Motivasi Diri - Public Speaking Analysis

Assalamu’alaikum wr.wb.
Yth. Direktur politeknik Negeri Pontianak
Yth. Kepala Jurusan, Kepala Program Studi, Dosen-dosen dan staf Tata Usaha.
Yth. Ketua Panitia Penyelenggara Dies Natalis POLNEP

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan syukur kepada Allah SWT. Atas curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, ber-muwajahah di tempat ini, ditempat yang berbahagia ini.
Terima kasih kepada hadirin  yang memperkenankan sa ya berdiri disini untuk menyampaikan pidato yang bertema “MOTIVASI DIRI” dalam memperingati Dies Natalis Politeknik Negeri Pontianak yang ke 25 tahun.

Teman-teman yang saya cintai.

Kita tahu bahwa masa muda merupakan masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak factor baik positif maupun negatif. Biasanya factor negatiflah yang lebih cepat diserap oleh kita. Ini tentu berakibat buruk terhadap kehidupan dimasa yang akan datang.
Bisa kita lihat diberbagai media baik media cetak maupun media elektronik, juga dalam kehidupan sehari-hari. Tingkah laku mereka sangat tidak terpuji. Ini tentu sangat disayangkan oleh kita yang merasa satu generasi. Mereka ada yang hamil diluar nikah, ada yang ikut geng motor, ada yang bolos sekolah adaa yang jadi pecandu narkoba dan lain sebagainya. Sehingga kita tercoreng oleh tingkah segelincir dari generasi muda yang tidak bertanggung jawab.

Rekan-rekan yang saya banggakan.

Kita sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran kiranya untuk selalu saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas atau pergaulan negatif tersebut. Jangan sampai kita jadi korban namun kita sendiri kita sendiri tidak merasa bahwa kita jadi korban.
Kiranya sudah bukan saatnya lagi kita mudah tergoda dan terbujuk, bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian. Kita harus menyadari hidup yang sekali ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita menyianyiakan masa muda ini kemudian menyesal dimasa tua.

Kita harus punya prinsip dalam hidup, kita harus mandiri dan mampu membawa diri sehingga bukan kita yang jadi korban jaman, bukan kita yang menjadi korban lingkungan, tetapi mari kita menjadi generasi yang justru mampu membawa perubahan bagi masyarakat.
Sebagai generasi muda, banyak potensi yang bisa kita kembangkan. Banyak potensi yang bisa kta optimalkan. Bukan untuk siapa-siapa melainkan untuk kita sendiri. Untuk kebaikan kita dimasa yang akan datang.

Rekan-rekan dan hadirin yang saya banggakan.

Marilah sudah saatnya kita sebagai generasi muda untuk bangkit dari tidur dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita pun mampu. Kita punya sesuatu yang berharga yang patut diperhitungkan. Kita pastikan bahwa kita bukan generasi sampah yang bisanya hanya menjadi beban orang tua dan beban lingkungan.
Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan mulai dari sekarang:
« Pertama, sekuat tenaga kita belajar yang rajin dan tunjukkan kepada orang tua bahwa kitapun mampu meraih nilai yang terbaik.
« Kedua, sekuat tenaga tidak terpengaruh oleh teman-teman kita yang lain, yang senangnya membolos karena suatu saat mereka kan merasakan sendiri akibatnya. Bisa jadi anaknya nanti akan seperti mereka, susah diatur dan melawan orang tua sebagaimanaa yang mereka lakukaan saat ini. Tentu ini tidak kita harapkan.
« Ketiga, berapun kita dikasih uang saku maka sekuat tenaga untuk bisa memanajemen keuangan kita dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan penuh kesadaran. Jangan pernah UNIKO (usaha nipu kolot). Karena ini bidang yang membuat kita tidak mendapatkan berkah dimasa yang akan datang
« Keempat, cari teman dan tempat bergaul yang positif baik di sekolah maupun diluar sekolah. Pergaulan kita akan membentuk karakter kita secara perlahan.

Sebagai pelajar barang kali dari keempat langkah sederhana ini bisa kita praktekkan mulai saat ini. Kita menentukan nasib kita dimasa depan. Karenanya saya berpesan kepada rekan-rekan semua marilah kita manfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah.
“WHERE THERE IS A WILL, THERE IS A WAY’S”
Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata.
Wassalamu’alaikum wr.wb





KOMENTAR

Dari anggota kelompok:
Kami rasa perwakilan dari kelompok kami bagus dan materinya yang disampaikan sangat membangun bagi Mahasiswa.
Perwakilan kelompok (Suci Yevira):
Penyampaian pidato sudah bagus, namun hanya terburu-buru, sehingga pendengar kurang memahami materi pidato yang disampaikan.

Perwakilan kelompok (Eldy Setiawa):
Persiapan dalam menyampaikan pidato kurang, karena terpaku pada teks.

Perwakilan kelompok (Abdurrahim):
Penyampaian pidatonya terburu-buru, tetapi isi pidatonya memabangun.

Perwakilan kelompok (Firdha Amalia):
Penyampaian pidatonya bagus dengan ekspresi yang sesuao, namun sering melihat teks.
Presenter: Anis Khairunnisa
Anggota kelompok:
1.Bunga Aryani
2.Septi Agustiawati
3.Sri Rejeki
4.Sefy Sumanti
5.Oktaviana MS

Comments

Popular Posts