Komunikasi Efektif - Pertemuan Ke 8

Pelajaran dari Jendela Johari

Keempat jendela di atas menggambarkan hal-hal berikut:

Buka:    Jendela yang terbuka merupakan bagian dari kesadaran diri kita sendiri—sikap, perilaku,    motivasi,   nilai,   dan   cara   hidup   kita—yang  kita sadari   dan   diketahui   oleh   orang   lain. Kita   bergerak   dalam   daerah   ini dengan bebas.  Kita dalah “buku yang terbuka”. 

Buta:    Ada   hal-hal   tentang   diri   kita yang   tidak   kita   ketahui,   tapi   bisa dilihat   oleh  orang   lain  dengan   lebih   jelas;   atau   hal-hal   yang   dalam bayangan kita benar-benar ada dalam diri kita dengan berbagai alasan,namun sama sekali tidak bisa dilihat oleh orang lain. Saat orang lain mengatakan   apa   yang   mereka   lihat  (umpan   balik),   dengan   cara   yang bertanggung      jawab    dan   mendukung,      dan   kita  bisa   mendengarnya; dengan cara itulah kita bisa menguji kebenaran siapa diri kita dan bisa berkembang.

Tersembunyi: Daerah kita yang tersembunyi tidak bisa diketahui oleh orang lain kecuali jika kita membukanya. Ada hal-hal yang menurut kita lebih baik dan nyaman jika kita simpan untuk diri kita sendiri, dan juga ada   hal-hal   yang   takut   kita   ungkapkan. Tingkat   sampai   mana   kita membagi   diri   kita   dengan   orang   lain   (membuka   diri)   adalah   tingkat sampai mana kita bisa dikenal.

Tidak diketahui:      Kita jauh lebih kaya dan lebih kompleks dari yang kita dan     orang    lain  tahu,    tapi   dari   waktu    ke   waktu     sesuatu    terjadi dirasakan,      dibaca,    didengar,     dimimpikan sesuatu   dari   alam    bawa sadar   kita   terungkap.      Saat   itu   kita   akan   “tahu”   apa   yang   tidak   kita “ketahui” sebelumnya.

kesimpulan:

Untuk Mengenal diri sendiri dengan baik, seorang individu hendaknya mau mengefektifkan komunikasinya dengan orang lain, untuk melihat sisi lain dari dirinya yang mungkin hanya bisa dilihat oleh orang lain.

originally posted by Zulfikar
edited by Admin


Comments

  1. NAMA : SURIATI WIWIN
    NIM : 3201105100

    Menurut pendapat saya, Salah satu upaya untuk menciptakan proses komunikasi yang efektif adalah dengan keberanian untuk mengungkapkan diri secara terbuka dan obyektif. Disamping itu, kita sering cenderung menjaga beberapa bagian dari diri, sikap dan perasaan, serta hal-hal pribadi kita dan tidak membukanya kepada orang lain (bidang TERTUTUP). Sementara seringkali kita sadari juga bahwa ada beberapa aspek kehidupan yang tidak kita ketahui serta tidak tampak pula bagi orang lain, akan tetapi sangat mempengaruhi perilaku kita, misalnya kemarahan yang muncul tanpa sebab (bidang TAK DIKETAHUI).

    Maka dengan k 4 (empat) bidang yang merupakan hasil pengamatan/ persepsi orang terhadap diri sendiri dan orang lain. Jadi jati diri orang dapat digambarkan sebagai suatu jendela johari.

    KESIMPULAN

    Setelah seseorang melakukan upaya mengenali kekuatan dan kelemahan diri, orang lain akan menyadari siapa saya? Mengenal diri bukanlah tujuan. Pengenalan diri adalah sebagai wahana (sarana) untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karenanya, setelah seseorang dapat menjawab pertanyaan siapa saya? maka pertanyaan selanjutnya adalah saya ingin menjadi siapa? Jawaban atas pertanyaan tersebut tentunya beragam, sesuai dengan peran-peran yang dimainkannya. Manusia memiliki kemampuan untuk mengubah atau mengembangkan diri.

    ReplyDelete
  2. Nama : Raden Hardiyanto
    Nim : 3201105025

    di satu sisi kita bisa melihat kemampuan yang kita miliki, tetapi di sisi lain kita tentunya banyak kukurangan, maka dari itu komunikasi sangat lah penting supaya kita dapat memperbaiki kekurangan apa yang ada pada diri kita. maka dari itu kita harus bisa membuka diri,kita harus menerima komentar dari orang lain mengenai kekurangan kita, supaya bisa menutupi kekurangan yang kita miliki walaupun komentar itu bertolak belakang dengan apa yang kita pikirkan. dengan komunikasi yang efektif kita bisa mengetahui apa yang tidak kita ketahui, tetapi kita harus berani mengungkapkannya supaya tahu akan masing-masing kekurangan yang ada pada diri kita & orang lain.

    ReplyDelete
  3. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Jendela Johari memiliki 4 bagian yaitu :

    1. Area Terbuka : area ini memperlihatkan hal-hal seperti sikap,perilaku,pola pikir, keahlian dan sebagainya yang di ketahui diri sendiri maupun orang lain.
    2. Area Buta : area ini menggambarkan diri kita yang tidak kita ketahui tetapi orang lain mengetahuinya, hal ini di sebabkan kurangnya wawasan tentang diri sendiri.
    3. Area Tersembunyi : area ini menggambarkan hal-hal yang bersifat pribadi dan hanya diri sendiri yang mengetahuinya sedangkan orang lain tidak mengetahuinya.
    4. Area Tidak Diketahui : area ini menyembunyikan hal-hal yang kita miliki karena kurangnya wawasan mengenai diri sendiri dan juga orang lain pun tidak mengetahui hal-hal yang kita miliki.

    Kesimpulan : Kita tidak dapat mengenal diri sendiri tanpa bantuan orang lain.

    ReplyDelete
  4. NAMA :SEFY SUMANTI
    NIM :3201105029

    Jendela Johari menggambarkan dalam 4 bagian yaitu:

    1.Area terbuka
    Jendela yang terbuka ini bisa dibilang sebagai sisi dimana hubungan kita dan orang lain berjalan dengan lancar dan bebas hambatan. Soalnya, kedua pihak saling mengenal dengan baik dan punya banyak informasi tentang dirinya masing masing. Komunikasi yang lancar ini membuat konflik jadi gampang dihindari.
    2.Jendela Buta
    Dibalik jendela ini merupakan bagian dimana hubungan kita dengan orang lain berjalan dengan baik, karena kedua belah pihak tahu apa-apa saja di pendampingnya, namun, kurangnya komunikasi bisa hancurin hubungan itu.
    3.Jendela Tersembunyi
    sisi yang ada di hadapan jendela ini hanya akan merugikan satu pihak saja, yaitu pihak yang selalu menyembunyikan informasi tentang dirinya. Soalnya, pihak ini nggak suka ada orang lain ikut campur dalam masalahnya.
    4.Jendela Tidak Diketahui
    jendela ini menyembunyikan hal-hal yang kita miliki, karena kurangnya wawasan perihal diri sendiri, hal-hal itu bersembunyi dalam diri kita, anehnya lagi, nggak ada orang yang tahu akan hal ini.

    Dengan cara berkomunikasi dengan orang lain,dapat membantu kita dalam mengenali diri kita,dan mengintropeksi diri,untuk menjadi lebih baik dan menjadi apa yang diinginkan mereka.
    Terutama teman yang dekat dengan kita atau sahabat.

    ReplyDelete
  5. NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
    NIM : 3201105078

    Area buka : disini kita bisa melihat apa yang terjadi di hadapan kita seperti perubahan sikap,perilaku dan pola pikir kita.
    Area buta : disini kita tidak dapat melihat apa yang ada terjadi di diri kita tetapi orang mengetahui hal tersebut.
    Area tersembunyi : tidak bisa diketahui oleh orang lain kecuali jika kita membukanya. Ada hal-hal yang menurut kita lebih baik dan nyaman jika kita simpan untuk diri kita sendiri, dan juga ada hal-hal yang takut kita ungkapkan.
    Area tidak diketahui : Kita jauh lebih kaya dan lebih kompleks dari yang kita dan orang lain tahu, tapi dari waktu ke waktu sesuatu terjadi dirasakan,dibaca,didengar.

    Kesimpulan : kita tidak bisa menilai diri sendiri tanpa orang lain,apa pun yang kita lakukan pasti membutuhkan bantuan oranglain.

    ReplyDelete
  6. Nama : Tri Kasih Susanti KD
    Nim : 3201105116

    Jendela johari memiliki 4 ruang, yaitu :
    1.Ruang Terbuka, yaitu ruang dimana kita dan orang lain tau.
    2.Ruang buta, yaitu ruang dimana orang lain tau dan kita tidak tau.
    3.Ruang tersembunyi, yaitu ruang dimana kita tau dan orang lain tidak tau.
    4.Ruang tidak diketahui, merupakan ruang dimana kita dan orang lain tidak tau.

    Dengan adanya jendela johari ini kita dapat mengetahui tentang diri kita dan orang lain tetapi ada juga tentang diri kita yang tidak kita ketahui sehingga kita butuh orang lain untuk menilai hal tersebut, dengan begitu kita membutuhkan orang lain untuk mengenal diri sendiri.

    ReplyDelete
  7. Nama : abdurrahim
    NIM : 3201105038

    dalam diri kita memang memiliki beberapa ruang, yang membuat kita dan orang lain dapat mengetahui siapa kita sebenarnya. Beberapa ruang tersebut adalah :
    a. Ruang Terbuka yaitu ruang yang ada didalam diri kita yang mana kita dan orang lain juga tau mengenai diri kita.
    b. ruang Buta yaitu ruang yang ada didalam diri kita yang mana orang lain tau mengenai diri kita tetapi kita tidak mengetahui nya.
    c. Ruang Tersembunyi yaitu ruang dimana kita mengetahui tentang diri kita tetapi orang lain tidak mengetahui nya atau biasa disebut rahasia pribadi.
    d. Ruang tidak diketahui yaitu ruang didalam diri kita yang mana kita dan orang lain tidak mengetahui sama sekali.

    untuk mengetahui ruang-ruang trsebut kita dapat berkomunikasi dengan diri kita sendiri atau orang lain. Selamat mencoba ! ! !

    ReplyDelete
  8. Nama :Oka Pranayu
    Nim : 3201105087

    Area Terbuka adalah Kesadaran terhadap diri kita sendiri terhadap sikap, prilaku, motivasi, nilai dan cara hidup kita yang kita sadari dan diketahui orang lain. Area Buta adalah hal-hal yang tidak kita ketahui tapi orang lain dapat melihatnya dengan jelas. Area tersembunyi adalah daerah kita yang tersembunyi yang tidak diketahui orang lain kecuali kita membukanya. Area tidak diketahui adalah daerah yang tidak diketahui oleh kita maupun orang lain. Jadi dari ke empat daerah tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa kita dapat menentukan daerah mana yang akan kita pilih untuk diri kita sendiri dengan cara mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu setelah itu melakukan komunikasi dengan orang lain sehingga kita dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber,serta kita juga akan mengetahui apa yang orang ketahui tentang kekurangan kita dan mengetahui apa yang orang lain ketahui,sehingga kita tidak berada di daerah buta.kita harus menjadi orang yang mengetahui suatu hal yang orang lain tidak mengetahuinya maka kita akan menjadi orang yang berhasil dan sukses.

    ReplyDelete
  9. Nama : Mardiyani
    NIM : 3201105056

    Dari keempat jendela Johari tersebut, kita bisa belajar lebih mengenal diri dengan baik mengenai sifat, prilaku , perasaan dan motivasi yang ada pada diri sendiri. Dalam proses mengenal diri dapat dilakukan tidak hanya dengan mencoba mengamati dan mengerti diri sendiri namun dapat melalui interaksi yang dilakukan dengan orang lain.
    Dengan mengenali diri sendiri, manusia mengetahui apa yang diri rasakan dan alasan diri berperilaku. Pemahaman terhadap diri akan memberikan kesempatan untuk merubah hal-hal yang ingin diubah, secara sadar dan aktif menciptakan kehidupan yang inginkan. Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri dapat membantu seseorang menentukan strategi hidup untuk mendapatkan tujuan hidupnya menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  10. Nama : Suci Yevira
    NIM : 3201105073


    Menurut jendela johari ada terdapat 4 segmentasi yakni dimensi terang (yang dapat di lihat diri sendiri dan orang lain), dimensi buta ( yang dapat di lihat orang lain tetapi tidak dapat di lihat oleh diri sendiri), dimensi rahasia (dimana diri sendiri tahu tetapi orang lain tidak tahu) dan dimensi gelap (dimana diri sendiri dan orang lain tidak mengetahui).
    Kesimpulan :
    Untuk mencapai suatu komunikasi secara efektif,sebaiknya kita mengurangi dimensi buta sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang kita tidak ketahui dari oprang lain.

    ReplyDelete
  11. Nama : Siti Rohma
    NIM : 3201105043


    Pada keempat jendela tersebut menggembarkan hal-hal berikut :
    Buka (Kita Tahu Orangpun Tahu): Jendela yang terbuka merupakan bagian dari kesadaran diri kita sendiri—sikap, perilaku, motivasi, nilai, dan cara hidup kita—yang kita sadari dan diketahui oleh orang lain. Kita bergerak dalam daerah ini dengan bebas

    Buta (Kita Tidak Tahu Tetapi Orang Tahu): Saat orang lain mengatakan apa yang mereka lihat (umpan balik), dengan cara yang bertanggung jawab dan mendukung, dan kita bisa mendengarnya; dengan cara itulah kita bisa menguji kebenaran siapa diri kita dan bisa berkembang.

    Tersembunyi: Daerah kita yang tersembunyi tidak bisa diketahui oleh orang lain kecuali jika kita membukanya. Ada hal-hal yang menurut kita lebih baik dan nyaman jika kita simpan untuk diri kita sendiri, dan juga ada hal-hal yang takut kita ungkapkan. Tingkat sampai mana kita membagi diri kita dengan orang lain (membuka diri) adalah tingkat sampai mana kita bisa dikenal.

    Tidak diketahui: Kita jauh lebih kaya dan lebih kompleks dari yang kita dan orang lain tahu, tapi dari waktu ke waktu sesuatu terjadi dirasakan, dibaca, didengar, dimimpikan sesuatu dari alam bawa sadar kita terungkap. Saat itu kita akan “tahu” apa yang tidak kita “ketahui” sebelumnya.
    kesimpulan:
    Untuk Mengenal diri sendiri dengan baik, seorang individu hendaknya mau mengefektifkan komunikasinya dengan orang lain, untuk melihat sisi lain dari dirinya yang mungkin hanya bisa dilihat oleh orang lain. Sehingga dengan hal penilaian dari orang lain kita dapat mengintropeksi diri kita menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  12. Nama : M.Rifqi Renanda
    NIM : 3201105058

    Dari penjelasan di atas seharusnya kita harus bisa mengoptimalkan komunikasi dengan orang lain sehingga kita akan lebih tau akan diri kita menurut pandangan orang lain. Orang-orang akan memberikan penilaian terhadap diri kita tentunya dari komunikasi yang terjadi. Jendela johari merupakan sudut pandang diri kita sendi dan orang lain yang terdiri dari :
    - Buka : Pada bagian jendela ini kita mengetahui diri kita sendiri, dan juga pastinya orang-orang di sekitar dapat mengetahui diri kita pula sebagai contoh dari sikap, motivasi, nilai, dan cara hidup kita.
    - Buta : Bagian jendela ini merupakan sesuatu yang kita tidak ketahui dari diri kita, akan tetapi orang lain tau. Mungkin kita belum mengetahui yang sebenarnya sudah ada pada diri kita tetapi orang lain mengetahui.
    - Tersembunyi : Daerah ini merupakan daerah yang tersembunyi, tidak bisa diketahui orang lain kecuali kita membukanya. Ada hal-hal yang kita anggap sangat penting dan kita tidak ingin orang lain mengetahuinya.
    - Tidak diketahui : daerah ini merupakan daerah yang sebenarnya kita sudah pelajari, dirasakan, dibaca, didengar, dimimpikan dan semua itu terekam dalam alam bawah sadar kita. Dan pada saat itu kita dapat tahu dari hal-hal sebelumnya yang tidak kita ketahui.

    ReplyDelete
  13. Nama : Hendika
    NIM : 3201105032

    Materi diatas dijelaskan bagaimana kita harus bisa bisa berkomunikasi dengan efektif agar kita bisa mengetahui diri kita sendiri menurut pandangan orang lain. Karena dengan berkomunikasi dengan orang lain, orang akan memberi penilaian terhadap kita,dan tentunya pandanga orang terhadap kita pastinya berbeda-beda.
    Ada empat jendela yang terdapat dalam materi ini :
    1. Buka : Jendela ini merupakan sebuah pandangan dimana kita mengetahui diri kita bahkan orang lain juga mengetahui tentang diri kita, sebagai contoh : sikap, nilai, cara-cara hidup.
    2. Buta : Bagian ini adalah suatu bagian dimana kita tidak mengetahui apa yang orang lain ketahui tentang diri kita.
    3. Tersembunyi : Bisa dibilang jendela ini seperti rahsia, dimana orang lain tidak mengetahui kecuali kita membukanya sendiri.
    4. Tidak diketahui : Jendela ini bisa dibilang hanya terjadi di alam bawah sadar kita, karena jendela ini membuat kita lebih kompleks, karena kita akan tiba-tiba mengetahui apa yang tidak kita ketahui.

    ReplyDelete
  14. NAMA : TIYA PEBRISARI
    NIM : 3201105057


    Dari materi di atas menjelaskan bahwa terdapat empat jendela yang ada di dalam diri kita antara lain :
    - Terang atau Buka dimana di daerah ini kita dan orang lain dapat mengetahui sikap dan perilaku kita.
    - Buta yaitu daerah yang orang lain mengetahuinya tetapi kita sendiri tidak dapat melihatnya.
    - Tersembunyi atau rahasia, disini hanya kita sendiri yang mengetahui apa yang ada dalam diri kita sedangkan orang lain tidak dapat melihatnya.
    - Tidak diketahui atau gelap, di daerah ini kita sendiri maupun orang lain tidak dapat meihatnya.
    Untuk mengenal diri sendiri dengan baik, seharusnya kita hendak berkomunikasi dengan orang lain agar kita dapat mengetahui sifat-sifat atau perilaku kita yang tidak kita ketahui, sehingga kita dapat memperbaiki sifat atau perilaku tersebut menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  15. NIM : 3201105068

    Jendela johari memiliki bagian :
    1. Sisi buka, menggambarkan hal-hal tentang diri kita yang kita ketahui dan orang lain juga mengetahui.
    2. Sisi buta, menggambarkan hal-hal tentang diri kita yang tidak kita ketahui tapi dapat dilihat atau diketahui oleh orang lain, bahkan dengan jelas.
    3. Sisi tersembunyi, disebut juga sisi rahasia. Bagian ini menggambarkan daerah kita yang tidak bisa dilihat atau diketahui oleh orang lain. Kita menganggap lebih bai dan nyaman apabila hal-hal tersebut kita simpan tanpa diketahui oleh orang lain, atau bisa juga karena rasa ketakutan kita.
    4. Sisi tidak diketahui atau sisi gelap, daerah ini menggambarkan tentang diri kita yang kita dan orang lain tidak dapat mengetahui. Hal itu hanya dirasakan pada alam bawah sadar kita. Tapi hal itu bisa saja dapat diketahui melalui hal yang tidak kita duga.

    Kita seharusnya dapat banyak mengetahui tentang diri kita sendiri, untuk itu lakukanlah komuniaksi dengan orang lain dengan baik. Perbesarlah daerah 1 (daerah buka) agar daerah yang buta, tersembunyi, dan tidak kita ketahui dapat kita kecilkan seminimal mungkin.

    ReplyDelete
  16. Nama : Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    Jendela johari memiliki 4 ruang, yaitu :
    1.Ruang Terbuka, yaitu ruang dimana kita dan orang lain tau.
    2.Ruang buta, yaitu ruang dimana orang lain tau dan kita tidak tau.
    3.Ruang tersembunyi, yaitu ruang dimana kita tau dan orang lain tidak tau.
    4.Ruang tidak diketahui, merupakan ruang dimana kita dan orang lain tidak tau.

    kesimpulannya, untuk mengetahui sisi yang tidak kita ketahui, kita membutuhkan orang menilai diri kita. sehingga dengan adanya penilaian dari orang lain terhadap diri kita, kita dapat memperkecil sisi buta yang kita tidak ketahui.

    ReplyDelete
  17. Nama : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Menurut saya Komunikasi efektif itu sangat layak untuk perhitungkan dalam membangun karir saya. Dengan komunikasi yang baik tentunya akan mendukung segala aktifitas yang saya lakukan. Apalagi jika saya bekerja pada Bidang pekerjaan komunikasi seperti presenter dan sejenisnya sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita berkomunikasi dalam menyampaikan sesuatu. Banyak faktor yang dapat membuat apa yang akan kita sampaikan menjadi lebih berkualitas. Seperti kesiapan mental, penguasaan bahan, kelengkapan sarana pendukung serta hal-hal lainnya. Adakalanya pada saat saya melakukan pekerjaan saya merasa ‘nervous’ hingga untuk mengungkapkan sesuatu saya malah kehilangan percaya diri bahkan pembicaraan jadi berputar-putar. Untuk itu saya selalu menyiapkan mental dan badan sebelum melakukan aktivitas pekerjaan saya.

    ReplyDelete
  18. NAMA : BUNGA ARYANI
    NIM : 3201105059

    EMPAT JENDELA JOHARI :

    - Buka : Pada bagian jendela ini kita mengetahui diri kita sendiri, dan juga pastinya orang-orang di sekitar dapat mengetahui diri kita pula sebagai contoh dari sikap, motivasi, nilai, dan cara hidup kita.
    - Buta : Bagian jendela ini merupakan sesuatu yang kita tidak ketahui dari diri kita, akan tetapi orang lain tau. Mungkin kita belum mengetahui yang sebenarnya sudah ada pada diri kita tetapi orang lain mengetahui.
    - Tersembunyi : Daerah ini merupakan daerah yang tersembunyi, tidak bisa diketahui orang lain kecuali kita membukanya. Ada hal-hal yang kita anggap sangat penting dan kita tidak ingin orang lain mengetahuinya.
    - Tidak diketahui : daerah ini merupakan daerah yang sebenarnya kita sudah pelajari, dirasakan, dibaca, didengar, dimimpikan dan semua itu terekam dalam alam bawah sadar kita. Dan pada saat itu kita dapat tahu dari hal-hal sebelumnya yang tidak kita ketahui.

    Empat jendela Johari tersebut dapat membuka jalan fikiran kita untuk mengetahui bagaimana sifat dan sikap seseorang, dapat mempelajari bagaimana cara menyikapi perbedaan sifat, serta dapat menyadari bagaimana sifat dan sikap yang kita miliki. sehingga kita memiliki kesempatan untuk dapat mengintrospeksi diri dan memperbaikinya.

    ReplyDelete
  19. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    Kadang yang menjadi penghalang saya untuk berkomunikasi secara efektif adalah ketika saya berada dalam posisi Blind Spot (Buta), saya tidak mengetahui tentang diri saya, tetapi orang lain mengetahui saya.Ketika dalam posisi ini, saya ingin orang lain terbuka dengan saya tentang diri saya, sehingga saya lebih mudah untuk memahami karakter pribadi saya, sehingga orang lain pun dapat dengan mudah berkomunikasi yang efektif kepada saya tanpa adanya miss ommunication antara pemberi dan penerima pesan.

    ReplyDelete
  20. NAMA:OKTAVIANA MS
    NIM:3201105064
    Jendela Johari memiliki 4 kuadran yang berbeda-beda :
    Kuadran 1: merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain. Misalnya orang lain mengetahui nama saya, tempat tinggal saya, warna kesukaan saya, makanan yang saya sukai, dan lainnya.
    Kuadran 2: merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh orang lain, tetapi tidak diketahui oleh diri kita sendiri. Misalnya ketika orang lain menyatakan diri saya sebagai orang yang keras kepala dan saya tidak menyadarinya.
    Kuadran 3 : merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri, tetapi tidak diketahui oleh orang lain. Biasanya hal-hal yang disimpan di kuadran ini bersifat sangat pribadi atau memalukan.
    Kuadran 4 : merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang tidak diketahui, baik oleh diri kita sendiri ataupun oleh orang lain.

    ReplyDelete
  21. Nama : Achmad Orissaputra
    Nim : 3201105017

    Kmunikasi yang efektif,
    komunikasi yang efektif dapat terjadi apabila terdapat 2 orang yang saling bertukar informasi, dimana salah satu berperan sebagai pembawa informasi dan yang lain sebagai penerima, apabila penerima dapat memahami pesan tersebut dengan baik, demikian yang disebut dengan komunikasi yang efektif.
    Menurut jendela Johari,Di dalam diri setiap individu terdapat 4 bagian Kuadran yang berbeda.
    1. Titik Buka ,Tindakan dan tampak fisik yang terlihat secara jelas oleh mata kita dan orang lain, kita menyadari bahwa kita memiliki hal, kemampuan, atau sikap tersebut.
    2. Titik Buta ,Sikap dan prilaku yang kadang kala tidak dapat kita sadari, hal seperti ini biasaya berupa tindakan sepontan, yang hanya dapat disadari oleh orang lain.
    3. Titik Tersembunyi, Di dalam diri kita, terdapat sisi dimana hal tersebut hanya kita yang dapat menjaganya dan mengetahuinya, orang lain tidak akan tahu jika kita tidak mengungkapkannya.
    4. Titik Tidak diketahui, Merupakan sisi yang belum diketahui kita dan orang lain, dengan kata lain potensi diri yang mungkin akan muncul dikemudian hari yang dapat kita kembangkan.

    Semua itu dapat kita rasakan, jika kita telah mengenali siapa diri kita sebenarnya, namun diluar itu,dari penilaian orang lain dan dapat muncul setelah kerja keras yang kita lakukan.

    ReplyDelete
  22. Nama : Yurita Oktaviani
    NIM : 3201105049

    Komunikasi efektif adalah respons dari komunikan. Ketika komunikan memahami pesan yang disampaikan, responsnya pun akan sesuai dengan tujuan dan harapan komunikator. Namun, dalam prakteknya, pesan sering kali menjadi aspek penting. Ide atau gagasan sering kali gagal sampa, itu karena sarana komunikasinya salah sasaran.

    ReplyDelete
  23. Nama : Muhammad Hadinaufall
    Nim : 3201105005

    Dalam kegiatan kita sehari-hari hal yang paling terpenting adalah Komunikas, komunikasi yg kita pergunakan pun harus sangat baik atau bisa di bilang cukup baik. Karena awal dari Komunikasi yg efektif adalah bagaimana komunikan dapat saling memahami satu dan yg lain. Kadang orang takut mengungkapkan sesuatu karena kurangnya kepercayaan diri yg tinggi sehingga komunikasi biasanya mnjadi kacau itulah yg membuat seseorang lemah akan apa yg kurang dalam dirinya. Maka, komunikasi efektif sebenarnya adalah langkah awal kita untuk tahu apa kurang dan lebihnya yg ada dalam diri kita ini.

    ReplyDelete
  24. NIM : 3201105105

    Komunikasi Efektif di tujukan untuk mengenalkan diri sendiri dengan baik, seorang individu hendaknya mau mengefektifkan komunikasinya dengan orang lain, agar bisa saling berbagi pendapat atau pengalaman. di dalam jendela johari kita bisa melihat bentuk ciri-ciri kepribadian seseorang atau diri sendiri dan bagaimana orang menilai diri kita, serta penilaian terhadap diri sendiri..... (^_^)

    ReplyDelete
  25. NIM: 3201105022

    Setelah mendapatkan pelajaran dari jendela johari, maka pada akhirnya kita akan mengenal diri, tentunya dengan sarana komunikasi yang baik. Namun, mengenal diri bukanlah tujuan. Pengenalan diri adalah sebagai wahana (sarana) untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karenanya, setelah seseorang dapat menjawab pertanyaan siapa saya? maka pertanyaan selanjutnya adalah saya ingin menjadi siapa? Jawaban atas pertanyaan tersebut tentunya beragam, sesuai dengan peran-peran yang dimainkannya. Manusia memiliki kemampuan untuk mengubah atau mengembangkan diri.

    Keep spirit!!!

    ReplyDelete
  26. Nim : 3201105033

    Dalam jendela johari manusia di golongkan menjadi 4 yaiyu :

    -Buka: Jendela yang terbuka merupakan bagian dari kesadaran diri kita sendiri—sikap, perilaku, motivasi, nilai, dan cara hidup kita—yang kita sadari dan diketahui oleh orang lain. Kita bergerak dalam daerah ini dengan bebas
    -Buta: hal-hal tentang diri kita yang tidak kita ketahui, tapi bisa dilihat oleh orang lain dengan lebih jelas
    -Tersembunyi: Daerah kita yang tersembunyi tidak bisa diketahui oleh orang lain kecuali jika kita membukanya
    -Tidak diketahui: Kita jauh lebih kaya dan lebih kompleks dari yang kita dan orang lain tahu, tapi dari waktu ke waktu.

    kesimpulan : Kita membutuhkan pendapat dan saran orang lain untuk mengenal dan memperbaiki diri kita. sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  27. NIM 3201105079

    UNTUK DAPAT MENGEMBANGKAN DIRI secara maksimal kita harus dapat membuka diri dengan maksimal pula, mencari tau semua kelemahan kita agar kita dapat mencari jalan untuk menutupinya adalah langkah terbaik. agar dapat mengetahui kelemahan dan keunggulan kita secara maksimal kita tidak bisa hanya menilai diri seniri tapi juga harus mendengarkan penilaian orang lain agar kita dapat melihat sisi buta kita.

    ReplyDelete
  28. bambang tri atmojoJuly 19, 2012 at 9:32 AM

    nim : 3201105045

    setiap individu memiliki hal yang sama yaitu bentuk pemikiran. individu memiliki pengetahuan yang juga diketahui individu lain. individu juga memiliki pengetahuan yang tidak diketahui oleh orang lain. individu juga bisa tidak memiliki pengetahuan tapi pengetahuan itu dimiliki oleh individu lain. dan individu juga bisa tidak memiliki pengetahuan dan individu lain juga tidak memilikinya, tapi kita akan tau ap yg tidak kita ketahui dng cara memikirkan dan memimpikan nya terlebih dahulu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts