Pergaulan Remaja - Public Speaking Analysis

Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan nikmat-Nya lah kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pak Zulfikar yang saya hormati, serta kawan-kawan yang saya banggakan.

Semoga kita semua tetap dalam kondisi penuh semangat untuk menjadi orang-orang yang berhasil di masa depan.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan pidato ini, mengenai pergaulan remaja.

Pergaulan remaja merupakan cara-cara dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan para remaja dalam menjalani masa remajanya. Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembantukan kepribadian seorang individu. Pergaulan yang ia lakukan itu akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan yang negatif. Pergaulan yang positif itu dapat berupa kerjasama antar individu atau kelompok guna melakukan hal-hal yang positif. Sedangkan pergaulan yang negatif itu lebih mengarah ke pergaulan bebas, hal itulah yang harus dihindari, terutama bagi remaja yang masih mencari jati dirinya. Dalam usia remaja ini biasanya seseorang sangat labil, mudah terpengaruh terhadap bujukan dan bahkan dia ingin mencoba sesuatu yang baru yang mungkin dia belum tahu apakah itu baik atau tidak.

Kawan-kawan yang berbahagia,

Masa remaja juga masa yang sangat penting, sangat kritis dan sangat rentan, karena bila manusia melewati masa remajanya dengan kegagalan, dimungkinkan akan menemukan kegagalan dalam perjalanan kehidupan pada masa berikutnya. Sebaliknya bila masa remaja itu diisi dengan penuh kesuksesan, kegiatan yang sangat produktif dan berhasil guna dalam rangka menyiapkan diri untuk memasuki tahapan kehidupan selanjutnya, dimungkinkan manusia itu akan mendapatkan kesuksesan dalam perjalanan hidupnya. Dengan demikian, masa remaja menjadi kunci sukses dalam memasuki tahapan kehidupan selanjutnya.

Berikut adalah kiat-kiat supaya terhindar dari pergaulan yang negatif:
1. Menanamkan nilai ketimuran, nilai yang bersumberkan pada ajaran spiritual agama perlu dipegang. Termasuk meningkatkan derajat keimanan dan moralitas pemeluknya. dengan dipegangnya nilai-nilai ini, diharapkan khususnya kalangan muda akan berpikir seribu kali untuk terjun ke dunia pergaulan negatif.

2. Mengurangi menonton televisi, kurangi menonton siaran yang menawarkan nilai-nilai gaya hidup negatif, karena lambat laun otak akan teracuni oleh nilai-nilai negatif tersebut. untuk mendapatkan informasi, bisa mengalihkan perhatian dengan membaca koran, majalah maupun buku-buku.

3. Banyak beraktifitas secara positif, lakukan hal-hal yang positif dalam mengisi waktu luang, waktu bermain, bahkan bermalam minggu.

4. Sosialisasi bahaya pergaulan bebas, dikalangan muda, pergaulan negatif sering dilakukan karena bisa jadi mereka tidak tahu akibat yang ditimbulkan. Sosialisasi mengenai bahaya yang ditimbulkan akibat pergaulan bebas perlu terus disebarkan dikalangan muda. Harapannya, mereka juga punya informasi sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pergaulan.

5. Menegakkan aturan hukum, langkah ini sebagai benteng terakhir untuk menyelamatkan anak-anak muda dari amoralitas karena perilaku pergaulan bebas yang lambat laun akan merusak bangsa ini.

Pak Zulfikar dan kawan-kawan yang saya hormati,

Demikianlah serangkaian kata yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi teman-teman dan kita sebagai remaja saat ini diharapkan dapat melakukan hal-hal yang positif dalam menjalani masa remaja kita, sehingga tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif.

Saya juga mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati teman-teman, akhir kata wassalamualaikum wr. Wb.




KOMENTAR
Dari anggota kelompok :
Isi pidatonya sudah bagus dan dapat dimengerti, tapi sebaiknya harus dapat membangun komunikasi kepada audiens. Agak sedikit gugup dan terlalu banyak mengucapkan "eeeee...."

Perwakilan kelompok (Oktaviana MS) :
Isi pidato cukup bagus, penyampaian jelas sehingga audian dapat mengerti, tetapi masih terlihat menghafal teks.

Perwakilan kelompok (Siti Rohma) :
Topik menarik, isi denga topik berkesinambungan, dalam penampilan hanya menyampaikan saja dan tidak mengajak.

Perwakilan kelompok (Oka Pranayu) :
Isi pidato cukup bagus, dalam penyampaian baik dan intonasi baik, terlalu banyak mengucapkan "eeeee...."

Perwakilan kelompok (Abdurrahim) :
Semuanya sempurna.

Presenter: Firdha Amalia
Anggota kelompok:
1.Forman Wahyudi Silalahi
2.Mardiyani
3.Raden Hardiyanto
4.Yurita Oktaviani

Comments

Popular Posts