Inovasi dan Perkembangan Printer

Printer adalah salah satu hardware(perangkat lunak)yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas lainnya.
Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut DPI (Dot Per Inch). Artinya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inch. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk atau tidak bagus.

Printer dalam perkembangannya telah mengalami perubahan yang sama halnya dengan perkembangan alat ouput dan input device lainnya. Perkembangan printer terus berkembang baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas, kuantitas maupun teknis pengoperasian lainnya.



Perkembangan printer:


1. PRINTER DOT-METRIX
Printer dot-metrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah, ketika mencetak suaranya cenderung sangat keras serta kualits untuk mencetak gambar kurang baik karena hasil cetakan dibentuk oleh hentakan jarum pada pita yang membentuk karakter yang berupa titik-titik yang beraturan, sehingga terlihat seperti titik yang saling berhubungan. Printer ini hanya mempunyai satu warna yaitu hitam.
Printer ini masih banyak digunakan karena keaweatannya. Printer ini mempunyai resolusi 360x360 dpi dan tidak akan mungkin ditambah lagi, karena hasilnya justru tidak akan bagus.

a. Printer Dot-Metrix Epson
Merk yang banyak dipakai adalah LX300, digunakan untuk kantor kecil dan LQ2170 untuk kantor besar sedangkan seri DFX biasanya dipakai untuk tugas-tugas yang lebih berat.Printer epson terdiri dari: stylus 300 (3ppm), stylus 400 (4ppm), stylus 600 (6ppm), stylus 800 (8ppm),dan stylus 1520 (8ppm). Printrer stylus ini biasanya ditujukan sebagai printer personal. Darisegi kecepatan stylus 800 dan stylus 1520 merupan unggulan printer ini dan dapat digunakan sebagai printer workgroup. Printer ini mempunyai resolusi sampai 1440 dpi. Sampai saat ini epson masih berkonsentrasi pada peningkatan dpi.


b. Printer Dot Metrix Lexmark
Terdiri dari lexmark color jet printer 1000 dan lexmark 7000.Printer ini juga dilengkapi jajaran printer personal lainnya seperti color jet printer 1020. Color jet printer 2050 dan color jet printer 2070, lexmark juga memiliki satu printer laseryang ditujukan untuk pemakaian personal, yaituseri Optra E. Keunggulan produk ini terletak pada kemampuan untuk mencetak diatas passbook dan mencetak dari dua sumber kertas yang berbeda secara selang-seling. Color jet printer 1000 beresolusi 600x600 dpi, merupakan printer low end untuk pemakaian rumah/kantor kecil. Lexmark 700 dirancang untuk pemakaian rumah dan kantor yang membutuhkan hasil yang berkualitas tinggi. Produk unggulan lexmark mempunyai resolusi 1200x1200 dpi. Printer dot metrix lexmark model 7000 memiliki tinta waterproof dan bekerja hanya satu warna yaitu hitam atau warna.

2. PRINTER INKJET
Printer ini merupakan printer yang paling cepat perkembanganya. Printer inkjet ini mempunyai kemampuan mencetak diatas berbagai ukurandan media (kertas, kartu, T-shirt). Hasil cetakan printer ini lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

a. Printer Inkjet HP (Hewlett Packard)
Jenisnya: HP deskjet 890C, HP deskjet 720C, HP deskjet 1120C. Kecepatan mencetak dapat mencapai 9ppm untuk hitam dan 5ppm untuk mencetak warna.  

b. Canon
Jenisnya: BJC-80, BJC-4300, BJC-4650, BJC-7000 dan BJC-4200SP. Masing-masing jenis mempunyai fungsi yang berbeda. Terutama BJC-4200 selain ditujukan untuk personal dapat digunakan sebagai printer jaringan.

3. PRINTER LASER JET

Mempunyai daya cetak yang cukup banyak dapat mencapai lebih dari 10 lembar/menit. Hasil cetakannya sangat bagus, mirip dengan aslinya serta hasil cetak cepat kering. Printer ini identik dengan printer workgroup (jaringan).






Tugas Kelompok

Oleh:
1.Jems Kalos Berlian
2. Munawar
3. Hendika
4. Siti Rohma
5. Sefi Sumanti
6. Suriati Wiwin 




Comments

Popular Posts