Hubungan Pribadi - Pertemuan Ke 9

Pertemuan tgl 8/6-2012

Sosial dan ketrampilan teknik

Beberapa orang diantara kita memiliki ketrampilan teknik yang bagus, mempunyai kesulitan   dengan   ketrampilan   sosial   mereka.   Mereka   bekerja   dengan   baik   dan mengerjakan   pekerjaan   mereka   dengan  serius,   mereka   juga   memberi   jaminan kepada   orang-orang   yang   bekerja.   Hasilnya   85%   orang-orang   yang   kehilangan pekerjaan, bukan karena mereka kurang keterampilan dasar, tetapi mereka tidak bisa bekerjasama dengan orang.

Ketika orang bekerja bersama mereka terikat dengan  beberapa masalah. Ketika    orang    mendiskusikan      permasalahan   secara      terbuka,    dengan    bijaksana, mereka sepertinya memiliki hubungan yang baik. Orang yang akrab satu dengan yang lain akan lebih bahagia dalam pekerjaan mereka dan bekerja lebih efektif.
Cara menghindari masalah:
  1. Jangan   mengambil   orang   sebagai   jaminan.   Setiap   karyawan   sebaiknya  diberi   perhatian.   Usaha   dari   setiap   karyawan   sebaiknya   diketahui.   Organisasi sebaiknya      juga   menghargai     setiap usaha    sesuai   dengan     kebutuhan     setiap karyawan.
  2. Pengaruh   persepsi   terhadap   hubungan   antar   pribadi. Apa   itu   persepsi? Persepsi adalah cara kita melihat, mendengar dan mengerti sesuatu kejadian atau    orang.   Hubungan      kita  dengan     orang   lain  berpengaruh      besar   dengan bagaimana kita “melihat atau “mendengar” Kadang-kadang kita bermasalah melihat orang lain dengan apa yang ada pada mereka. Hal   ini  memberi     pengaruh     bagaimana      kita  berhubungan      dengan mereka.   Ketika   seseorang   melihat   sesuatu   berbeda,   mereka   mungkin   salah  mengerti      satu   sama    lainnya.   Untuk    menghindari     konflik   di  tempat    kerja, penting untuk memahami fakta-fakta berikut tentang persepsi. 
  • Persepsi itu unik. Kita melihat sesuatu secara berbeda. Tidak ada dua orang yang sama. 
  • Persepsi itu pribadi. Kita melihat sesuatu sebagai apa yang kita lihat menurut diri kita. Kita kadang- kadang hanya melihat apa yang kita ingin lihat. Perasaan   kita   dan   prasangka  kita   membedakan   bagaimana   kita melihat sesuatu. 
  • Persepsi   dihubungkan   dengan   pengalaman   kita.   Orang   tua   kita, pengajar kita dan teman kita mengajarkan kepada kita melihat sesuatu dengan  cara  yang  benar.  Kadang-kadang  kita  melihat  sesuatu  dengan cara yang salah karena pengalaman masa lalu kita.
  • Persepsi itu   selektif.  Kita    seringkali   hanya    melihat   sebagian    dari masalah   dari   suatu   situasi.   Sebagai   contoh,   jika   beberapa   hal   terjadi, kita   sepertinya     tidak   banyak    mengingat      yang    pertama     dan   yang terakhir.          
  • Bagaimana kita  menjelaskan sesuatu persepsi, apa yang kita lakukan. Sebagai  contoh kita   memutuskan  bagaimana  bertindak terhadap seseorang berdasarkan kesan kita kepadanya. 
  • Persepsi   akan   berubah.   Kita   melihat   sesuatu   berbeda   pada   waktu yang     berbeda,    bergantung   pada     perasaan     kita,  dimana    dan   dengan siapa kita. Kita juga belajar persepsi baru dan membentuk pengalaman baru kita.                                                                             

3.      Memberi dan menerima umpan balik. Sebaiknya kita tahu dan menghargai keutamaan   memberi     dan   menerima     umpan     balik. Umpan balik  sebaiknya dihargai dan diberikan pada waktu tertentu secara regular. Umpan balik yang lambat mungkin tidak ada nilainya buat seseorang. Kurang umpan balik akan merusak hubungan antar pribadi dan bertentangan dengan efisien pekerjaan.

 

originally posted by Zulfikar
edited by Admin

Comments

  1. Nama : Anis Khairunnisa
    NIM : 3201105039

    Saya setuju dengan pernyataan, "salah satu faktor orang berhenti bekerja bukan karena tidak mempunyai keterampilan, tetapi kurang bisa bekerja sama", karena sebagian besar orang selalu mencampuri masalah pribadi dengan pekerjaan, itu merupakan salah satu faktornya, sehingga mereka tidak bisa bekerja sama dan meminta bantuan untuk mencari solusi yang terbaik, agar masalah pribadi tidak tercampuri oleh masalah pekerjaan.
    Lebih baik mempertahankan karyawan yang memiliki kemampuan teknik dan sosial, daripada karyawan yang hanya memiliki kemampuan teknik tanpa didasari kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain.

    ReplyDelete
  2. Nama : Abdurrahim
    NIM : 3201105038

    dalam dunia pekerjaan bekerjasama memang sangat diperlukan agar temapt dimana dia bekerja dapat berkembang, dan salah satu faktor orang berhenti bekerja bukan karena tidak mempunyai keterampilan tetapi kurang bisa bekerja sama itu sangat tepat karena jika kita tidak bekerja sama dalam kelompok kita maka apa yang kita hasilkan tidak seimbang dikarenakan kita tidak memiliki kerjasama yang baik dengan kelompok kita, kita hanya memikirkan diri kita sendiri tanpa memikirkan kelompok. mungkin kita memang lebih di antara kelompok kita tetapi itu membuat kinerja kelompok kita menjadi tidak seimbang.

    mulai lah bekerja sama dengan baik didalam kelompok kerja agar apa yang kita hasilkan nanti dapat seimbang

    ReplyDelete
  3. NAMA :SEFY SUMANTI
    NIM :3201105029

    Ketika kita berada didalam ligkungan kerja,kerjasama sangat diperlukan antar karyawan.
    karena beberapa orang sudah memiliki keterampilan teknik kerja yang baik,tetapi mereka tidak bisa bekerjasama.sehingga sungguh disayangkan mereka harus kehilangan pekerjaannya.
    Masalah hubungan pribadi yang terjadi diakibatkan karena seseorang menghitung untung maupun ruginya,persepsi yanf berbeda,dan umpan balik yang tidak singkron.
    Sehinggga agar tidak terjadi konflik atau timbulnya masalah kita harus saling perhatian diantara karyawan,menyamakan persepsi sehingga dapat saling pengertian diantara perbedaan yang ada,dan sebaiknya kita tahi dan juga dapat menghargai memberi dan menerima umpan balik.
    Bekerjasama dengan baik dapat menjaga hubungan yang harmonis diantara karyawan dan tentunya dapat meringankan pekerjaan yang dipikul.

    ReplyDelete
  4. Nama :Oka Pranayu
    Nim : 3201105087
    Menurut saya berkerjasama sangatlah penting didalam suatu perkerjaan maupun suatu yang diluar pekerjaan, karena tanpa adanya kerjasama antara satu individu dengan orang disekitarnya maka perkerjaan tersebut tidak akan terlaksana dengan efektif dan efisien.jadi sebaiknya di dalam suatu perusahaan harus mempunyai karyawan yang memiliki kemampuan teknik dan sosial daripada karyawan yang tidak memiliki kemampuan untuk berkerjasama dengan orang lain.agar terjalinya hubungan kerjasama yang baik kita harus saling menghargai satu sama lain dan mau menerima kritik dari orang lain agar terjalin hubungan yang harmonis antar karyawan.

    ReplyDelete
  5. Nama : Mardiyani
    NIM : 3201105056

    Dalam dunia pekerjaan kita seharusnya buka hanya memiliki keterampilan teknis yang bagus tetapi juga di imbangi dengan keterampilan sosial, karena orang-orang yang kehilangan pekerjaan, bukan karena mereka kurang keterampilan dasar, tetapi mereka tidak bisa bekerjasama dengan orang.
    Ketika orang bekerja bersama mereka terikat dengan beberapa masalah.sebaiknya mereka mendiskusikan permasalahan secara terbuka, dengan bijaksana dalam menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menghindari suatu masalah dalam perusahaan tersebut , Organisasi sebaiknya juga menghargai setiap usaha sesuai dengan kebutuhan setiap karyawan, kerena setiap orang memilik kemampuan yang berbeda-beda, menyamakan suatu persepsi agar tidak ada kesalah pahaman di antara karyawan yang mengakibatkan terjadinya konflik, dan menghargai dalam memberi dan menerima umpan balik

    ReplyDelete
  6. Nama : Rafitri Andayani
    NIM : 3201105035

    Ya memang benar hampir 85% orang kehilangan pekerjaannya karena kurang bisa bekerjasama atau tidak bisa mengimbangi antara keterampilan teknis dan keterampilan berkomunikasi,maka dari itu di dalam lingkungan pekerjaan tidak hanya di butuhkan keterampilan teknis tetapi juga keterampilan berkomunikasi soalnya di dunia kerja kita tidak bekerja sendiri,kita juga membutuhkan bantuan orang lain dalam memecahkan suatu permasalahan maka di butuhkan rasa saling menghargai dan menghormati,bebas berpendapat,memberikan feedback agar terhindar dari konflik dan juga kehilangan pekerjaan.
    Empat cara dalam pembentukan kelompok :
    1. Forming atau pembentukan
    2. Storming atau saling mengetahui
    3. Penormaaan (menyepakati sesuatu)
    4. Performing atau kinerja.

    ReplyDelete
  7. Nama : Suci Yevira
    NIM : 3201105073


    Dari pernyataan diatas saya sangat setuju,karena kerja sama sangat di perlukan di dalam suatu kelompok atau organisasi,suatu kelompok / organisasi tidak akan maju apabila orang – orang tersebut enggan untuk bekerja sama.selain itu 3 hal yang harus di hidari dalam suatu kelompok sehingga menimbulkan masalah pribadi yakni :
    1.Memanfaatkan keuntungan dari orang lain sehingga orang tersebut merasa di rugikan
    2.Tidak hanya memandang dari presepsi sendiri
    3.Sebaiknya memberikan umpan balik terhadap lawan bicara sehinnga orang tersebut merasa dihargai

    ReplyDelete
  8. Nama : Siti Rohma
    NIM : 3201105043


    Orang yang memiliki pengetahuan dan skills yang baik, belum tentu dia dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan baik. Sehingga manusia yang demikian terkadang sering menjadi penyebab kenilangan pekerjaannya. Untuk mencapai hasil pekerjaan yang efektif, maka kita harus memisahkan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan.
    Berikut ini adalah cara menghindari masalah :
    1. Jangan mengambil orang sebagai jaminan. Setiap karyawan sebaiknya diberi perhatian.
    2. Pengaruh persepsi terhadap hubungan antar pribadi. Untuk menghindari konflik di tempat kerja, penting untuk memahami fakta-fakta berikut tentang persepsi.
    • Persepsi itu unik; Kita melihat sesuatu secara berbeda.
    • Persepsi itu pribadi; Kita kadang- kadang hanya melihat apa yang kita ingin lihat. Perasaan kita dan prasangka kita membedakan bagaimana kita melihat sesuatu.
    • Persepsi dihubungkan dengan pengalaman kita; Kadang-kadang kita melihat sesuatu dengan cara yang salah karena pengalaman masa lalu kita.
    • Persepsi itu selektif; Kita seringkali hanya melihat sebagian dari masalah dari suatu situasi.
    • Bagaimana kita menjelaskan sesuatu persepsi, apa yang kita lakukan.
    • Persepsi akan berubah; Kita melihat sesuatu berbeda pada waktu yang berbeda, bergantung pada perasaan kita, dimana dan dengan siapa kita. Kita juga belajar persepsi baru dan membentuk pengalaman baru.
    3. Memberi dan menerima umpan balik.

    Dalam kehidupan social kita harus dapat beradaptasi, sehingga menghasilkan hubungan yang baik. Karena pada kodratnya kita saling membutuhkan.

    ReplyDelete
  9. Nama : M.Rifqi Renanda
    NIM : 3201105058

    Di dalam dunia kerja, kita harus mampu untuk bekerja sama. Hubungan kerja sama dapat terjadi dari adanya interaksi dan timbal balik akan komunikasi yang setiap kali kita lakukan dengan orang lain. Hubungan kerjasama dalam pekerjaan sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dengan lebih efesien. Apabila kita tidak dapat saling berinteraksi atau pun saling bekerjasama dengan orang lain akan tetapi kita memiliki skill yang melebihi dari orang lain, itu akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Orang lain tentunya akan lebih mengandalkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan, itu akan membuat beberapa orang di sekitar kita akan kehilangan pekerjaan mereka, dengan kata lain mereka akan merasa malas dan lebih mengandalkan diri kita. Dan apabila kita tidak mampu untuk bekerjasama tetapi skill kita melebihi dari orang lain, itu mungkin akan berdampak pada kecemburuan orang lain terhadap kita. Kerja sama sangat penting, semua akan mendapatkan porsinya masing-masing dan dari adanya kerjasama sehingga tujuan dari apa yang ingin dicapai dapat terwujud.

    ReplyDelete
  10. Nama : Hendika
    NIM : 3201105032

    Skil dalam diri kita sangatlah dibutuhkan,karena dengan adanya skill kita dapat dengan mudah mendapat sebuah pekerjaan sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai dengan skill yang kita miliki,tetapi dalam dunia kerja,hubungan kerjasama sangat dibutuhkan karena dengan kerjasama sebuah pekerjaan akan terselesai dengan baik,dan hubungan tersebut akan membuat kita menjadi lebih baik lagi.
    meskipun kita memiliki skil,tapi kita tidak bisa kerja sama dengan baik dengan tim kita,maka akan terjadi suatu masalah diantara tim kita, misalkan ada kecemburuan dalam tim kita, anggota tim jadi malas bekerja karena hanya mengandalkan kita, kesimpulannya kerja sama sangat penting dalam sebuah pekerjaan.

    ReplyDelete
  11. NAMA : TIYA PEBRISARI
    NIM :3201105057

    Saya setuju bahwa kerjasama dengan orang lain sangat penting dalam melakukan pekerjaan. Dengan bekerjasama pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih mudah dan cepat selesai. Namun saat ini memang banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaannya dikarenakan tidak bisa bekerjasama dengan orang lain. Menurut saya salah satu penyebabnya adalah pola asuh yang membiasakan seseorang untuk bekerja mandiri tanpa meminta bantuan dari orang lain,sehingga seorang tersebut telah terbiasa bekerja sendiri dan tidak bisa bekerjasama.
    Jika seseorang tidak mampu bekerjasama ada beberapa proses pembentukan kelompok, antara lain:
     Forming (pembentukan)
     Storming (saling mengenal)
     Norming (norma/kesepakatan)
     Performing (kinerja)

    ReplyDelete
  12. NIM : 3201105068

    Itulah mengapa banyak perusahaan sekarang dalam merekrut karyawannya disyaratkan untuk bisa bekerja dalam tim. Karena bila tidak dapat bekerja dalam tim, ditakutkan dapat memunculkan konflik yang akhirnya akan mengganggu atau menghambat kinerja perusahaan.
    Pada jaman sekarang juga diharapkan dalam bekerja kita dapat menyeimbangi produktifitas karyawan lain, jangan sampai produktivitas kerja kita lebih tinggi daripada yang lain, karena hal itu akan memunculkan rasa iri dan perusahaan atau karyawan lain akan selalu mengandalkan kita.
    Berikut beberapa faktor adanya konflik yang dapat memunculkan masalah pribadi:
    1. Untung dan rugi, kebanyakan orang selalu ingin mengambil untung dari orang lain, akhirnya yang menadapatkan rugi akan merasa punya dendam dengan orang yang mengambil untung tersebut.
    2. Perbedaan persepsi atau pandangan (melihat, mendengar, mengerti) terhadap orang lain.
    3. Tidak mau menerima umpan balik dari orang lain.

    Tapi semua itu dapat dihindari atau diselesaikan oleh komunikasi.
    Ada beberapa langkah (tahap) agar kerjasama dalam kelompok dapat terwujud:
    1. Forming, pembentukan kelompok itu sendiri.
    2. Storming, saling mengenal antar anggota kelompok. Kadang bisa terjadi konflik juga dalam tahap ini.
    3. norming, sebagai jalan keluar dari storming. Menetapkan norma-norma atau kesepakatan dalam mencapai tujuan.
    4. Performing (kinerja)

    ReplyDelete
  13. Nama : Tri Kasih Susanti KD
    NIM : 3201105116

    Di dalam dunia kerja, keterampilan dan skill yang dimiliki seseorang kurang berguna jika ia tidak bisa mengimbangi dengan kerjasama. Karena kurangnya kerjasama sehingga membuat banyak orang yang berhenti bekerja.
    Sering terjadi konflik antara sesama pekerja seperti perbedaan persepsi dan sebagainya, dan untuk menghindari perbedaan tersebut kita harus saling menghargai,menerima dan memberi pendapat dan umpan balik, dan hal tersebut bisa kita lakukan dengan bekerjasama.
    Oleh karena itu, kerjasama sangatlah penting dalam melakukan pekerjaan agar mencapai tujuan yang efektif dan efisien, dan manusia merupakan mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain.

    ReplyDelete
  14. Nama :Firdha Amalia
    NIM : 3201105054

    Menurut saya,dalam dunia kerja bukan cuma keahlian teknis dan profesional saja yang dibutuhkan. Kemampuan sosialisasi pun tak kalah pentingnya. Bahkan sudah banyak yang membuktikan kepiawaian bersosialisasi mampu mengantarkan seseorang ke gerbang sukses. Apalagi, bagi para pekerja dan profesional, lingkungan kerja merupakan tempat atau lembaga yang banyak menyita waktu mereka. Sehingga sosialisasi itu sanga dibutuhkan untuk menunjang kinerja kita.

    ReplyDelete
  15. Nama : Yurita Oktaviani
    NIM : 3201105049

    Menurut saya, dalam bekerja skill atau keterampilan sangat dibutuhkan. Tetapi kerjasama bahkan kounikasi yang baik dalam bekerja pun sangat dibutuhkan. Ini agar dapat mempermudah kita dalam bekerja, kita tahu bahwa dalam bekerja kita pasti membutuhkan bantuan orang lain. Dengan berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja kita, kita bisa saling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

    ReplyDelete
  16. NAMA : SEPTI AGUSTIAWATI
    NIM : 3201105078
    Menurut saya dalam dunia kerja selain mempunyai keterampilan yang bagus kita juga perlu bekerja sama kepada orang orang lain sebagian besar orang-orang kehilangan pekerjaan bukan karena mereka kurang keterampilan dasar tetapi kurang bekerja sama dengan orang lain.
    Ketika orang bekerja sama mereka terikat dengan beberapa masalah dan dengan bekerja sama masalah itu akan bisa dipecahkan bersama-sama mendiskusikan permasalahan tersebut secara terbuka.
    Orang yang mudah bekerjasama akan lebih bahagia dalam bekerja sama dan bekerja akan lebih efektif.

    ReplyDelete
  17. Nama : SRI REJEKI
    NIM : 3201105086

    Menurut saya Membangun hubungan pribadi membutuhkan fokus pada kebutuhan orang lain, bukan kebutuhan diri kita sendiri. Perhatian kepada orang lain ini menghasilkan loyalitas kuat dari banyak pihak yang berbeda, termasuk karyawan, konsumen, mitra bisnis, dan orang yang menjadi tempat kita melapor, semuanya baik bagi bisnis yang kita jalani. Posisi Eksekutif yang fokus pada hubungan ini menempatkan proritas dan penekanan yang jauh lebih besar pada hubungan keluarga dibandingkan dengan hubungan di kantor. Tanpa hubungan yang mendalam dan bertahan lama di rumah, kesuksesan bisnis dan finansial tidak punya banyak nilai.

    ReplyDelete
  18. NAMA : BUNGA ARYANI
    NIM : 3201105059

    Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia. Persepsi merupakan keadaan integrated dari individu terhadap stimulus yang diterimanya. Apa yang ada dalam diri individu, pikiran, perasaan, pengalaman-pengalaman individu akan ikut aktif berpengaruh dalam proses persepsi.
    Setiap manusia pasti memiliki persepsi atau pandangan yang berbeda dalam meninjau sesuatu. Hal itu sangat wajar dalam kehidupan. Namun di dalam lingkungan pekerjaan, perbedaan persepsi harus dapat diatasi dengan cara mencari penyelesaian dengan satu pemikiran dan tujuan serta yang paling dibutuhkan adalah suatu kerjasama yang solid agar perbedaan persepsi dapat diatasi dengan baik.

    ReplyDelete
  19. NAMA:OKTAVIANA MS
    NIM:3201105064
    Menurut saya didalam dunia kerja kerjasama antar patner kerja sangat lah mempengaruhi keberhasilan dalam pekerjaan kita, dan juga diimbangi dengan ketrampilan yang kita miliki. namun didalam lingkungan kerja sering kali terjadi suatu persepsi yang berbeda hal itu sangat wajar untuk itu kita harus mencari jalan keluar untuk menyelesaikan perbedaan persepsi tersebut tanpa harus merugikan orang lain ataupun kita sendiri.

    ReplyDelete
  20. Nama : Achmad Orissaputra
    Nim : 3201105017

    Hubungan Pribadi
    Kita hidup didunia ini tidak mungkin sendiri, karena kita ditakdirkan untuk menjadi makhluk yang sosial yang berhubungan antara satu dan yang lainnya.
    Pada saat ini sering kali masalah hubungan antar pribadi timbul dan akan menimbulkan perasaan serta suasana tidak nyaman dalam lingkungan tertentu apabila terjadi perselisihan paham di dalam nya yang terjadi antara individu.
    semua itu dapat diatasi dengan belajar menghargai satu dengan yang lain , dimana setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, jika itu terlaksana tidak akan ada rasa tidak enak dan masalah yang muncul dari perasaan tidak enak tersebut, sehingga suasana dapat kembali baik dan proses kehidupan akan berjalan dengan baik, sebagai individu sekaligus makhluk sosial.

    ReplyDelete
  21. NIM : 3201105105
    Hubungan pribadi sangat erat kaitannya dengan orang lain. manusia sebagai makhluk sosial memiliki saling ketergantungan yang erat dimana satu dengan yang lainnya saling membutuhkan. Hubungan kita dengan orang lain berpengaruh besar dengan bagaimana kita melihat, mendengar dan merasakan. Kadang-kadang kita bermasalah melihat orang lain dengan apa yang ada pada mereka. Hal ini memberi pengaruh bagaimana kita berhubungan dengan mereka. Ketika seseorang melihat sesuatu berbeda, mereka mungkin salah mengerti satu sama lainnya. untuk itu perasaan sesorang haruslah dijaga terjadi kesalah pahaman dan menjaga agar hubungan dengan orang lain menjadi harmonis..........!!!!!!

    ReplyDelete
  22. Nama : Raden Hardiyanto
    Nim : 3201105025

    kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang mana saling membutuhkan satu sama lain, dalam hubungan kerja tentunya kita harus bisa bekerja sama dengan rekan kerja supaya kita tidak merasa bahwa kita terasingkan. sifat yang harus dimiliki oleh seseorang supaya dapat bekerja sama adalah saling membangun hubungan yang baik antara rekan kerja.
    maka dari itu kita harus bisa menghindari masalah yang terjadi dalam kerja.
    salah satu cara menghindari masalah tersebut adalah memberi dan menerima umpan balik, supaya kita tahu apa kekurangan dari diri kita.

    ReplyDelete
  23. NAMA : SURIATI WIWIN
    NIM : 3201105100

    Dalam aktivitas usaha setiap orang selalu membutuhkan kehadiran dan peran orang lain. Tidak seorang pengusaha atau wirausaha yang sukses karena hasil kerja atau usahanya sendiri.
    Karena dalam kesuksesan usahanya, pasti ada peran orang atau pihak lain. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses usaha adalah sukses dalam kerja sama usaha.
    Kerja sama pada intinya menunjukkan adanya kesepakatan antara dua orang atau lebih yang saling menguntungkan.

    ReplyDelete
  24. Nama : Muhammad Hadinaufall
    Nim : 3201105005

    Setiap orang memiliki karakter yg berbeda, itu adalah hal yg membuat kadang kala seseorang tak ingin terbuka dalam urusannya. Tanpa kerja sama dalam melakukan suatu hal yg di anggap perlu itu merupakan kesalahan setiap individu yg sangat terlihat nyata. Apa lagi dalam ruang lingkup kerja yg sangat membutuhkan bantuan org lain seperti halnya bekerja sama agar kita bisa menambah kemampuan yg kita miliki. Penyebab ini, karena seseorang terlalu yakin dengan kemampuan yg ia miliki sehingga suatu saat ia akan jatuh akibat kemampuannya yg beranggapan ia bisa melakukan semuanya sendiri.
    Jadi, ada baiknya seseorang bisa membaur dirinya kepada lingkungan sekitarnya agar bisa bekerja sama dengan baik, asalkan ia berani terbuka dengan lingkungannya maka kerja sama akan sangat mudah untuk ia lakukan.

    ReplyDelete
  25. NIM: 3201105022

    Saya pernah membaca sebuah tulisan yang mengatakan "Habiskanlah waktu kita dengan menjalin hubungan, bukan mengejar keberhasilan".

    Kita diciptakan untuk berhubungan, dan di dalam hubungan itulah, bukan di dalam keberhasilan, dapat kita temukan pemenuhan keinginan kita.

    Membangun hubungan membutuhkan fokus pada kebutuhan orang lain, bukan kebutuhan diri kita sendiri. Perhatian kepada orang lain ini menghasilkan loyalitas kuat dari banyak pihak yang berbeda.

    SALAM SUPER!

    ReplyDelete
  26. Nim : 3201105033

    Selain membutuhkan kemampuan di dalam dunia kerja kita harus mempunyai partner kerja tidak mungkin kita berkerja sendiri sebagaimana yg telah kita ketahui bahwa manusia adalah mahluk sosial yg tidak bisa hidup sendirri dan saling memerlukan orang lain.
    Manusia adalah mahluk sosial, sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  27. nama : eldy setiawan
    NIM : 3201105079

    memang benar banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena tidak dapat bekerja sama bahkan ada sebagian orang yang di kucilkan karena tidak dapat berbaur dan bekerja sama mencampur aduk kan masalah pribadi dan masalah pekerjaan juga menjadi salah satu faktor seseorang sulit bekerjasama. selain keahliah kemampuan bekerjasama juga sangat di butuhkan dalam dunia kerja pada masa ini. tidak memandang rendah orang lain, mencoba percaya kepada kemampuah orang dan selalu membuat orang merasa di pentingkan adalah salah satu kunci utama dalam bekerjasama.

    ReplyDelete
  28. bambang tri atmojoJuly 19, 2012 at 9:24 AM

    nim : 3201105045

    individu yang tidak mampu berkembang adalah individu yang tidak bisa bersosialisasi dengan individu lain. orang banyak kehilangan pekerjaan karena tidak mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain. yang dibutuhkan untuk hidup adalah bersosialisasi agar kita bisa berhasil dalam menjalani hidup. kemampuan yang sesungguhnya adalah kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang lain sehingga kemampuan kita bisa lebih berkembang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts