atau ide-ide kita sebelum kita benar-benar tiba pada suatu keputusan atau menginisiasi komunikasi dengan yang lain.

    2. Komunikasi Interpersonal atau Komunikasi Antar Pribadi; baik formal maupun informal. Komunikasi ini dibagi menjadi dua, yaitu :
    • Komunikasi diadik : proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka.
    • Komunikasi Kelompok Kecil : proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih secara tatap muka.
    Komunikasi ini dianggap sebagai situasi komunikasi yang ideal dan efektif karena seseorang akan segera memperoleh timbal balik, serta hal ini lebih mudah mempengaruhi seseorang dan membujuk menerima suatu pandangan-pandangan. Dengan komunikasi ini dapat saling bertukar pendapat.

    3. Komunikasi dalam Grup atau Komunikasi Publik; dimana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khlayak yang lebih besar.

    4. Komunikasi Massa; proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti radio, televisi, surat kabar dan film.

    Dengan berkomunikasi kita dapat mengekspresikan ide kita, maka jangan lah takut atau malu jika mengutarakan pendapat kita. Asalkan pendapat yang diutarakan sesuai dengan fakta, logis, dan tidak melanggar hak orang lain maupun sesuai dengan peraturan yang ada.

    ReplyDelete
  20. Nama : Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    Pada dasarnya komunikasi digunakan untuk menciptakan atau meningkatkan aktifitas hubunganantara manusia atau kelompok Jenis komunikasi terdiri dari:1. Komunikasi verbal dengan kata-kata2. Komunikasi non verbal disebut dengan bahasa tubuh
    1. Komunikasi Verbal
    mencakup aspek-aspek berupa ;a.
    Vocabulary
    (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesandisampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi pentingdalam berkomunikasi
    Racing
    (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapatdiatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.c.
    Intonasi suara
    : akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadilain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.d.
    Humor
    : dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawamempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakansatu-satunya selingan dalam berkomunikasi.e.
    Singkat dan jelas
    . Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas,langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.f.
    Timing
    (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasiakan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktuuntuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan
    Komunikasi Non Verbal
    Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbalmemberikan arti pada komunikasi verbal.Yang termasuk komunikasi non verbal :a.
    Ekspresi wajah
    Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminansuasana emosi seseorang. b.
    Kontak mata
    , merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargailawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan.Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasiyang lainnyac.
    Sentuhan
    adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontandari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh,dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.d.
    Postur tubuh dan gaya berjalan
    . Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi,konsep diri, dan tingkat kesehatannya.e.
    Sound (Suara)
    . Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan
    dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapatmenjadi pesan yang sangat jelas.f.
    Gerak isyarat
    , adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tanganselama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upayauntuk menghilangkan stress

    ReplyDelete
  21. Nama : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Menurut saya Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi juga dapat dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini juga disebut komunikasi nonverbal. Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila
    ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  22. NAMA : BUNGA ARYANI
    NIM : 3201105059

    Komunikasi merupakan proses individu mengirim rangsangan (stimulus) yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain. Pada definisi ini mereka menganggap komunikasi sebagai suatu proses.

    Tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
    1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
    2. Mempengaruhi perilaku seseorang
    3. Mengungkapkan perasaan
    4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
    5. Berhubungan dengan orang lain
    6. Menyelesaian sebuah masalah
    7. Mencapai sebuah tujuan
    8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
    9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orang lain

    Komunikasi memiliki dua jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Didalam melakukan proses komunikasi, kita membutuhkan adanya timbal balik dari individu atau kelompok lain agar kita dapat mengetahui apakah informasi yang telah kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan atau informasi.

    ReplyDelete
  23. NAMA:OKTAVIANA MS
    NIM:3201105064
    Komunikasi adalah: Suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi dalam diri seseorang dan atau diantara 2 orang / lebih dengan tujuan tertentu.
    Fungsi Komunikasi:
    1. Sebagai media pembentukan konsep diri mengenali diri sendiri.
    2. Sebagai media pernyataan eksistensi diri menunjukkan akan keberadaan diri.
    3. Sebagai media apresiasi mengungkapkan perasaan atau apa yang ada dalam pikiran.
    4. Sebagai media ritual berbagi komitmen emosional.
    5. Sebagai media instrumental menginformasikan, mengajarkan, mendorong, mengubah sikap, keyakinan dan perilaku, serta untuk menghibur.

    TINGKATAN/KONTEKS KOMUNIKASI :
    1. Komunikasi Intrapribadi
    2. Komunikasi Antarpribadi
    3. Komunikasi Kelompok
    4. Komunikasi Organisasi
    5. Komunikasi Massa
    MACAM-MACAM KOMUNIKASI :
    A. Komunikasi Non Media :
    1. Komunikasi Intrapersonal (komunikasi dengan diri sendiri)
    2. Komunikasi Interpersonal (komunikasi dengan orang lain)
    3. Komunikasi Kelompok (komunikasi dengan orang lain di dalam kelompok)
    4. Komunikasi Organisasi (komunikasi di dalam organisasi)
    B. Komunikasi Media :
    1. Komunikasi Massa
    a. Periodik
    b. Non Periodik
    2. Komunikasi Non Massa

    ReplyDelete
  24. Nama : Yurita Oktaviani
    NIM : 3201105049

    Komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi dengan baik. Terkadang ada orang yang mampu menyampaikan semua informasi secara lisan tetapi tidak secara tulisan ataupun sebaliknya.
    Dengan membentuk komunikasi yang baik, diharapkan mereka juga akhirnya dapat mengungkapkan pikiran dengan cara yang lebih baik. Tanpa ketrampilan berkomunikasi, kita sulit mengemukakan pemikiran, meyakinkan pihak lain atau bernegosiasi dengan baik.
    Keterampilan yang harus dimiliki dalam melakukan komunikasi efektif adalah keterampilan mendengarkan dan bertanya. Dalam proses berkomunikasi, seseorang harus mampu mendengarkan dan memahaminya dengan baik.

    ReplyDelete
  25. NIM: 3201105022

    Sifat saling ketergantungan manusialah yang membuat sebuah komunikasi itu sangat penting. Beragam cara dilakukan oleh manusia untuk berkomunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Perlu kita ingat kembali bahwa komunikasi tidak hanya terjadi dengan sesama manusia, tetapi kita juga dapat berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta dan seluruh ciptaannya.

    Disadari atau tidak, komunikasi menentukan kualitas hidup kita. Sebab komunikasi bukan hanya bagian dari ilmu pengetahuan, melainkan juga seni bergaul.

    Menurut referensi yang saya baca, terdapat 4 tingkatan tujuan komunikasi:

    1. Tingkat sosial pertama, orang berkomunikasi untuk kesenangan belaka.
    2. Tingkat sosial kedua, orang menunjukan keterkaitannya dengan orang lain.
    3. Tingkat sosial ketiga,orang berkomunikasi untuk membangun dan memelihara hubungan.
    4. Tingkat sosial keempat, orang berkomunikasi untuk menegaskan hubungan2 mereka.

    Untuk itu, marilah kita menjadi seorang komunikator yang baik, agar hidup kita semakin berwarna >_<

    ReplyDelete
  26. Nim : 3201105033

    Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Seperti yg telah di kemukakan di atas komunikasi sangat penting dalam kehidupan, sebagai mahluk sosial kita tidak bisa sendiri dan komunikasi adalah prantara kita berhubungan dengan orang lain. komunikasi tidak hanya bisa di lakukan dengan lisan tetapi non lisan juga bisa.
    menurut saya komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita semua, sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  27. NIM 3201105079

    komunikasi yang dapat di artikan sebagai pertukaran pengalaman sangat lah penting dilakukan karena dengan komunikaasi maksut dan tujuan dapat di sampaikan. dengan komunikasi yang baik maka informasi yang kita sampaikan pun dapat lebih di mengerti. semakin kecil hambatan yang kita ciptakan maka akan semakin baik pula komunikasi yang kita lakukan

    ReplyDelete
  28. bambang tri atmojoJuly 19, 2012 at 9:37 AM

    nim : 3201105045

    komunikasi sangat penting dalam kehidupan. komunikasi berguna dalam menyampaikan pesan, gagasan, serta membagi pengetahuan yang kita miliki. orang lain akan lebih menghargai kita bila kita mampu berkomunikasi dengan baik. komunikasi harus dilakukan sebaik mungkin agar orang yang mendapatkan informasi dari kita mampu mencernanya dengan baik dan mampu membuat orang lain menjadi mengerti makssud dan tujuan kita. hidup harus selalu berkomunikasi dan terus berkomunikasi. gunakan komunikasi dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts